--> Skip to main content

Cara Penebaran Benih Padi Dan Pemeliharaan Benih Di Persemaian

Sampurasun ...

Pembenihan Tanaman Padi adalah...

Cara Penebaran Benih Padi Dan Pemeliharaan Benih Di Persemaian

MANGYONO.comTempat untuk membuat persemaian atau bahasa sunda lebih dikenal dengan "Pawinian" merupakan syarat yang harus diperhatikan agar diperoleh bibit yang baik. Tanah pawinian harus yang subur, banyak mengandung humus, dan gembur. Tanah itu harus tanah yang terbuka, tidak terlindung oleh pepohonan, sehingga sinar matahari dapat diterima dan dipergunakan sepenuhnya. Disamping itu pawinian harus dekat dengan sumber air terutama untuk persemaian basah, sebab persemaian banyak membutuhkan air.

Cara Penebaran Benih Padi Dan Pemeliharaan Benih Di Persemaian
Cara Penebaran Benih Padi Dan Pemeliharaan Benih 
Di Persemaian



Untuk keseragaman pertumbuhan bibit diperlukan penaburan benih merata diatas bedengan. Pada tiap-tiap meter persegi persemaian ditabur + 75 gr gabah. Penaburan gabah yang terlalu rapat dipersemaian akan mengakibatkan pertumbuhan bibit kurang baik. Gabah ditabur rata-rata mulai dari tepi sampai ke bagian-bagian yang kosong, sehingga gabah betul-betul merata diseluruh bedengan. 


Penaburan Benih Dengan Merata Diatas Bedengan Pembenihan
Penaburan Benih Dengan Merata 
Diatas Bedengan Pembenihan

Untuk pemeliharaan benih di persemaian .... Setelah ditabur benih, persemaian diairi secara rembesan, caranya ialah dengan memasuki air pengairan ke dalam selokan diantara bedengan. Dengan cara ini benih mendapatkan cukup oksigen dari udara, sehingga pertumbuhan bibit lebih cepat.


Pemeliharaan Benih Padi Di Persemaian
Pemeliharaan Benih Padi Di Persemaian

Dengan makin tingginya bibit di persemaian, air dapat berangsur-angsur dinaikan menjadi 1-5 cm. Untuk pemupukan biasanya dilakukan pada benih yang sudah berumur 8-10 HSS.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments