--> Skip to main content

Pengendalian gulma yang menjadikan subur tanaman padi sawah

Sampurasun...

Pengendalian gulma yang menjadikan subur tanaman padi sawah

MANGYONO.com - Salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah yaitu Gulma. Persaingan gulma dengan tanaman padi sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. 

Pengendalian gulma padi sawah, yang menjadikan tanaman padi subur sudah dilakukan oleh para petani yaitu denga penggunaan tenaga manusia baik dengan penyiangan tangan atau dengan peralatan khusus seperti gugurul/landak/gasrok.


FOTO 1 :  Pengendalian gulma dengan peralatan khusus gugurul/landak/gasrok.
 FOTO 1 : 
Pengendalian gulma dengan peralatan khusus gugurul/landak/gasrok.


Cara pengendalian dengan penyiangan tangan, sekarang ini sudah jarang sekali dilakukan karena adanya keterbatasan tenaga penyiang, terlebih-lebih untuk daerah-daerah yang sulit mendapatkan tenaga kerja. Demikian juga penyiangan dengan alat gugurul di beberapa tempat juga sudah ditinggalkan mengingat penggunaan alat ini juga memerlukan banyak tenaga. Padahal cara ini sangat aman dan dapat menyuburkan tanaman padi.


FOTO 2 :  Pengendalian gulma dengan tangan / dirambet
FOTO 2 : 

Pengendalian gulma dengan tangan / dirambet


Sekarang ini banyak petani yang menggunakan herbisida (racun rumput). Padahal herbisida itu juga dapat mengenai padi, sehingga daun padi akan menguning dan pertumbuhan tanaman padi akan terhambat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments