--> Skip to main content

Cara Semai Gelombang Cinta ( Anthurium ) Dari Biji

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Masih ingat nggak beberapa tahun yang lalu ada sebuah tanaman hias yang membuat heboh sebagian besar penduduk Indonesia.

Entah dari mana awal mula ceritanya, tanaman yang semula tidak terlalu dikenal dan berada di hutan, namanya tiba-tiba menjadi primadona semua pecinta tanaman. 

Cara Semai / Perbanyak Gelombang Cinta ( Anthurium ) Dari Biji
Buah Gelombang Cinta ( Anthurium ) didalam buah ini terdapat dua biji. Kira - kira besarnya 1 mm x 3 mm. Lebih kecil dari beras.

Baca juga Cara menjadikan bunga Gelombang Cinta mengkilap, menarik dan sehat.


Yup…. Itulah tanaman gelombang cinta. Ketenaran gelombangnya yang memukau menghobohkan semua orang. Gelombang pada daunnya begitu sedap dipandang, bahkan seketika menebarkan cinta bagi setiap mata yang meliriknya langsung jatuh hati.

Spesies anthurium yang sempat menjadi idola pada saat beberapa tahun yang lalu salah satunya adalah "wave of love" atau "gelombang cinta". Anthurium jenis ini sangat disukai terutama karena bentuk permukaan daunnya yang bergelombang, semakin rapat dan terjal gelombangnya, maka semakin baik kualitas tanaman gelombang cinta tersebut, yang ujung-ujungnya dapat digunakan sebagai alat pendongkrak harga jual.


Virus gelombang cinta ini rupanya juga menyebar ke Boss saya di Jakarta, langsung membeli 2 pohon Gelombang Cinta yang masih kecil daunnya saja masih 3 lembar dan dipajang dirumahnya, tapi saya sering loh merawat bunga gelombang cinta ini. Dari mulai memandikan, kasih makan hahahah, maksud saya dari mulai menyiram, terus mengkilapkan daunnya, terus memberi pupuk hehehe.
 

Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium ) Boss saya

Bunga Gelombang Cinta ( Anthurium ) Boss saya

Nama bunga Anthurium atau dengan nama tenarnya Bunga Gelombang cinta, ini adalah jenis tanaman hias yang banyak diminati pada masanya, dulu Bunga Gelombang Cinta / Anthurium ini harganya wah. Dan banyak diburu oleh pecinta bunga.

Berhubung Bunga Gelombang Cinta Boss saya ini, sudah berbuah dan buahnya ada yang matang sampai berjatuhan, jadi sebaiknya saya langsung semai aja bijinya, meskipun saya baru pertama semai biji Bunga Gelombang Cinta dan cari di Google gak nemu, saya tetap semai biji bunga ini. Nekat khan saya?. Heheheh .. Saya itu kalau masalah bunga gak takut gagal loh, seringsih saya tanam, semai biji bunga atau tanaman dengan kegagalan, tapi lebih sering saya berhasil heheh ... *Gaya hehehe. Khan pepatah mengatakan “ KEGAGALAN ITU AWAL DARI KESUKSESAN”. Betul tidak?.
 

Apabila Bunga Gelombang Cinta sudah berbuah, tunggu sampai Buah dari Gelombang Cinta tersebut matang. Perlu diketahui bahwa anthurium gelombang cinta mempunyai buah yang menempel pada tongkolnya seperti Jagung tapi tidak dibungkus dengan kulit loh. Seperti Poto dibawah ini Buah pada tongkol Gelombang Cinta belum kelihatan.

Buah pada tongkol Gelombang Cinta belum kelihatan.
Buah pada tongkol Gelombang Cinta belum kelihatan.

Untuk menjadikan Bunga Gelombang Cinta berbuah, ini harus menunggu kurang lebih berumur satu tahun atau telah berdaun minimal lima belas lembar sejak pertunasan dilakukan. Tapi dengan adanya tongkol juga tidak langsung mendapatkan biji yang diinginkan. Ini mengalami proses lagi, maka dari itu kita lakukan penyilangan agar antara serbuk sari dan putik menyatu. Pada pembungaan pertama biasanya masih sulit untuk berhasil namun pada pembungaan selanjutnya akan relatif berhasil. Seperti pada Poto dibawah ini, Biji pada Tongkol Gelombang cinta sudah kelihatan dan mulai matang.

Biji pada Tongkol Gelombang cinta sudah kelihatan dan mulai matang.
Buah pada Tongkol Gelombang cinta sudah kelihatan dan mulai matang. Kalau sudah matang maka buah tersebut akan nongol ke permukaan tongkol dan akhirnya jatuh / bisa juga di ambil dengan cara menarik buah tersebut.

Nah daripada ngelantur kemana – mana, yuk mending ikutin saya untuk nyemai biji Bunga Gelombang Cinta:

1). Setelah biji – biji dari Gelombang Cinta matang dan diambil, bahkan sampai berjatuhan, ini sebaiknya langsung kita semai, daripada dibuang percuma. Iya khan?. Selanjutnya siapkan media untuk penyemaian Biji Gelombang Cinta, yang terdiri dari tanah halus, pupuk organik halus atau arang sekam padi, lalu aduk sampai tercampur.

Pengadukan media tanah halus, pupuk organik halus atau arang sekam padi
Pengadukan media tanah halus, pupuk organik halus atau arang sekam padi

2). Masukan media semai tersebut kedalam Pot kecil, boleh bekas Gelas Kemasan Air minera, boleh juga Pot yang diameternya sekitar 10 Cm.

Masukan media semai tersebut kedalam Pot kecil
Masukan media semai yang sudah dicampur tadi kedalam Pot kecil.

3). Setelah media dimasukan ke Pot, lalu letakan biji Gelombang Cinta tiap pot satu saja ( dalam biji berwarna merah ini terdapat 2 biji Gelombang Cinta loh). Rata – rata para master menyemai biji – biji Gelombang Cinta hanya dalam satu pot dengan jarak antar biji sekitar 3 – 5 Cm, Tapi malah lebih bagus lagi khan menyemai tiap pot satu biji, biar tidak repot saat memindahkannya hehehe.

Letakan biji Gelombang Cinta tiap pot satu saja ( dalam biji berwarna merah ini terdapat 2 biji Gelombang Cinta loh).
Letakan biji Gelombang Cinta tiap pot satu saja ( dalam biji berwarna merah ini terdapat 2 biji Gelombang Cinta loh).

4). Nah, Setelah biji – biji tersebut diletakan tiap Pot dengan jumlah satu - satu biji, maka langkah selanjutnya yaitu penutupan biji tersebut dengan media Pupuk Organik atau arang sekam padi, tapi secara tipis saja kira – kira 2 – 3 Cm.

Penutupan biji dengan media Pupuk Organik atau arang sekam padi
Penutupan biji dengan media Pupuk Organik atau arang sekam padi yang sudah dicampur tadi.

5). Langkah selanjutnya adalah penyiraman, semai biji Gelombang Cinta, supaya tanah atau media tersebut lembab, kalau para master, setelah penyiraman dilakukan penutupan media semai dengan pelastik atau kardus, agar media tersebut tetap terjaga kelembabannya. Setelah itu simpan ditempat yang tidak terkena sinar matahari. 
Penyiraman, semai biji Gelombang Cinta, supaya tanah atau media tersebut lembab
Penyiraman, semai biji Gelombang Cinta, supaya tanah atau media tersebut lembab

Saya belum tahu, berapa minggu biji – biji Gelombang Cinta bisa bertunas. Ya, sudah mending tunggu saja kelanjutannya ya. Nanti kalau ada kesempatan saya posting dengan kelanjutannya.

Perbanyakan dengan semai biji ini mayoritas digunakan oleh pembudidaya tanaman hias, khususnya jenis Anthurium. Itu katanya ...


Baca juga Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium Dan Mengkilapkan Daun Supaya Terlihat Menarik Hati
Dengan tulisan dan postingan ini saya tidak bermaksud menggurui apalagi ahli dibidang  pertanian, tapi hanya berbagi pengalaman saya saja. Siapa tahu ada master pertanian yang baca tulisan saya ini, terus memberikan masukan / cara yang tepat untuk menanam tumbuhan atau tanaman lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments