logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Seserahan Calon Mempelai Laki - Laki di Pagaden Barat, Subang

Sampurasun ...

Seserahan Calon Mempelai Laki - Laki di Pagaden Barat, Subang 

MANGYONO.com - Seserahan itu apa? Dalam adat Sunda, seserahan yaitu memberi serangkaian barang yang dibutuhkan oleh pihak calon mempelai perempuan dari calon mempelai laki-laki. 

Apakah seserahan itu wajib?. Secara adat iya, tetapi secara agama nggak. Maksud dari seseharan tersebut adalah sebagai salah satu pembekalan dalam berumah tangga, makanya barang-barang yang dipilih sangat diperlukan didalam rumah tangga.

Apakah dalam seserahan itu ada barang - barang khusus?. Jangan khawatir, seserahan bersifat fleksibel sesuai dengan dana pihak calon mempelai laki-laki.

Kalau di daerah saya di Subang tepatnya di kampung Gardu, desa Bendungan, kecamatan Pagaden Barat. Seperti pada acara Seserahan ... Jang Riki ke neng Rita. Minggu 17 September 2017

Seserahan ...  Jang Riki ke neng Rita  di kmp. Gardu, Ds. Bendungan, Kec. Pagaden Barat, Subang
Seserahan ... 
Jang Riki ke neng Rita 
di kmp. Gardu, Ds. Bendungan, Kec. Pagaden Barat, Subang


Pertama, perlengkapan ibadah. Barang-barang tersebut sesuai dengan agama yang dipeluk oleh kedua calon mempelai. Misalnya jika calon mempelai beraga Islam, seserahan yang dipilih adalah mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur’an.

Kedua, perhiasan. Perhiasan juga nggak ada patokan berapa gram. Biasanya berupa cincin kawin, gelang, kalung, atau anting. Perhiasan ini sebagai simbol bahwa harapannya sebuah pernikahan akan bersinar dan berkilau.... Seperti kilauan emas atau berlian.

Ketiga, kebaya dan kain batik. Boleh berupa bahan kebaya seperti brukat, atau kebaya yang sudah jadi. Untuk kain batik, boleh yang bermodel rok atau kain lilit, namun kebanyakan berupa kain lilit alias samping.

Keempat, kue dan buah-buahan. Kue boleh berupa kue-kue kering seperti opak, ranginang, kutumayang, atau cake atau bakakak ayam. Untuk buah-buahan, pilih saja yang satu set berupa apel, mangga, anggur, pisang, dan lain-lain.

Kelima, Peralatan dapur. Alat dapur boleh berupa dandang, kompor piring, seeng, nyiru, aseupan, hihid, dulang dan sebagainya.

Keenam perabotan rumah. Perabotan boleh berupa tempat tidur, lemari, kursi dan lain sebagainya.


Untuk melihat vidio seserahan silahkan DI SINI

...

...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger