--> Skip to main content

Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa Isyarat dan alat komunikasi (HT)

Sampurasun ....

Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa Isyarat dan alat komunikasi (HT)

MANGYONO.com - Setiap kali berada di sebuah lokasi proyek, kita pasti dapat melihat sebuah struktur kokoh yang terbuat dari baja yang berdiri menjulang tinggi. Itulah Tower Crane. Tower crane berfungsi sebagai alat angkat alat dan bahan material seperti mesin-mesin konstruksi, beton, besi, bekisting dan lain sebagainya. Karena besar dan fungsinya inilah tower crane merupakan alat berat dalam pekerjaan konstruksi.


Untuk menjadi operator tower crane ternyata tidak mudah kita memerlukan keterampilan khusus untuk memanufer hanya dengan pedal dan tuas. Para operator tower crane biasanya bekerja long shift  di kontruksi disana mereka biasanya bertugas untuk memindahkan baja, tiang-tiang, bahan cor atau batu-batu besar.


Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa Isyarat dan alat komunikasi (HT)
Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa 
Isyarat dan alat komunikasi (HT)


Peran penting operator crane dalam pembangunan gedung tinggi di Indonesia dan di luar negeri menjadi lebih spesifik, karena mereka yang terseleksi selain harus memiliki  pengetahuan, keterampilan yang mumpuni, dan perilaku yang baik, juga tidak boleh takut dengan ketinggian... Hahah, kalau takut ketinggian jangan jadi operator Tower Crane jadi Rigger aja :). Namun di sisi lain peluang operator tower crane ini juga sangat menjanjikan.
Menurut kabar di Dubai, operator tower crane yang sedang membangun gedung dibayar sekitar Rp20 juta per jam... Mantab khan?.

Menurut Operator Tower Crane Ardi Lumut... "Jadi Operator TC itu harus menguasai bahasa Isyarat/kode-kode dan alat komunikasi (HT) dari rigger yang antara lain adalah menguasai bahasa isyarat dalam pengoperasian, menguasai komunikasi radio (HT) dan menggunakan bahasa isyarat dan komunikasi radio".


Ruang Operator Tower Crane di ketinggian
Ruang Operator Tower Crane di ketinggian

Rigger adalah pemandu TC untuk memberikan intruksi / aba - aba ke operator TC dalam aktivitas kerja TC dengan bahasa Isyarat/kode-kode atau alat komunikasi (HT) / komunikasi radio.


Proyek bangunan gedung bertingkat terlihat dari Ruang Operator Tower Crane...
Proyek bangunan gedung bertingkat 
terlihat dari Ruang Operator Tower Crane...  

Ketika kita melihat sebuah tower crane bekerja, mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak kita: bagaimana caranya tower crane berdiri setinggi itu, dan tentu saja tambah tinggi lagi? .... Berapa besar berat yang mampu diangkat oleh tower crane? ....

Baca : 
BAGAIMANA CARA PASANG TOWER CRANE DAN MENAMBAH TINGGI?.
BERAPA DAYA ANGKAT TOWER CRANE


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments