logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa Isyarat dan alat komunikasi (HT)

Sampurasun ....

Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa Isyarat dan alat komunikasi (HT)

MANGYONO.com - Setiap kali berada di sebuah lokasi proyek, kita pasti dapat melihat sebuah struktur kokoh yang terbuat dari baja yang berdiri menjulang tinggi. Itulah Tower Crane. Tower crane berfungsi sebagai alat angkat alat dan bahan material seperti mesin-mesin konstruksi, beton, besi, bekisting dan lain sebagainya. Karena besar dan fungsinya inilah tower crane merupakan alat berat dalam pekerjaan konstruksi.


Untuk menjadi operator tower crane ternyata tidak mudah kita memerlukan keterampilan khusus untuk memanufer hanya dengan pedal dan tuas. Para operator tower crane biasanya bekerja long shift  di kontruksi disana mereka biasanya bertugas untuk memindahkan baja, tiang-tiang, bahan cor atau batu-batu besar.


Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa Isyarat dan alat komunikasi (HT)
Jadi operator Tower Crane harus kuasai bahasa 
Isyarat dan alat komunikasi (HT)


Peran penting operator crane dalam pembangunan gedung tinggi di Indonesia dan di luar negeri menjadi lebih spesifik, karena mereka yang terseleksi selain harus memiliki  pengetahuan, keterampilan yang mumpuni, dan perilaku yang baik, juga tidak boleh takut dengan ketinggian... Hahah, kalau takut ketinggian jangan jadi operator Tower Crane jadi Rigger aja :). Namun di sisi lain peluang operator tower crane ini juga sangat menjanjikan.
Menurut kabar di Dubai, operator tower crane yang sedang membangun gedung dibayar sekitar Rp20 juta per jam... Mantab khan?.

Menurut Operator Tower Crane Ardi Lumut... "Jadi Operator TC itu harus menguasai bahasa Isyarat/kode-kode dan alat komunikasi (HT) dari rigger yang antara lain adalah menguasai bahasa isyarat dalam pengoperasian, menguasai komunikasi radio (HT) dan menggunakan bahasa isyarat dan komunikasi radio".


Ruang Operator Tower Crane di ketinggian
Ruang Operator Tower Crane di ketinggian

Rigger adalah pemandu TC untuk memberikan intruksi / aba - aba ke operator TC dalam aktivitas kerja TC dengan bahasa Isyarat/kode-kode atau alat komunikasi (HT) / komunikasi radio.


Proyek bangunan gedung bertingkat terlihat dari Ruang Operator Tower Crane...
Proyek bangunan gedung bertingkat 
terlihat dari Ruang Operator Tower Crane...  

Ketika kita melihat sebuah tower crane bekerja, mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak kita: bagaimana caranya tower crane berdiri setinggi itu, dan tentu saja tambah tinggi lagi? .... Berapa besar berat yang mampu diangkat oleh tower crane? ....

Baca : 
BAGAIMANA CARA PASANG TOWER CRANE DAN MENAMBAH TINGGI?.
BERAPA DAYA ANGKAT TOWER CRANE



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger