logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Semaian Padi Dimusim Kemarau

Sampurasun ...

Semaian Padi Dimusim Kemarau

MANGYONO.com - Padi memang bukan lah tanaman air tetapi padi membutuhkan air, ada beberapa fase untuk tanaman ini membutuhkan air.

Saat musim kemarau, petani dihadapkan dengan tantangan cuaca panas. Setelah panen padi berakhir giliran petani menanami sawah kembali. Kalau tidak begitu mau diapakan coba sawahnya. 

Semaian Padi Dimusim Kemarau
 Semaian Padi Dimusim Kemarau

Selanjutnya petani melakukan pembibitan, setelah bibit tumbuh maka harus rutin dilakukan pengairan... Mengingat aliran sungai selama ini tidak ada. Maka yang dilakukan petani adalah menggunakan diesel pompa air. Pengairan ini sangat diperlukan mengingat musim kemarau yang susah air. 

Di musim kemarau tidak meluluhkan hati petani tapi yang ada semangat untuk terus bercocok tanam. Banyak hal yang dilakukan pembibitan tanaman padi sebelum datangnya hujan , antara lain membuat semai persegi ukuran yang tidak terlalu luas. Setelah itu disemai dengan bibit tanaman padi unggul. Setelah beberapa hari tanah untuk semai tersebut akan tampak bibit padi yang masih tumbuh pendek-pendek. Hal ini sangat mengesankan, petani tetap semangat untuk pembibitan tanaman padi walau tidak ada hujan. Ada beberapa alternatif jika bibit padi sudah tumbuh agak besar karena memerlukan air yaitu digunakannya diesel pompa air.


Diesel pompa air ini terdiri dari mesin diesel, selang spiral untuk ambil sumber airnya, dan selang plastik yang sangat panjang. 

Lihat vidio Semaian Padi Dimusim Kemarau DI SINI

...

...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger