--> Skip to main content

Cara Mengatasi LCD Laptop (Notebook) Pecah

Sampurasun ...

Cara Mengatasi LCD Laptop (Notebook) Pecah

MANGYONO.com - LCD atau kepanjangan dari Liquid Crystal Display, merupakan perangkat penampil (display) dengan komponen utama berupa kristal cair yang sangat populer digunakan sebagai layar pada berbagai perangkat terutama perangkat mobile, seperti laptop (notebook), smartphone, PC tablet.


Menurut saya keberadaan layar LCD sangatlah penting, jadi kerusakan sedikit saja pada layar LCD akan sangat mengganggu aktifitas dalam penggunaan laptop terutama untuk kebutuhan video editing untuk diupload ke youtube, edit Foto, menulis artikel dan lain sebagainya, apalagi jika layar LCD laptop pecah, tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu pekerjaan saya.


LCD Laptop (Notebook) Pecah
LCD Laptop (Notebook) Saya Pecah

Tadi pagi pas makan sahur layar LCD laptop (notebook ) saya pecah, penyebabnya saya lupa menaruh tUSB Flashdisk diatas keyboard laptop lalu tanpa sengaja menutup LCD laptop sehingga LCD laptop tertekan benda yang ada pada keyboard tadi. 

Menurut temen saya LCD laptop yang pecah TIDAK BISA DIPERBAIKI, mengapa? Berikut ulasannya.

Layar LCD terdiri dari beberapa lapisan, dan yang sering mangalami kerusakan (dalam hal ini pecah) adalah bagian LCD Matrix, letaknya ada ditengah sebelum Back Light dan setelah Fitur Optik Tambahan (anti-refleksi bayangan, pelindung layar, anti-radiasi, dan lain sebagainya). (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi Kelima)

LCD Matrix pun terdiri dari beberapa lapisan diantaranya dibagian paling depan adalah lapisan plastik terpolarisasi, lapisan kaca bagian depan, lapisan filter warna RGB (Red-Green-Blue), lapisan kristal cair (komponen yang “pecah” saat mengalami benturan atau tekanan keras), lapisan kaca bagian belakang, dan lapisan plastik terpolarisasi bagian belakang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Macet)

Jadi untuk memperbaiki Layar LCD Laptop yang pecah, adalah dengan cara mengganti lapisan kristal cair yang ada pada bagian matriks, dan hal itu sangat sulit (bahkan mustahil) dilakukan kecuali dilakukan oleh perusahaan pembuatnya. 

Oleh karena itu untuk memperbaiki Layar LCD Laptop yang pecah yang paling mudah dan yang paling mungkin adalah dengan mengganti keseluruhan layar LCD laptop dengan yang baru atau yang bekas, tapi penggantinya harus dipastikan ukuran layar LCD dan posisi serta jenis video connector pada layar LCD pengganti sesuai dengan video connector pada kabel flexibel laptop yang akan diganti atau satu mereknya.

Sepertinya saya punya notebook yang rusak tapi LCD-nya mudah - mudahan saja bagus.... Nanti kalau sampai ke rumah akan saya coba perbaiki... Belajar bongkar - bongkar sendiri ... Heheheh.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments