logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Tutut Sawah Bagi Kesehatan

Sampurasun ...

Manfaat Tutut Sawah Bagi Kesehatan

MANGYONO.com - Naon pa tutut teh?!.... Anak saya "Gigin" yang berumur 5 tahun bertanya pada saya.... Ceuk saya teh... De, nama Tutut sebenarnya diambil dari bahasa sunda. Arti sebenarnya adalah Keong Sawah atau Siput sekelas dengan bekicot hewan yang menggunakan perut sebagai alat geraknya... Di keluarga saya ini yang doyan makan tutut cuma saya dan anak saya mulai suka juga.. setelah nyobain makan tutut ... Hehehe.


Tutut adalah sejenis keong yang hidup di sawah. Tutut ini paling banyak diketemukan di sawah, dimana air sawah yang agak berlumpur tapi juga relatif bening. Pada siang hari tutut-tutut ini bersembunyi didasar lumpur sehingga sulit dicari. Nah, barulah pada malam hari para tutut ini menyebar menempel-nempel pada batang padi atau tumbuhan lainnya yang ada disekitar.


Nenek admin sedang membersihkan / memotong ujung - ujung kerucut cangkang tutut
Nenek admin sedang membersihkan / 
memotong ujung - ujung kerucut cangkang tutut

Tutut mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi, juga mengandung mikronutrien yang berupa mineral yaitu kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein sendiri menunjang keberadaan setiap sel tubuh, juga berperan dalam proses kekebalan tubuh. Konsumsi protein hewani ini jelas dibutuhkan oleh tubuh disamping protein nabati. Selain itu juga kandugnan lemak yang terdapat dalam tutut merupakan asam lemak esensial dalam bentuk asam linoleat dan asam linolenat.

Adapun kandungan vitamin dari tutut ini juga cukup tinggi dengan didominasi vitamin A, vitamin E, niacin, dan folat. Vitamin A sendiri berperan dalam pembentukan indra penglihatan (mata) yang baik, terutama di malam hari. Sedangkan, vitamin B3 berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemat dan protein. Selain itu di dalam tubuh, vitamin B3 mempunyai peranan penting dalam menjaga kadar gula darah, penyembuhan migrain, tekanan darah tinggi dan juga vertigo loh.

Sedangkan kandungan vitamin E pada tutut juga berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan, mulai dari jaringan mata, kulit, sel darah merah sampai hati. Sedangkan folat berpungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah, mencegah anemia dan berbagai manfaat lain. Belum lagi manfaat kandungan mineralnya berupa kalsium, magnesium, kalium, zat besi dan fosfor yang berperan penting pada tubuh guna pengaturan kerja enzim, pemeliharaan keseimbangan asam dann basa, membantu pembentukan ikatan yang memerlukan mineral seperti pembentukan hemoglobin.

Tutut mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dengan kadar yang cukup tinggi. Selain itu, mengandung asam amino esensial dan mikronutrien berupa “mineral” yaitu kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh. Hewan lunak berlendir ini juga rendah lemak, jadi sangat baik jika dikonsumsi. Dengan pengelolaan yang tepat, tutut bisa menjadi sumber protein hewani yang bermutu dengan harga murah daripada kambing, ayam atau sapi.

Ternyata tutut ini bisa dijadikan obat juga, salah satunya:
i. Obat Antiseptic untuk pengobatan luka
Caranya : Dengan memotong ujung cangkang dan mengoleskan lendir yang keluar dari cangkang ke bagian yang luka.


ii. Mengobati Jerawat dan kerutan di wajah
Lendirnya ternyata bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang. Di negara yang lebih maju, lendir siput diproses dengan tehnologi canggih dan dijadikan bahan dasar dari beberapa produk kecantikan, yang mana fungsinya juga bisa regenerasi kulit atau dapat mengurangi kerutan di wajah.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger