--> Skip to main content

Padi Mekongga 59 HST Keluar Bunga Saatnya Penyemprotan Fungisida

Sampurasun ...

Padi Mekongga 59 HST Keluar Bunga Saatnya Penyemprotan Fungisida

MANGYONO.com - Hari minggu 2 April 2017 saya dan istri melihat tanaman padi Mekongga di sawah Tegalsungsang, Desa Bendungan, kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat... Tepat hari Minggu ini umur tanaman Mekongga saya ini 59 Hari Setelah Tanam. Tanaman Mekongga sudah memasuki tahap keluar malai. Heading ditandai dengan kemunculan ujung malai dari pelepah daun bendera. Malai terus berkembang sampai keluar seutuhnya dari pelepah daun. Dan ada juga yang sudah tahap pembungaan yang dimulai ketika serbuk sari menonjol keluar dari bulir dan terjadi proses pembuahan.

Padi Mekongga 59 HST Keluar Bunga Saatnya Penyemprotan Fungisida
Padi Mekongga 59 HST Admin di sawah Tegalsungsang 
sudah Keluar Bunga

 

Pada pembungaan, kelopak bunga terbuka, antera menyembul keluar dari kelopak bunga karena pemanjangan stamen dan serbuksari tumpah. Kelopak bunga kemudian menutup. Serbuk sari atau tepung sari jatuh ke putik, sehingga terjadi pembuahan.


Proses pembungaan berlanjut sampai hampir semua spikelet pada malai mekar. Pembungaan terjadi sehari setelah heading. Pada umumnya, floret membuka pada pagi hari. Semua spikelet pada malai membuka dalam 7 hari. Pada pembungaan, 3-5 daun masih aktif.

Anakan pada tanaman padi ini telah dipisahkan pada saat dimulainya pembungaan dan dikelompokkan ke dalam anakan produktif dan nonproduktif.

Fase reproduktif yang diawali dari inisiasi bunga sampai pembungaan berlangsung sekitar 35 hari. Pemberian zat pengatur tumbuh atau penambahan hormon tanaman dan pemeliharaan tanaman dari serangan penyakit sangat diperlukan pada fase ini.

Ketersediaan air pada fase ini sangat diperlukan, terutama pada tahap terakhir diharapkan bisa tergenang 5 – 7 cm..

Seperti biasa saat padi mulai pembungaan selanjutnya melakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida dan ZPT dengan tujuan merangsang pertumbuhan malai pada anakan produktif, karena diharapkan semua anakan produktif bisa menghasilkan malai yang baik. Saya menggunakan  Fungisida Score

Fungisida Score jika diaplikasikan ke tanaman padi menjadikan buah atau malai padi terlihat bening, kuning atau bersih, score ini biasa disebut juga booster padi. Seperti Tipi yang ditambahkan booster pada antena jadinya gambar dan suara tipi tersebut menjadi jelas dan bersih gambarnya.

Begitu juga dengan Score ... tujuannya untuk mencegah serangan jamur pada tanaman padi agar terlihat bersih, bening, bunga keluar serempak, bulir padi padat berisi pada malai padi yang dihasilkannya.


Ikuti kabar terbaru Tanaman padi Trisakti ... Hanya di MANGYONO.com dan Channel MANGYONOcom 


Untuk melihat vidio Padi Mekongga 59 HST Keluar Bunga Saatnya Penyemprotan Fungisida silahkan DI SINI
...

...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments