--> Skip to main content

Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali

Sampurasun... Rampes... 


Hay.. hay.. hay... Ketemu lagi dengan mamang, kali ini mamang mau nulis tentang Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali atau Busway tentunya kalau main ke Jakarta hehehe... 

 

Atau orang Jakarta yang belum pernah naik ini untuk yang belum pernah naik saja, atau bagi yang sudah pernah atau sering ya sudah sebagai pengingat supaya tidak lupa, setelah sebelumnya mamang nulis tenteng Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali... Okayyy




Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali
Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali

Pertama anda membeli tiket di loket
 
Di pintu masuk halte busway atau Trasjakarta, selalu ada loket untuk membeli tiket dijamin ndak ada calo tiket disini aman hehehe.


Belilah seharga Rp. 3.500, untuk satu orang atau seharga 2000 khusus jam 5 - 7 pagi
Tiket tersebut dapat berupa: Kartu untuk koridor 1-3 maupun Lembaran untuk koridor yang lainnya, tapi sekarang ada juga Voucher langganan atau kartu prabayar dan ada tulisan “ Hari Gini Pake Uang Tunai ”..
 

Masukkan tiket ke mesin tiket khusus untuk koridor tertentu  atau serahkan kepada petugas pemeriksa tiket.
Tata Cara Naik Bus Trasjakarta

Menunggu bus
Perhatikan rute - rute atau koridor yang harus Anda tempuh untuk mencapai tujuan Anda sesuai alamat. Tunggulah bus di tempat yang sesuai dengan tujuan anda jangan menunggu bus ke kota eh nunggunya dipintu yang kearah Blok M. 

Karena untuk beberapa halte, terdiri dari beberapa jurusan, misalnya  di Halte Harmoni terdiri dari 7 jurusan dan sesuai petunjuk yang ada atau bisa juga tanya petugas jangan tanya calon penumpang kebanyakan ndak ngerti apa pura - pura ndak ngerti alias sombong, cuek bebek

Menunggulah dengan tertib dan tidak berisik dan tidak nyanyi - nyanyi apa lagi sambil ngupil ehheheeh, jangan mendorong - dorong orang didepan anda ketika bus datang atau jangan main serobot naik dengan langkah tenang dan baca doa usahakan langkah kaki kanan dulu, kalau dua - duanya nanti dikira pampir atau sejenisnya heheheh

Naik Bus Transjakarta

Pastikan anda masuk di arah yang benar bila ndak tau, tanya satpam/penjaga di loket. Jangan sampe mau ke Blok M malah nyasar ke Pulogadung hehehe.

Pastikan juga waktu anda masuk ke bus liat bawah jangan sampe kepleset karena antara Halte dan bus lumayan ada celah agak menganga hehehe, gak lucu kan kalo sobat kepleset hehehe. 

Dahulukanlah penumpang yang turun, barulah Anda masuki bus.

Jangan sembarang masuk bus, karena di beberapa halte, dalam 1 pintu, ada beberapa bus yang berhenti perhatikan sesuai dengan jurusan Anda nanti malah naik Bus yang salah jurusan... kalau anda tidak tahu Bus anda, biasa tanya kepetugas atau ada pemandu kalau kebetulan ada hehehe

Di dalam bus Transjakarta
 
Area Khusus Wanita
Begitu Anda masuk bus, jangan menumpuk di pintu, masuklah lebih ke dalam bus. Jika Anda berdiri, berdirilah menghadap jendela jangan hadap hadapan nanti bahaya hehehe, peganglah Handgrip yang ada. Jika berdiri sambil membawa tas punggung, tarulah tas Anda di bagian depan, agar penumpang lain bisa tetap bisa berdiri di belakang Anda. Jagalah kebersihan, jangan makan di dalam bus, jangan membuang sampah sembarangan. Jika Anda mendapat duduk, dahulukanlah mereka yang memerlukan dan kalau kamu liat ibu-ibu atau cewek cantik, coba tawarin tempat duduk kamu ke dia. Kalo cewek cantik, kamu bisa ajak dia ngobrol trus kenalan deh selanjutnya terserah anda heheheh 

Meskipun sekarang sudah dipisah antara Perempuan dibagian depan dari pintu dan laki – laki di bagian belakang dari pintu tapi masih ndak cukup la wong kursinya sekitar 26 kursi, tapi sobat jangan bawa kursi dari rumah ya... hehehe.... 

Sopir Transjakarta Cakep yaa...
 Di Bus Jangan norak Jangan gara-gara AC di busway dingin *tapi sekarang banyak yg udah ga dingin ding...heheheh*

 Jangan nanya ke sesama penumpang busway: "Cara matiin AC gimana ya?".. dan jangan dijawab kalo ada yang nanya kaya gitu..!

Jangan duduk sila atau ngangkat kaki seperti di warteg ehhehe

Anda  jangan pernah berharap dan berfikir bakalan ada pedagang masuk jualan koran, rokok, minuman dingin atau para pengamen masuk dengan lagu nostalgia dan membaca puisi gak jelas. Dan jangan malah Anda yang coba jadi pengamennya! Karena di Trans Jakarta pedagang dan pengamen dilarang masuk.

Di Bus Transjakarta
Kalo busway berhenti mendadak dan ada orang jatoh kepeleset, jangan diketawain selucu apapun jatohnya. Kecuali kalo satu bus ketawa semua kamu boleh ikut ketawa tapi dikit.

          Hati - hati jika Sobat bersender di pintu kiri, karena di beberapa halte pintu kirilahyang digunakan atau sebaliknya jangan bersender di pintu kanan. Biasanya tiap mau berhenti di halteu ada pemberitahuan sebentar lagi Bus akan berheti di halteu ini.
 


Turun dari bus Transjakarta 


Sebisa mungkin Anda sudah bersiap di pintu bus sebelum Anda turun jangan nyantai - nyantai nunggu bis berenti dulu ehhehe.
 
Untuk bus gandeng terutama ketika turun di halte besar turun dari pintu tengah. 

Langkahkan kakikanan dulu ke halte sambil lihat kebawah. 

Keluar melalui palang pintu atau pintu halte, jangan lompat kebawah, mentang - mentang pendek 

* Padahal mamang pernah loh saking buru - burunya karena kesiangan heheeh*

Untuk yang Transit
Di Transjakarta , ada yang namanya istillah 'transit', maksudnya ada mengganti bus sesuai dengan rute yang akan ditempuh. melakukan transit tidak dipungut biaya tambahan asal jangan keluar dari palang pintu keluar halte.


Rute Transjakarta atau Busway terdiri dari:
 

Rute reguler atau nama istilahnya Koridor seperti

Blok M - Kota dinamakan koridor 1. 
Pulogadung-Harmoni  dinamakan koridor 2
Kalideres - Harmoni dinamakan koridor 3 dan seterusnya bisa di KLIK DISINI

Beberapa rute langsung dengan nama istilahnya express, yaitu menggabungkan beberapa  koridor- koridor seperti:
PGC-Harmoni,
Pulogadung-Kalideres dan seterusnya
Kalau ingin jelas tentang koridornya boleh Cari di Google ... hehehe
 

Catatan: Apabila sobat naik Transjakarta dan salah naik jangan panik, nanti kalau ketemu halte turun saja dan boleh balik lagi tanpa dikenakan biaya tambahan, asalkan jangan keluar dari palang pintu keluar halte, atau pun sobat pengen jalan – jalan naik bus Transjakarta seharian pun boleh saja tanpa biaya tambahan, asal jangan keluar palang pintu halte busway... okayy

Terimakasih anda sudah membaca tentang Tata cara naik busTransjakarta untuk yang pertama kali semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments