--> Skip to main content

Cara Membuat Topeng Kertas Kreasi Sendiri

Sampurasun.... Rampes..  

Blog Mang Yono. Selamat bertemu lagi dengan mamang, okay kali ini mamang mau nulis tentang Cara membuat topeng kertas kreasi sendiri, ini cocok untuk hadiah kepada anak kita, atau sekalian bantu membuatnya, supaya nanti – nanti kalau anak kita pengen topeng kertas bisa membuatnya sendiri. 

Ini adalah pengalaman mamang waktu duduk di bangku sekolah SMP * duduk doang ndak sekolah hehehehe* ini adalah mata pelajaran keterampilan Kerajinan waktu itu ada berbagai macam pilihan tergantung minat simurid ada Keterampilan Jasa, Tata boga, Elektro, dan lupa lagi eheheh, mamang masuk dalam Gank Keterampilan kerajinan eheheh. 

Ya sudah kita simak saja cara pembuatan Topeng dari kertas

Cara Membuat Topeng Kertas Kreasi Sendiri
Bahan-bahan yang di butuhkan untuk pembuatan topeng kertas yaitu:

1.    Gula kopi biar lebih praktis beli yang sachetan saja.

2.    Tanah Liat yang lembek dan mudah di bentuk

3.    Kertas koran bekas atau kertas jenis apa saja asal tidak mengkilat .

4.  Lem kanji hasil buat sendiri .

5.    Papan/alas untuk cetakan topeng, atau bisa juga pakai nampan, baskom, panci tapi hati - hati nanti ada piring terbang eheheh .

6.   Cat minyak untuk mewarnai

7.    Gunting dan curtera atau silet bisa juga pisau.

8.    Karet gelang
.
Baca : Cara Membuat Lem Kertas Kreasi Sendiri
 
CARA MEMBUATNYA
 

Tahap Pertama 
Seduh Gula kopi pakai air panas ini untuk menemani sa’at pembuatan topeng kertas, biar nggak ngantuk heheheh ...

Buat cetakan untuk topeng dari tanah liat, sesuai selera anda mau model SUPER HERO idola atau seketemunya heheheh setelah selesai jemur biar sebentar kira kira 1 – 2 jam



Tahap kedua
Untuk membuat topengnya , oleskan minyak sayur atau sabun krim atu di tempat mamang biasa di sebut sabun colek karena di colek heheeh

Rekatkan lembar kertas demi kertas menggunakan lem kanji hasil kreasi sendiri apa bila kertas terlalu  lebar dan untuk memudahkan pembentukan boleh di potong – potong tapi jangan terlalau kecil memotongnya nanti repot loh, dan di tempel mengikuti bentuk cetakan dan lekuk - lekuknya, hingga kira-kira  menutupi seluruh permukaan cetakan dan mencapai ketebalan yang di inginkan, boleh 5mm, 6 mm tergantung selera anda .


Tahap ketiga
Tahap keempat. Tanam karet gelang di belakang topeng *fungsinya untuk penahan saat topeng di pakai* ,lubangi tempat mata menggunakan cuter dan siap dicoba...

Terimakasih anda sudah berkunjung dan membaca tentang Cara pembuatan topeng kertas kreasi sendiri semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments