logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya uji coba sumber listrik dari tanaman padi

Sampurasun ...

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya uji coba sumber listrik dari tanaman padi

MANGYONO.com - Pengembangan teknologi yang dilakukan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang ini menawarkan penyediaan listrik dari sumber alternatif yaitu padi.

Sesuai yang saya kutif dari bbc.com ... Tim yang terdiri dari lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang ini mengembangkan teknologi Plant Microbial Fuell Cell (PMFC), yang dinamai E-Paddy, sumber energi terbarukan.

Sumber listrik dari tanaman padi
 Sumber listrik dari tanaman padi

Padi merupakan tananaman yang mengalami reaksi fotositensis menghasilkan glukosa, oksigen 30 persen dikonsumsi padi. Sebelibnya 70 persen dikonsumsi mikroorganisme dalam tanah. Mengalami metabolisme menghasilkan elektron negatif mengalir ke anoda, mengalir ke katoda menghasilkan listrik.

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya uji coba listrik dari tanaman padi
Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya uji coba listrik dari tanaman padi

Hasil uji coba, tanaman padi umur 25-30 hari menjadi puncak produksi listrik mencapai sebesar 462,4 mili volts per menit. Data listrik yang dihasilkan terekam dalam data loger. Data terekam setiap saat untuk dianalisis.

Dalam uji coba para mahasiswa Fakultas Pertanian ini diketahui tanaman pagi yang berumur kurang sekitar satu bulan, dapat menghasilkan listrik meski baru skala kecil, untuk mengisi ulang baterai telepon selular. Tetapi listrik yang dihasilkan bisa lebih besar tergantung dari luas lahan.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger