--> Skip to main content

Profil dan Biodata Deddy Mizwar - Calon Gubernur Jawa Barat

Sampurasun...

Profil dan Biodata Deddy Mizwar - Calon Gubernur Jawa Barat

MANGYONO.com - H. Deddy Mizwar, S.Sn., S.E., M.I.Pol. (lahir di Jakarta, Indonesia , 5 Maret 1955) adalah Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2013. Ia juga merupakan seorang aktor senior dan sutradara Indonesia. Ia pernah menjadi Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional periode 2006-2009. Deddy Mizwar merupakan politikus dari jalur independen yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera. Pada Pilkada Jawa Barat 2013, dia terpilih sebagai wakil gubernur mendampingi Ahmad Heryawan. Kemudian ia juga maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Profil dan Biodata Deddy Mizwar - Calon Gubernur Jawa Barat
Profil dan Biodata Deddy Mizwar 
Calon Gubernur Jawa Barat


H. Deddy Mizwar pernah bekerja di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Deddy Mizwar terjun ke seni peran dan menuai sukses. Kiprahnya sebagai sineas yang kerap memuat nilai dakwah serta kritik sosial mengantarkannya menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat.

Meski sudah menjadi pejabat publik, nama Deddy Mizwar tidak bisa dipisahkan begitu saja dari profesinya terdahulu sebagai aktor.

Sejak kemunculan film pertamanya pada 1976, Deddy terhitung telah membintangi 38 judul. Karirnya terbilang lengkap karena sudah dianugerahi tujuh Piala Citra baik sebagai pemain maupun sutradara.

Awal karier pria yang akrab disapa Demiz itu sebenarnya adalah pegawai di Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Namun, kecintaan pada seni membuatnya hanya bertahan dua tahun sebagai pegawai negeri sipil.

Darah seni Deddy Mizwar mengalir dari sang ibu, Sun’ah, yang pernah memimpin sanggar Betawi. Deddy kerap diajak manggung hingga akhirnya ia gandrung main teater sehingga mengasah kemampuan aktingnya.

Ketenaran yang telah digenggam, ternyata masih menyisakan ruang hampa di batin Deddy Mizwar. Ia kerap terkenang masa kecilnya yang tumbuh di tengah nuansa religius Betawi. Pergolakan batin itu yang membuatnya memutuskan untuk berkarya dengan selalu menyisipkan nilai ibadah.

Ketika sinetron bernapaskan religi masih langka, Deddy membuat tayangan "Hikayat Pengembara" yang tayang di bulan Ramadan. Kesuksesan tersebut kemudian membuat suami dari R. Giselawati Wiranegara itu menelurkan sinetron-sinetron religius lainnya.

Deddy berpandangan bahwa film merupakan salah satu media dakwah yang paling efektif untuk menyampaikan pesan-pesan Islam kepada masyarakat luas.
Menjadi wakil gubernur Jabar

Di tengah cibiran masyarakat mempertanyakan kredibilitas selebritas yang terjun ke politik, tak menyurutkan Ahmad Heryawan untuk menggandeng Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2013.

Ketika itu, Aher menilai Deddy sebagai sosok yang memiliki integritas dan berkarakter, serta dianggap sebagai tokoh kuat di Jabar. Hasilnya, mereka menang pilkada satu putaran.

Selama keduanya menjabat, Provinsi Jawa Barat telah meraih 234 penghargaan di berbagai bidang. Kini, Deddy Mizwar kembali maju di Pilgub Jabar 2018 berpasangan dengan Dedi Mulyadi. Baca Profil Kang Dedi Mulyadi - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat

DEDDY DEDI 4 JABAR
 DEDDY DEDI 4 JABAR



Biodata Deddy Mizwar
Lahir     5 Maret 1955 dI Jakarta, Indonesia
Partai politik     Partai Demokrat (2017–)
Suami/istri     R. Giselawati Wiranegara
Anak     Senandung Nacita
Lettu Inf Zulfikar Rakita Dewa
Orangtua     Adrian Andres dan Sun’ah
Alma mater     Institut Kesenian Jakarta
Pekerjaan     Aktor (sejak 1974)
Sutradara (sejak 1986)
Agama     Islam


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments