--> Skip to main content

Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Sampurasun … Rampes. Siapa yang tak kenal aglaonema? Tanaman hias daun yang dalam bahasa Latin mempunyai arti benang bersinar, kalau benang merah itu punya OVJ apalagi benang yang kusut itu mah punya pedangdut heheheh, Aglaonema memang telah lama jadi perbincangan. Terlebih ketika Greg Hambali menciptakan hibrida berurat daun merah-kuning yang dinamakan pride of sumatera pada tahun 1985. Ketika itu, harga aglaonema pride of sumatera mencapai Rp 300 ribu per daun!.


Berbeda dengan tanaman hias daun pada umumnya yang berwarna hijau, aglaonema justru diincar karena warnanya yang bervariasi. Selain merah, atau putih, juga kuning dan oranye. 


Selain itu, konon masyarakat mempercayai tanaman ini sebagai pembawa keberuntungan. Di Indonesia tanaman ini dikenal juga dengan nama sri rejeki. Di Malaysia namanya good luck. Sedang di Filipina, disebut le suerte. Ketiganya, sama sama berarti keberuntungan.

Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Ya sudah daripada bingung dan terbengong – bengong dengan harga yang tak terbeli, mendingan kita memperbanyak jenis yang ada saja kalau yang saya punya adalah yang seperti pada postingan kemarin yaitu jenis Bunga Donna Carmen / Aglaonema, sukur – syukur kalau ada yang punya aglaonema yang super wah, Bunga Donna Carmen / Aglaonema bisa di perbanyak dengan cara ini Biji, Menunggu tunas anakan atau dengan cara mencangkok batang Indukan Donna Carmen / Aglaonema.



Nah untuk Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema jika bunga Donna Carmen / aglonema tak kunjung bertunas atau males menunggu anakan yang terlalu lama? Apalagi kalau menunggu Bunga Donna Carmen / Aglaonema sampai keluar buah, Cobalah dengan cara ini, yaitu dengan cara mencangkok sendiri. Caranya cukup sederhana sekali.

1. Pilih batang Bunga Donna Carmen / Aglaonema yang cukup panjang.

2. Siapkan botol plastik bekas atau memakai gelas pelastik air mineral. Untuk yang memakai botol pelastik potong leher botol, lalu buat sayatan dari atas sampai bawah. Bagian dasar botol diberi lubang, kira-kira sebesar batang Donna Carmen / Aglaonema.

3. Pasang botol tersebut pada batang Donna Carmen / Aglaonema. Terus isi botol yang sudah dipasang tersebut dengan media tanamnya berupa Arang sekam padi dan humus dengan perbandingan 1:1. Ikatlah erat-erat botol yang sudah diisi medeia tersebut.

4. Siram dengan rutin tiap hari. Usahakan jangan sampai media dalam botol menjadi kering.

5. Tunggu sebulan atau dua bulan kemudian, akan muncul tunas-tunas. Tunggu hingga keluar akar pada tunas – tunas tersebut.

6. Setelah umur 3 bulan lebih atau kurang dikit, bukalah botol, lalu bersihkan media Arang sekam padi dan humus yang menempel pada anakan Donna Carmen / Aglaonema.

7. Ambil pisau yang tajam dan bersih kalau perlu di cuci dulu siapa tahu pisaunya bekas memotong terasi, cabe atau bawang… hehehe. Lalu pisahkan anakan Donna Carmen / Aglaonema dari induknya dengan hati - hati jangan sampai akarnya pada rontok, dan langsung tanam deh anakan bunga 
Donna Carmen / Aglaonema pada media yang telah disiapkan, gampang kan?.

Aglaonema Thailand "Siam Aurora"
Aglaonema Thailand Namanya Siam Aurora

Ini Tanaman Aglaonema dari Thailand bernama "Siam Aurora" dengan warna daun hijau dan memiliki warna merah di tepi daun, ini bukan punya saya, tapi ini punya boss saya yang di beli langsung dari Thailand, kalau saya cuma kadang ikut merawatnnya saja, kalau yang asli punnya saya lihat di Bunga Donna Carmen / Aglaonema punya saya ... hehehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments