--> Skip to main content

Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 


Sobat sudah pada tahu kan Asam Jawa? .... Betuuuul, asam jawa biasa dipakai untuk campuran sayur asem, tapi bukan sayur kemarin yang sudah basi hahaha.....  


Asam Jawa Juga bisa dibuat Rujak lhoo...


Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa
 Ini Rujak Asam buatan Istri saya... biar Rujaknya asem tapi terasa manis sambil pandangi wajahnya eheheh..


Istri saya sering membuatkan sayur asem (Sayur Haseum ; Bahasa Sunda), rasanya yang sedikit asem namun nikmat apalagi makannya di saung sawah atau pematang sawah ditemenin ikan asin dan sambal terasi .. wiiih mantap surantap dah. 

Nah berhubung mamang nulis ini pas bulan puasa Ramadhan, jadi mohon maaf saja yah, jangan terlalu dihayalkan karena bikin ngilu di gigi ( Bahasa Sundanya Muruy ).

Ternyata ... eh ternyata Asam jawa ini banyak khasiat dan manfaatnya lhoo, ini sesuai pengalaman mamang dan tetangga sebelah hehehehe

Asam Jawa bisa untuk obat Penurun Panas atau sakit tenggorokan dan suara serak akibat karokean, baca Al-Quran, penyanyi, sinden dan sejenisnya yang berkaitan dengan suara, bisa juga yang habis ikutan Demo hehehehe. 


Caranya ; ambil 2 polong buah asam jawa yang telah masak dikupas kulitnya , garam secukupnya, bisa ditambahkan juga potongan cabe rawit, tapi ndak pakai cabe rawit juga ndak apa - apa. Kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Hasil saringan diminum biasa. Ibu hamil tidak diperkanankan minum minuman ini karena bisa berkaibat fatal bagi kandungan. Ini mamang dapatkan dari sinden dan dalang wayang golek, bukan dalang kerusuhan lhoo hehehe.. kalau saya biasanya takaran asam jawanya lebih banyak dan kental namanya juga rujak Asam jawa hehehe.

Untuk luka baru juga bisa
Caranya; ambil daun asam jawa secukupnya dikunyah atau dilumat, lalu tempelkan pada luka.

Nah ini untuk yang senang bermain main dengan lebah terus kena sengatan lebah heheheh... Caranya ; ambil  5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Biji asam jawa ditumbuk halus. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut. Ini mamang dapatkan dari tukang mancing yang suka ngambil sarang lebah hehehe

 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments