--> Skip to main content

Wajit nanas oleh - oleh khas Subang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

Blog Mang Yono. Salah satu komoditi buah-buahan yang menjadi andalan Kabupaten Subang adalah buah Nanas Subang yang dikenal dengan sebutan Si Madu.

Di tangan ahlinya, buah nanas bisa menjadi makanan ringan yang cocok menemani santai Anda. Salah satunya dodol nanas, keripik nanas, wajik nanas, sale nanas dan makana ringan lainnya. Untuk mendapatkannya anda bisa mampir di toko oleh-oleh khas Subang, Mekar Jaya Desa Tambak Mekar, Kecamatan Jalancagak, Subang anda bisa mendapatkan dodol nanas dalam kemasan apik dan berbagai ukuran. Harganyaun sangat terjangkau, dengan Rp5 ribu, dodol nanas kemasan 3 ons sudah bisa dibawa pulang ada yang kemasan 1 Kg, 0,5 Kg dan 3 ons.

Wajit nanas oleh - oleh khas Subang

Untuk kemasan 1 Kg berisi 60 bungkus dodol harganya Rp18 ribu, sementara yang 0,5 Kg berisi 30 bungkus Rp9 ribu, dan kemasan 3 Ons berisi 16 bungkus Rp5 ribu. Dodol nanas banyak diminati dibandingkan oleh-oleh lainnya yang bahan baku sama. 

Meskipun proses pembuatannya dicampur gula dan mentega, namun rasa dodol nanas tidak mengurangi rasa khasnya, bahkan akan semakin nikmat dan lezat. Apalagi jika dodol nanas itu ditaruh di kulkas sebelum dimakan. “Kalau ditaruh di kulkas dulu, semakin enak rasanya. Lezatnya sampai ke ubun-ubun


Bahan untuk membuat wajik nanas :
  • 3 buah nanas, dikupas, diparut
  • 500 gram beras ketan, direndam semalam
  • 1.000 ml santan dari 2 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 gram gula merah
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuat :
  1. Masak nanas sampai kental dan airnya mengering. Angkat dan sisihkan.
  2. Rebus beras ketan bersama 300 ml santan dan garam. Kukus di atas api sedang hingga matang. Angkat. Sisihkan.
  3. Masak sisa santan bersama gula merah, gula pasir dan daun pandan hingga kental.Masukkan nanas dan ketan yang sudah dikukus. Aduk sampai adonan padat. Angkat.
  4. Tuang adonan dalam loyang ukuran 16 x 16 x 4 cm, padatkan. Dinginkan. 
  5. Potong-potong. 
  6. Sajikan.


 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments