--> Skip to main content

Menanam kacang tunggak di lahan sawah untuk lalapan

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Berhubung di sawah di daerah Tegalsungsang, Bendungan, Pagaden Barat, Subang. Waktu itu agak susah air, jadinya saya dan mertua menanam kacang tanah, jagung, dan kacang ijo, tapi nanam juga kacang tunggak. Nah mungkin sobat ada yang belum tau tentang Kacang Tunggak.

Kacang Tunggak atau yang biasa dikenal di kampung saya yaitu kacang gaji, kacang ini katanya sangat banyak  protein dan tektek bengeknya. Pokonya yang berguna bagi tubuh hehehe. Beberapa orang bahkan kacang tunggak ini bisa dijadikan bahan dasar untuk pembuatan tempe, selain kedelai. Mungkin karena ditanah air harga kedelai makin hari makin meroket, tapi ada kesulitan dalam pengulitan kulit dari kacang tunggak yang berbeda dengan menguliti kedelai, katanya kacang tunggak susah dikuliti, kalau agak diremas akan hancur.

Saya Ngundeur Daun Kacang Tunggak di Sawah
Saya Ngundeur Daun Kacang Tunggak di Sawah
Kalau melihat sekilas dari pohon, daun, bunga dan buahnya mirip sekali dengan kacang panjang, tapi ukurannya lebih pendek dan kaku bila dibandingkan dengan kacang panjang. Saya menanamnya sih tak begitu banyak, ini  ditanam untuk lalapan sehari – hari saja.
Saya Ngundeur Daun Kacang Tunggak
Saya Ngundeur Pucuk Daun Kacang Tunggak
Kacang tunggak dapat dimanfaatkan untuk lalapan yaitu dengan memetik daun muda atau daun yang agak tua sekalipun untuk lalapan, bisa lalap mentah atau lalap yang direbus, dikukus ( diseupan ). Saya kalau pulang kekampung di hari minggu suka ngundeur daun kacang tunggak hehehe. Tanaman kacang tunggaklnya belum berbuah coba saja kalau tidak percaya lihat di poto saya ini hehe. 
Lalapan daun Kacang tunggak hasil petikan saya
Lalapan daun Kacang tunggak hasil petikan saya

Berikut ini cara menanam kacang tunggak atau kacang gaji yang saya lakukan:

Pertama :  Untuk menanam kacang tunggak saya tanpa pengolahan tanah. Penyiapan lahan tanpa pengolahan tanah ini biasanya dipraktekkan pada lahan sawah tadah hujan bekas tanaman padi. Kalau di tegalan ya harus diolah dulu tanahnya, lahan sawah juga kalau mau diolah dulu tanahnya boleh juga ding, malah lebih bagus hehehe.

Kedua : Lahan dibersihkan dari jerami dan rumput-rumput liar.

Ketiga : Penanaman benih kacang tunggak dilakukan dengan cara ditugal ( di aseuk bahasa sunda). tiap lubang tanam diisi dengan 2-3 butir benih sambil ditutup dengan tanah tipis atau nutupnya belakangan dengan memakai papan sorong atau pelepah daun kelapa, biasanya untuk beban diatas papan sorong atau pelepah daun kelapa atau dahan pohon yang masih berdaun anak - anak pada naik keatasnya, itu pengalaman saya waktu masih kecil hehehe.

Kacang Tunggak tidak memerlukan ajir, karena pohonnya tidak menjalar, kalau sedikit menjalar saja harus dipotong, karena dari pemotongan itu akan tumbuh tunas dan diikuti dengan tumbuhnya bunga.

Silahkan Baca Juga : Karena susah air di Blok Tegalsungsang akhirnya saya menanam palawija.

Poto dibawah ini adalah tanaman kacang tanah, jagung, kacang ijo yang ditanam disawah saya dan mertua. Kalau orang lain gak ada yang nanam palawija seperti saya ini, orang lain nanamnya padi.
 
Mungkin Anda - andini masih bingung, bagai mana bentuk buahnya ya, nanti deh kalau tanaman kacang tunggak ini sudah berbuah akan saya posting kembali hehehe


Tanaman Kacang Tanah dan Jagung. Kalau kacang tunggak ditanam disekelilingnya
Tanaman Kacang Tanah dan Jagung. Kalau kacang tunggak ditanam disekelilingnya
Tanaman Kacang Ijo dan Jagung, Kacang tunggak ditanam dibagian pinggir keliling
Tanaman Kacang Ijo dan Jagung, Kacang tunggak ditanam dibagian pinggir keliling
"Saya menulis cara menanam kacang tunggak bukan berarti saya ahli dalam pertanian / tanam - menanam palawija, karena saya bukan seorang petani yang setiap hari mengurus tanaman dan bukan juga lulusan dari sekolahan pertanian apalagi anak kuliahan dari Fakultas pertanian, tapi hanya sekedar berbagi, dengan sedikit yang saya ketahui siapa tahu ada sahabat atau pakar pertanian yang membaca tulisan saya dan memberikan saran atau keritikan yang membangun".
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments