logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air

Sampurasun ...

Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air

MANGYONO.com - Cara perbanyakan tanaman adalah salah satunya sambung sisip. Sambung sisip bisa dilakukan pada batang bawah asal biji atau batang dewasa.


Adapun langkah-langkahnya secara ringkas adalah sebagaiberikut:
i - Cari batang bawah atau indukan yang batangnya kecil dan terjangkau, terus sayat atau kupas dengan lebar 5 mm dan panjang kupasan 3-5 cm

ii - Entres (tunas yang akan digunakan untuk bagian atas) haruslah dari jenis unggul dan masih berwarna hijau/hijau agak kecoklatan karena pertumbuhannya lebih baik.

Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air
Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air


iii - Entres bisa dipilih mulai dari bagian pucuk hingga bagian bawah dengan 1-4 mata tunas

iv - Letakkan entres yang telah disayat bagian pangkalnya, persis berhadapan dengan bidang sayatan kulit batang bawah yang telah disiapkan sebelumnya, lalu tempelkan dengan tepat sehingga terjadi pertemuan antara bidang iris entres dengan bidang sayatan kulit batang bawah . Umumnya, entres tidak akan jatuh karena terjepit oleh "lidah" kulit yang disisakan sebagai dudukan atau penyangga entres.

v - Ikat bidang sambungan menggunakan irisan plastik yang tipis namun sangat lentur dan kuat. Ikatan dimulai dari bawah, sekitar 5mm dibawah sambungan, melingkar sambil menarik plastik ke arah atas, menutup rapat seluruhnya hingga kira-kira 5mm di atas entres yang ditempelkan atau menutupi entres atas.

Untuk lebih jelasnya Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air silahkan lihat vidionya DI SINI

 

...

...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger