--> Skip to main content

Lengser Mapag Pengantin

 Sampurasun... Rampes....  

Lengser, Dalam upacara pengantin Sunda atau Jawa Barat ada istilah  mapag  panganten  oleh lengser dan penari merak., yang dibawakan Lengser Mapag Pengantin.

Lengser merupakan simbol dari tetua adat atau kokolot yang memandu jalan pengantin menuju pelaminan.

Lengser Mapag Pengantin
ki lengser dan penari merak

Ini mengandung arti bahwa dalam menjalani perkawinan pasangan harus berjalan lurus dan selalu setia. Sementara kehadiran para penari merupakan bentuk penyambutan luar biasa kepada pengantin . Lengser itu bisa dibilang sebagai penyambut si raja dan ratu sehari ( pengantin ). lengser jadi icon yang special. Lengser identik dengan seorang kakek tua yang melakukan dialog-dialog lucu terlebih dahulu. 

Baca : Lengser Mapag Pengantin Di Gang Sempit, Kota Subang, Jawa Barat

 ki lengser dan ni lengser
Ni Lengser dan Ki Lengser

Baca :: Seni Lengser perpisahan MTs Mekarwangi

Bahkan sekarang banyak sanggar yang lengsernya itu berpasangan , kakek dan nenek tua , yang saling melempar canda didepan pengantin. Kebetulan nih ada seorang guru salah satu sekolahan di daerah Subang yang sering jadi lengser ia bergabung dengan sanggar atau group seni lengser dengan empat group. Kebetulan mamang sering bertemu dengan lengser ini, tapi mamang bukan pengantin loh heheheh.
Kalu yang berminat mau order acara Lengser Mapag Pengantin hubungi mamang ya di email blogmangyono(at)gmail(dot)com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments