--> Skip to main content

Padi Super Genjah Trisakti (75 hari panen) siap di kembangkan di Pagaden Barat, Subang

Sampurasun ...

Padi Super Genjah Trisakti siap di kembangkan di Pagaden Barat, Subang 

MANGYONO.com - Padi Trisakti siap di kembangkan di Pagaden Barat, Subang. Varietas TRISAKTI diklaim punya umur produksi lebih singkat, yaitu 75 Hari sudah bisa dipanen, kuantitas panen tinggi, dan tak mudah rontok oleh serangan hama.

Di tengah kondisi Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jabar yang sedang dilanda banyak hama penyakit yang menyerang tanaman padi, Varietas Trisakti menjanjikan hasil yang baik untuk mengatasi persoalan gagal panen padi.

Padi Trisakti saya klaim mampu bertahan saat tanaman padi varietas lain diserbu wabah penyakit, kini banyak diburu petani. Terbukti dengan banyaknya yang pesan benih TRISAKTI ke saya .. Padahal tanaman padi saya belum dipanen.... 


Bahkan saudara saya yang di Desa Margahayu, Pagaden Barat kemarin telepon ke saya mengabarkan bahwa hasil panen TRISAKTI sudah terjual semua dibeli oleh petani Pagaden Barat, seperti Margahayu, Munjul dan sekitarnya.

Padi Super Genjah Trisakti (75 hari panen) siap di kembangkan di Pagaden Barat, Subang
Padi Super Genjah Trisakti (75 hari panen) siap di kembangkan di Pagaden Barat, Subang 


Nah, padi Trisakti ini memiliki ciri unik daun berwarna hijau muda/kebule -bulean, anakan banyak, umur padi singkat yaitu 75 Hari siap panen. Untuk  biji/bulir besar, tapi lonjong simetris, berbobot... .

Bulir / Gabah Padi Trisakti
Bulir / Gabah Padi Trisakti

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan benih padi unggul beranak dan berbulir banyak Trisakti ini adalah:
i.  Usahakan tanam bibit muda sekitar 15 - 20 hss
ii. Gunakan jarak tanam 35 cm X 35 cm atau tergantung kesuburan tanah (semakin subur semakin jarang)Gunakan sistem tanam legowo 4 : 1

iii. Jangan gunakan pupuk urea terlalu banyak, alihkan ke NPK
iv. Perbanyak pupuk organik baik yang padat maupun pupuk organik cair.

Untuk meningkatkan suatu produksi tanaman padi benih memegang peranan sangat penting bahkan bisa saya bilang benih adalah faktor utama. Faktor yang lain seperti pemupukan, pengairan, pengendalian hama penyakit dan tehnik budidaya yang lain hanyalah faktor pemaksimalan potensi benih. Jika benih yang kita tanam jelek saya yakin hasilnya juga kurang memuaskan. ... BETUL TIDAK?...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments