--> Skip to main content

Cara menanam kacang tanah di kebun atau sawah

Sampurasun... Rampes. # Pertanian. Blog Mang Yono kali ini mau berbagi tentang Cara menanam kacang tanah di kebun atau sawah, maklum saya adalah petani tanggung, tidak terfokus ke salah satu tanaman, semua tanaman di coba ada menanam mentimun, singkong dan ini menanam kacang tanah, meskipun sedikit tapi lumayan lah buat di rebus dan sisanya di jual heheh. Untuk menanamnya juga dengan cara sendiri alias seketemunya mungkin cara ini sangat berbeda dengan pakarnya atau master di bidang pertanian. 

Berikut ini cara yang biasa saya dan keluarga lakukan.


(!). pembersihan lahan dari segala macam gulma (tumbuhan pengganggu) dan akar-akar pertanaman.


Cara menanam kacang tanah di kebun atau sawah


(!!). pembuatan bedengan ala kadarnya ukuran lebar  1 Meter atau sesuai selera, panjang menyesuaikan, ketebalan alakadarnya.





(!!!). Pola tanam memperhatikan musim dan curah hujan.


(!V). Lubang tanam dibuat sedalam 3 cm menggunakan tugal dengan jarak  30 x 30 cm.


Cara Penanaman


(!). Masukan benih 1 atau 2 butir ke dalam lubang tanam dengan tanah tipis. Waktu tanam yang paling baik dilahan kering pada awal musim hujan, di lahan sawah dapat dilakukan pada bulan April-Juni  atau bulan Juli-September



(!!). Pemupukan dilakukan dengan jenis dan dosis pupuk yang dianjurkan yaitu Urea= 80 kg/ha ditambah TSP=80 kg/ha ditambah KCl=50 kg/ha. Pupuk diberikan pada saat tanam dan pada umur 21 hari dengan dosis dari jumlah diatas di bagi dua, pupuk dimasukan di antara tanaman ke tanaman
 


(!!!). Untuk penyulaman lebih cepat lebih baik  setelah yang lain kelihatan tumbuh ± 3-7 hari setelah tanam. Penyulaman dilakukan bila benih yang ditanam tidak tumbuh... kalau tumbuh ya tidak usah ada penyulaman.
Umur 7 hari setelah tanam

(!V). Penyiangan dilakukan 2 kali pada kira – kira umur 2 minggu dan 7 minggu dengan


Umur panen tanaman kacang tanah tergantung dari jenisnya, kalau yang saya tanam ini umur panennya 3 bulan lebih dikit... hehehe


Cara menanam kacang tanah di kebun atau sawah ini adalah cara seketemunya, apabila dalam cara ini ada kekurangan mohon di tambahkan pada kotak komentar, maklum sayanya bukan ahli bertani, cuma sekedar tau sedikit saja, dan tidak bermaksud menggurui.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments