logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pompanisasi dan Pemupukan Padi TRISAKTI 39 HST MT2 Di Tegalsungsang BT.

Sampurasun ...

Pompanisasi dan Pemupukan Padi TRISAKTI 39 HST MT2 Di Tegalsungsang BT.

MANGYONO.com - Pagaden Barat - Tanaman padi saya yang di sawah Tegalsungsang Blok Timur sudah satu minggu kekeringan, penyebabnya karena air dari Tanggul Leuwinangka gak kunjung datang. Sawah saya yang ditanami padi TRISAKTI ini tepatnya di sawah Tegalsungsang Blok Timur, Des. Bendungan, Kec. Pagaden Barat, Kab. Subang, Prov. Jawa Barat, Indonesia.

Umur tanaman padi TRISAKTI MANGYONOcom ini sudah 39 HST dan dilakukan penyiraman / pompanisasi dari selokan sambil melakukan pemupukan susulan, Pemupukan saya lakukan setelah tanaman padi semuanya tergenang.


FOTO 1 :Padi TRISAKTI 39 HST MT2 Di Tegalsungsang Blok Timur   Tapi Tetap Tumbuh Subur.
 FOTO 1 :Padi TRISAKTI 39 HST MT2 Di Tegalsungsang Blok Timur
 Tapi Tetap Tumbuh Subur.

Sawah yang ditanami padi TRISAKTI MANGYONOcom sudah retak - retak (nela bahasa sunda) tapi tanaman padinya tetep seger bugar... coba saja kalau tanaman padi yang lain pasti sudah mengering... Seperti tanaman padi sebelah sawah admin yang ditanami padi jenis lain (bukan TRISAKTI MANGYONOcom) tampak layu dan mengering.

Supaya saya bisa melakukan pemupukan akhirnya saya dan mertua melakukan pompanisasi untuk pengairan tanaman padi TRISAKTI MANGYONOcom. Pengairan ini butuh setengah hari supaya tanaman padi TRISAKTI MANGYONOcom saya tergenang. Eh, jadinya malah dua hari, karena ada masalah pada pompa airnya. 

.................

Hari Minggu 6 Agustus 2017 saya melakukan Pompanisasi pengairan tanaman padi TRISAKTI. Naikan pompa, ikat yang kencang langsung tancap gas.... Dari rumah berangkat jam 6.00 WIB. Cukup 5 Menit sudah sampai ke sawah di Tegalsungsang. 

FOTO 2 :   Motornisasi Pompa untuk pengairan   Tanaman Padi TRISAKTI MANGYONOcom.
 FOTO 2 : 
Mobilisasi .. Eh, motornisasi Pompa untuk pengairan 
Tanaman Padi TRISAKTI MANGYONOcom.

Selanjutnya saya memasang selang hisap dan selang keluar ... Penyiraman pun dilakukan ..... Setiap 20 Menit pompa dimatikan, karena air selokannya habis... Dohhh... 

 FOTO 3 :  Melakukan Pompanisasi untuk penyiraman   tanaman Padi TRISAKTI umur 39 HST.
 FOTO 3 :
Melakukan Pompanisasi untuk penyiraman 
tanaman Padi TRISAKTI umur 39 HST.


Sekitar jam 10.00 WIB ada masalah pada pompa .... Bagian impeller bautnya pada kendor.... Terpaksa selang dicopot, pompa pun dibawa ke bengkel... Mau dibuka sendiri gak punya kuncinya ... Doohhh.

FOTO 4 :   Pengairan Tanaman Padi TRISAKTI   di sawah Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat.
 FOTO 4 : 
Pengairan Tanaman Padi TRISAKTI 
di sawah Tegalsungsang Blok Timur, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat. 
Terlihat tanaman padi Trisakti menghijau walau tanahnya kering kerontang


Hari pun sudah sore terpaksa penyiraman tanaman padi TRISAKTI 39 HST dilanjutkan hari Senin 7 Agustus 2017... Bolos kerja lagi dah saya.... Alhamdulillah tak sampai setengah hari penyiraman sudah selesai semua tanaman padi tergenang....

FOTO 5 :   Pengairan Tanaman Padi TRISAKTI
 FOTO 5 : 
Pengairan Tanaman Padi TRISAKTI 
di sawah Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat.

Setelah semua tanaman padi TRISAKTI tergenang saya pun melakukan pemupukan susulan... Saya hanya memakai pupuk NPK Phonska Bersubsidi sebanyak 35 Kg.. Karena 15 Kg lagi untuk pemupukan tanaman padi TRISAKTI 37 HST di sawah Cibandung, sawah rawa.


FOTO 6 :   Pupuk NPK Phonska untuk Tanaman Padi TRISAKTI 39 HST   di sawah Tegalsungsang Blok Timur.
FOTO 6 : 
Pupuk NPK Phonska untuk Tanaman Padi TRISAKTI 39 HST 
di sawah Tegalsungsang Blok Timur.


Yang melakukan pemupukan sih mertua.. Karena saya melakukan pemupukan di sawah Cibandung yang ditanami padi TRISAKTI 37 HST. Saya ini kalau pas hari minggu kegiatan jadi sibuk... Hehehe.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger