--> Skip to main content

Ukiran kayu khas subang menggunakan solder

Sampurasun.... Rampes. 


Ternyata Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang merupakan salah satu sentra ukiran kayu yang ada di Kabupaten Subang dimana usaha produksi 

 

Ukiran kayu khas subang menggunakan solder.


Ukiran kayu khas subang menggunakan solder

 Adapun jenis komoditi ukiran kayunya diantaranya seperti miniatur bebek, kura – kura, macan,
sisingaan, golek, dan masih banyak jenis miniatur binatang lainnya sesuai dengan jenis pesanan dari pelanggan.

Ukiran Kayu yang berada di Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden ini menggunakan kayu lame sebagai bahan bakunya, dimana keunggulan kayu lame ini mempunyai tekstur permukaan yang lembut, pori-pori relatif kecil, mudah dibentuk yang mempunyai ciri khasnya dimana pemberian motif pada produk kerajinan ukiran kayunya yaitu dengan menggunakan bantuan Solder atau biasa disebut dengan sistem krek. 

Adapun metode pemberian motif dengan system krek ini yaitu dengan cara memanaskan jarum solder kemudian digores-goreskan keatas permukaan ukiran kayu baik yang telah diberi motif, maupun yang langsung dibentuk motifnya dengan menggunakan solder tersebut. Pemberian motif ini dilakukan untuk memberi efek bulu yang alami pada produk – produk Ukiran Kayu dengan jenis miniatur binatang yang berbulu

Selain di Pagaden Salah satu sentra kerajinan kayu dengan seni tergolong unik terdapat di Kampung Bojong Lowa, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Disini para pengrajin pembentuk kayu menjadi berbagai miniatur binatang seperti jerapah, bebek serta badak bercula satu. 

Terimakasih sobat sudah membaca tentang Ukiran kayu khas subang menggunakan solder

 semoga bermanfaat

Sumber: www.indosiar.com
             news.liputan6.com


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments