--> Skip to main content

Cara memperbanyak dan stek Bunga Bougenville.

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. In the previous post I wrote about Bougainville Flowers flowers or paper flowers with Flowers Bougenville title is not good according to Feng Shui planted in the yard.

Well, I write this to believe that not only hehehe against myths, taboos or Feng Shui. Plants flower bougainvillea (bougainvillea spectabillis) are very popular in our society. This plant comes from Brazil, South America. ( by. Google Translate baca terus ya )

Cara memperbanyak dan stek Bunga Bougenville.
Bunga Bougenville / Bunga kertas warna PUTIH. Saya tanam di pojokan taman mungil saya.

Di postingan sebelumnya saya menuliskan tentang Bunga Bougenville atau bunga kertas dengan judul Bunga Bougenville  tidak baik menurut Feng Shui ditanam di halaman rumah.

Ya sudah, ini saya tulis untuk yang tidak percaya saja hehehe terhadap mitos, pamali atau Feng Shui . Tanaman bunga Bugenvil (bougainvillea spectabillis) sangat populer di kalangan masyarakat kita. Tanaman ini berasal dari Brazilia, Amerika Selatan. 
Bunga Bougenville / Bunga kertas warna UNGU. Saya tanam di pojokan taman mungil saya.
Bunga Bougenville / Bunga kertas warna UNGU. Saya tanam di pojokan taman mungil saya.
 
Bugenvile atau bunga Kertas bunganya yang cantik beraneka warna membuat bugenvile sangat disukai para penggemar tanaman termasuk saya hehehe. Apalagi cara perawatannya dan menanamnya sangat mudah, itu menurut saya, perbanyakan dengan cara Stek, potong / tebas dahannya tinggal tancapkan di tanah, sudah bisa tumbuh. Tapi tetangga saya malah menanam dengan cara stek seperti saya ini gak pernah berhasil loh heheeh. Tapi kalau sudah ngambek, tanaman ini pun enggan berbunga .. *kalau gak tahu atau belum mengenali sipat dari Bunga ini.

Bunga Bougenville / Bunga kertas warna PUTIH dan UNGU . Saya tanam di pojokan taman mungil saya pada satu pohon dengan cara penyambungan stek - stek pada ranting atau dahannya . Khan saya bilang saya punya pohon Bunga Bunga Bougenville cuma satu pohon hehehe.

Umumnya orang melihat daya pesona bugenvil pada aneka bunganya yang berwarna-warni. Ada yang merah cerah (b. Spectabilis Rubra Plena), Putih (b. Spectabillis Alba), Kuning (b. spertabilis glabra Salmonea), Merah jambu (b. spectabillis Arborea). Kelopak bunganya yang tunggal maupun ganda membuat orang gemas melihatnya ingin sekali memetik sang bunga hehehe. Tapi sebetulnya bunga-bunga yang kita kagumi itu hanyalah bunga-bunga semu. Yang betulan dan nyata adalah BUNGA DESA hehehe. Ups, Bunga yang sesungguhnya justru kecil dan tenggelam di tengah-tengah bunga semu.

Bunga Bougenville berbunga PUTIH dan UNGU, keren khan, saya sedang mencari warna bunga Bougenville yang berbeda untuk di stek.

Bila daun-daunnya terlampau rimbun pun bugenvil jadi enggan berbunga. Karena itu, pertahankan daun pohonnya dalam keadaan setengah gundul. 

Supaya dalam satu pohon bugenvil terdapat beberapa warna bunga sekaligus, Anda dapat melakukan penyambungan stek-stek pada ranting atau dahannya.
Di bagian pucuk ranting berdiameter 5 - 10 mm dipotong serong atau dipotong bentuk V. Lalu sambung dengan stek pucuk dari bugenvil berbunga lain / wana bunga yang berbeda yang dipotong serong berlawanan dengan bunga asal. Ikat bagian sambungan itu erat-erat dengan tali rafia agar terlindung dari rembesan air hujan yang bisa mengakibatkan batang busuk.

Bila puncak-puncak sambungan telah tampak segar kembali, bukalah ikatan talinya. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan lakukan penyetekan ini pada musim penghujan. Beberapa waktu kemudian pada saat tanaman ini berbunga, maka Anda pun akan mendapatkan aneka warna bunga dalam satu tanaman. Atau untuk lebih jelasnya silahkan Baca postingan saya tentang Cara Menyambung tanaman dan stek satu mata.
 

Baca juga :  


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments