logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung

Sampurasun ...

Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung

MANGYONO.com - Senin 7 Agustus 2017 malam sekitar jam 20.00 WIB sampai dengan jam 23.00 WIB di dusun Gardu 1 RT. 09/03 Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kab. Subang, Jawa Barat ada pertunjukan seni Topeng Banjet dari Mis Ijem Group, Karawang  yang keliling ke tiap kampung.

Sore harinya sekitar jam 16.00 WIB dari Topeng Banjet Mis Ijem Group memberitahu ketiap - tiap rumah di RT.09 Dusun Gardu bahwa nanti malam akan dipentaskan pertunjukan Seni Sunda Topeng Banjet Pusaka Sunda Mis Ijem. Pimpinan Aa Nandang Asuhan Cep Asgar Tegal Sawah Rt.01/01 Karawang Timur - Karawang, Jawa Barat. Mulai pertunjukan sekitar jam 20.00 WIB.
FOTO 1: Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung
FOTO 1: Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung

Sekitar jam 20.00 WIB saya dan keluarga pun ikut menyaksikan Topeng Banjet kesenian asli Karawang ini. Tatalu pun dimulai, dilanjutkan dengan tarian dari penari Topeng Banjet tari Jaipong modern. 

Setelah Neng penari selesai menari, dilanjutkan dengan rikues lagu dari penonton yang dibarengi dengan saweran - saweran dari pemesan lagu yang di "haleuangkeun" oleh sinden.

FOTO 2: Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung. Seni Sunda Topeng Banjet Pusaka Sunda Mis Ijem. Pimpinan Aa Nandang Asuhan Cep Asgar Tegal Sawah Rt.01/01 Karawang Timur - Karawang, Jawa Barat.


FOTO 3: Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung. 
Saweran dari kadus Dadang ke penari Topeng Banjet.


Acara selanjutnya yaitu bodoran / lawakan dari pemain Topeng Banjet  yang terdiri dari 2 orang pelawak laki - laki dan 1 orang pelawak perempuan ( Mis Ijem). Lawakan pun diselingi dengan saweran - saweran dari penonton.

FOTO 4 : Topeng Banjet Mis IJEM Group Keliling Kampung. 
Seorang pelawak keliling ke tiap penonton sambil bergoyang... Hehehe. 
Penonton pun memberi saweran.

Bodoran dari 3 Topeng Banjet ini membuat penonton bergelak tawa... Cukup menghibur di tengah - tengah para petani yang sedang bergundah lana karena tanaman padinya terserang berbagai hama penyakit. Keluarga saya pun terbahak - bahak menyaksikan pertunjukan Topeng Banjet apalagi dengan bodoran Mis Ijem..

Topeng Banjet merupakan kesenian tradisional khas Kabupaten Karawang yang sangat khas dengan bahasa Sundanya yang kasar dan waditra pengiringnya. Penamaan Topeng Banjet menurut sejumlah tokoh pelakunya hanya berupa istilah semata untuk membedakan topeng tradisional dengan topeng berasal dari Indramayu dan Cirebon serta dari Jawa.

Musik Topeng Banjet yang dimainkan sangat berbeda dengan musik topeng dari Jawa. Kesenian Topeng banjet merupakan bentuk kesenian tradisional dengan jenisnya termasuk seni pertunjukan rakyat atau dapat dimasukkan juga ke dalam bentuk teater tradisional. Lebih khusus lagi kesenian Topeng Banjet dapat didefinisikan sebagai seni pertunjukan rakyat yang diisi dengan lawakan (bodoran) dengan dan penari Topeng Banjet diteruskan dengan pertunjukan seni drama tradisiona

Memang pada masa sekarang dalam pementasan kesenian Topeng Banjet tidak ada pemain yang memakai Topeng namun pada masa silam yang disebut Topeng Banjet itu dalam sebagian pementasannya ada yang menggunakan Topeng, yaitu pada babak Ngajantuk dan babak Ngedok. Pemakain topeng ini hanya sampai tahun 1949, sebab semenjak itu dilarang oleh penguasa setempat pada masa itu. Dengan dihapusnya pemakaian topeng itu maka hapuslah babak Ngajantuk itu sampai sekarang. Walaupun demikian pemakain kata Topeng tetap dipakai untuk penamaan kesenian Topeng Banjet.

Agar gak penasaran silahkan tonton vidionya DI SINI

...

...


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger