logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa Itu Benih, Bibit dan Pembibitan?.

Sampurasun ...

Apa Itu Benih, Bibit dan Pembibitan?.

MANGYONO.com - Dalam sehari-hari saya kadang suka terbiasa menyebut benih tanaman sebagai bibit atau sebaliknya menyebut bibit tanaman dengan menyebut benih tanaman, padahal sebenarnya dua istilah itu berbeda. 

Kadang mengatakan ingin membeli bibit mentimun atau kangkung. Sebenarnya biji itu tidak bisa disebut bibit, melainkan benih tanaman. Semua biji-bijian untuk ditanam kembali, sebaiknya kita sebut benih, seperti benih padi yang berupa butiran gabah yang sudah siap dan sudah melalui proses pilah - pilihan.

Benih  adalah :
Biji tanaman yang telah melalui proses pemilahan atau pemilihan sehingga bisa dijadikan untuk memperbanyak tanaman.


Benih Padi

Benih Padi 



Bibit adalah :
Benih yang telah berkecambah atau tumbuh, bibit itu benih yang sudah berbentuk tanaman muda, yang terdiri dari akar, batang, dan daun. Atau tanaman muda yang sudah tumbuh di pesemaian, dan siap dipindah ke lokasi penanaman. Misalnya, gabah pilihan yang di semai itu masih disebut benih, maka sesudah disemaikan dan tumbuh, lalu siap dicabut untuk ditanam di sawah, ia “GANTI NAMA” menjadi bibit padi. Tidak boleh disebut benih lagi, tapi bibit.


Pembibitan Padi
Pembibitan Padi 


Pembibitan adalah : 
Menyebartumbuhkan atau menanam biji/benih hingga diperoleh perkecambahan atau pertunasan yang cepat dan baik tumbuhnya. bibit ini sifatnya sementara di lokasi pembibitan, di mana tanaman muda ini dipelihara sampai saat dipindahkan ke lapangan.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger