logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenang masa sekolah di STMN Purwakarta. Bagian 2

Sampurasun ...

Mengenang masa sekolah di STMN Purwakarta. Bagian 2

MANGYONO.com - Kali ini gak usah nyiapin tisu ya... ceritannya biasa - biasa aja.. gak seperti cerita di Mengenang masa sekolah di STMN Purwakarta. Bagian 1. ... Hehehe. Di cerita mengenang masa sekolah di STMN Purwakarta. Bagian 2 ini saya akan mengangkat cerita dengan topik yang membahas kehidupan anak kos ... Nasib anak kos... Anak kos memang selalu menarik dan seru untuk diperbincangkan dan ditulis. Meski cerita ini telat nulisnya gak papalah ya. Sekedar berbagi cerita saja. Oke, cekidot... gonjreng .. gonjreng.

Waktu saya sekolah di STMN Purwakarta ( sekarang namanya SMKN 1 Purwakarta ) saya menjadi anak kos maklum lain kabupaten.. Saya dari Kabupaten Subang sedangkan sekolahan saya di Kabupaten Purwakarta. Begitu banyak cerita suka dan duka selama ngekos mengiringi perjalanan hidupku...*halah. Rasanya tak kan cukup menuliskankan dalam satu artikel bagian 2 ini.. Harus nyambung lagi ... Hahaha, kalo saya ceritakan semuanya pasti akan jadi tulisan yang sangat sangat panjaaaang dan berepisode.. episode.

Mengenang masa sekolah di STMN Purwakarta. Bagian 2
 Mengenang masa sekolah di STMN Purwakarta. Bagian 2.

Hahaha ini Foto jaman STMN Purwakarta.. 21 Tahun yang lalu. 
Yang duduk disamping aku bukan adikku apalagi anakku... Itu anak pak guru Elektro, Namanya Pak Ahmad, anaknya ada yang sekolah di STMN Purwakarta Kang Ahmad Subagja kaka kelas dan Ai Julaeka Adik kelas, sama sama di jurusan Bangunan Gedung. Foto ini dari Kang Ustad Eman Suherman.


Sebagai anak kos saat jamannya masih unyu, cupu dan lugu, maklum saja namanya juga masih sekolah di STM... haha..*dramatisir* maklum sebagai anak kampung yang untuk pertama kalinya ke luar kota. Jadi tentu saja kenangan ngekos di sana meninggalkan nostalgia yang begitu mendalam ....

Rumah kos di sanalah akhirnya saya mulai menapaki kehidupan sebagai anak kos. Lokasi kosan dekat dengan sekolahan STM hanya perlu waktu sekitar 25-35 menit dengan berjalan ngesot ... Hahaha... Kalau jalan kaki sekitar 3 menitan sudah sampai sekolahan ... Hahaha. Ketika itu saya ngekos dengan jumlah penghuni kos 16 orang siswa dan 1 orang Guru sekolah STM. Penghuni kos berasal dari berbagai daerah. Interaksi dengan teman-teman kos yang berasal dari berbagai daerah tersebut membuat saya jadi banyak belajar mengenal kultur budaya, adat kebiasaan, sifat dan perilaku seseorang.

Rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama penghuni kos sangat saya rasakan saat itu, mungkin karena pengalaman pertama bagi sebagian besar dari kami menjadi anak kos. Terlebih lagi kebanyakan dari kami berasal dari daerah dan jauh dari keluarga, jadi rasa senasib sepenanggungan itu sangat tinggi. Saya menempati rumah kos pertama tersebut sampai saya lulus STM tidak pernah pindah, jadi kebayang begitu banyak kenangan dengan rumah kos ini.

Rumah kos yang saya tempati saat itu termasuk tipe kosan mandiri. Kami tidak tinggal bersama. Ibu atau bapak kos hanya sesekali menemui kami saat ada keluhan yang kami laporkan dan tentunya saat bapak kos menarik uang sewa kosan. Oh ya, uang sewa kos dibayar per tahun bukan sistem bulanan.... Kalau gak salah waktu itu setahun saya bayar 100 ribu ... Hehehe.

Kenangan yang paling berkesan dengan kemandirian dari ngekos ini adalah jadwal piket yang menjadi tanggung jawab setiap penghuni kos. Semua penghuni kos mendapat jatah piket, dari mulai menyapu, mengepel lantai, membuang sampah dan membersihkan kamar mandi. 

Jadwal piket yang sudah dibuat dan disepakati bersama ditempel di depan kamar mandi. Nah, saat jadwal sekolah dan praktik sekolah lagi padat-padatnya atau pas lagi ujian, tugas piket membersihkan rumah ini kadangkala suka jadi beban bagi anak kos.. Hahaha. Tapi yaa karena sudah menjadi tanggung jawab yang harus dijalani, mau tidak mau kami melakukan kewajiban piket yang sudah terjadwal. Tapi hikmahnya jadi melatih kemandirian dan tanggung jawab terhadap kewajiban yang harus dikerjakan.

Hmm, ada begitu banyak cerita dengan ngekos ini kalo mengenai ngantri menggunakan kamar mandi, waah itu sih sudah hal yang biasa haha. Kenangan yang tak kan pernah terlupa, pas musim kemarau sumur - sumur kering, sehingga saya dan penghuni kos lainnya terpaksa mandi dan cuci pakaian di galian pasir yang tempatnya lumayan jauh dan bikin keringetan.. jadi setelah mandi keringetan lai.. eh, bau lagi deh ... Hahaha. Benar-benar krisis air saat itu wkwkwk, bayangkan selama dalam musim kemarau kami harus mandi dan nyuci pakaian ke galian pasir.

Ngekos jaman sekolah ini begitu penuh warna, pernah terjadi konflik-konflik kecil yang memicu perselisihan antar penghuni kos yang kadang disebabkan hanya karena kesalah pahaman dan masalah yang sifatnya sepele. Maklumlah begitu beragam karakter teman-teman kosan. Ada teman yang mudah tersinggung/sensitif, ada yang suka minjem barang penghuni kosan lainnya tapi suka lupa mengembalikan, ada yang pemalas kalo dapat jatah piket membersihkan kamar mandi, dan ada juga tipe teman kos yang rese ingin tau urusan orang ... *kepo.

Tuh kaaannnn tulisan ini gak kerasa jadi panjang kali lebar kali tinggi ... Hahaha, padahal baru menceritakan awal awal ngekos di tahun pertama.. Hehehe. Itupun belum seluruhnya saya ceritakan, terutama cerita yang horor - horor ... hihihi... 

Begitulah sepenggal cerita ngekos di tahun pertama yang sangat bersejarah hahaha, padahal masih banyak yang ingin saya ceritakan. Oke, nanti saya lanjut ceritanya ya...

BERSAMBUNG.... 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Kangen sama sekulnya ga mang? Katanya skrg sudah berubah,

Balas

Iya kangen kang... Sekarang mah, pagar gerbangnya juga tinggi, ...... Tapi sekarang mah gak ada yang sekolah dari luar Purwakarta katanya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger