--> Skip to main content

JIMBARAN, LEZATNYA IKAN BAKAR LAUT PEDAS DI MALAM HARI

JIMBARAN, LEZATNYA IKAN BAKAR LAUT PEDAS DI MALAM HARI

Blog Mang Yono dapat kiriman lagi dari sodari Kadek Nila Utami, Singaraja Bali. Ini merupakan kiriman yang ke 3 dari sodari Kadek Nila yang saya terbitkan di Blog Mang Yono ini. 

Terimakasih sodari Kadek Nila yang sudah mengirimkan ke email: yonokaryono8(at)gmail( dot)com. Baca LANGIT YANG TERSENYUM ( Bagian ke 1 )

JIMBARAN, LEZATNYA IKAN BAKAR LAUT PEDAS DI MALAM HARI
Poto Ilustrasi Jimbaran Bali


JIMBARAN, LEZATNYA IKAN BAKAR LAUT PEDAS DI MALAM HARI

Jimbaran merupakan salah satu kawasan wisata di pulau Bali yang terletak disebelah selatan Kuta dan tempat ini adalah cukup terkenal karena mempunyai keunikan tersendiri yaitu banyak terdapat restoran yang menghidangkan aneka seafood. Kegiatan favorit para pelancong adalah menikmati grilled seafood sambil memandang enchanting sunset, akan menambah suasana damai dan kenyamanan Anda dalam bersantap menu spesial di Jimbaran, lezatnya ikan bakar laut pedas di malam hari.

Seperti dijelaskan di atas, rasanya memang kurang sempurna dalam liburan Anda ke Bali apabila tidak disertai dengan mencicipi aneka hidangan seafood yang banyak berjejer rapi di sepanjang daerah pantai Jimbaran. Jimbaran merupakan pusat tempat makan seafood yang lengkap, enak namun murah. Bahkan ketenarannya melebar ke beberapa kota besar di seluruh Indonesia yang banyak menambahkan embel - embel Jimbaran pada nama belakang restaurant seafood mereka.

Di daerah Jimbaran, tepatnya di sepanjang jalan Kedonganan, berderet restaurant seafood yang memiliki arsitektur bangunan khas pulau Dewata dan semua tampak bergaya sama dari luar. Sehingga kondisi ini kadang – kadang membuat beberapa pengunjung bingung mau memilih yang mana untuk disinggahi buat bersantap malam. Sedangkan variasi harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda tergantung dari fasilitas dan jenis hidangan yang tersedia, tentunya sangat fantastis karena ada beberapa tempat yang berlokasi persis di tepi pantai Jimbaran nan menawan. Berhubung setiap hari banyak pelancong baik itu dari dalam pulau Dewata sendiri hingga wisatawan mancanegara yang berniat menyaksikan sunset dari tepi pantai Jimbaran, maka diperlukan persiapan khusus dalam menikmati suasana liburan Anda di Jimbaran agar tetap menyenangkan yaitu rencanakan atau jadwalkan acara makan malam Anda jauh – jauh hari sebelum hari libur tiba dengan memesan salah satu restaurant langganan Anda dan  usahakan untuk datang ke Jimbaran pada waktu sore hari, sekitar jam setengah lima. Karena pada umumnya beberapa tempat masih sunyi sehingga ada kesempatan buat Anda memilih restaurant favorit di pinggir pantai, dengan duduk di bagian luar, Anda bisa lebih leluasa menyaksikan sunset dan merasakan ambience pantai Jimbaran di sore hari menjelang malam.

Dinner di Jimbaran? Ada beberapa paket dinner Jimbaran yang ditawarkan oleh beberapa restaurant dengan harga yang terjangkau, Anda akan dibantu oleh beberapa pekerja wisata disini untuk mendapatkan yang benar – benar tepat buat Anda pilih. Tidak perlu merasa khawatir dengan makan malam di pantai Jimbaran karena tidak membutuhkan uang banyak, cukup Anda mengirimkan reservasi kepada mereka maka Anda sudah bisa menikmati atau mencicipi dinner di Jimbaran dengan hidangan seafood. Mereka menyediakan pilihan menu dengan harga yang sesuai dan bervariasi, tinggal Anda memilih dan nikmati kelezatan menu seperti salah satunya adalah ikan bakar laut pedas ala Jimbaran di malam hari. Berikut akan diberikan salah satu resep hidangan seafood berupa ikan bakar laut pedas ala restaurant seafood di Jimbaran, simak bersama – sama seperti diulas di bawah ini :

Anda dapat menghidangkan ikan bakar laut yang bercita rasa sedap dan lezat dari ikan Nila. Ikan bakar Nila sering dan mudah Anda jumpai di warung - warung makan sederhana hingga kafe dan restaurant mewah di seluruh pulau Dewata. Kini bisa dengan mudah Anda sajikan sendiri di rumah. Pasti akan lebih spesial dan enak. Karena rasa dapat disesuaikan menurut selera Anda sendiri sehingga rasanya semakin nikmat apalagi jika makan bersama – sama dengan keluarga atau teman – teman dekat.

1). Bahan – bahan yang perlu Anda sediakan adalah : ikan Nila1 kg, 1 sdm air perasan jeruk nipis (bisa juga gunakan cuka). 

2). Bumbu untuk olesan : mentega, 100 gr, kecap manis, 5 sdm, perasan air jeruk limau, 2 sdm.

3). Bumbu – bumbu yang dihaluskan : bawang merah, 2 butir, bawang putih, 1 butir, cabe rawit, 2 buah, cabe merah, 8 buah, 1/2 sdt garam dan penyedap rasa secukupnya.

4). Cara pengolahan ikan : ikan dicuci sampai bersih, isi perutnya dibuang, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis atau cuka, sisihkan beberapa menit. Sediakan wadah atau mangkuk, masukkan bumbu halus dengan bumbu untuk olesan, lalu aduk rata. Panaskan arang, atau pun Anda terlebih dahulu membakar kayu untuk membuat bara api. Bakar ikan di atas arang sampai lemaknya menetes dan ikan jadi kering sambil dilumuri dengan bumbu olesan bolak - balik. Terus dibakar sampai ikan menjadi matang sempurna.

5). Tips membakar ikan agar enak dan bertekstur gurih atau lembut : ikan diletakan di atas bara api ketika bara api sudah menyala sepenuhnya. Tambahkan 2 atau 3 siung bawang merah tanpa dikupas ke dalam bara agar asapnya harum dan tidak menyesakkan. Jarak antara ikan dan bara api yaitu antara 15-20 cm agar ikan matang sepenuhnya dan tidak mudah gosong. Lumuri juga sedikit mentega pada ikan agar ikan tidak menempel pada alat panggang. 

Setelah selesai membakar ikan dengan sempurna, jangan lupa untuk menyiapkan sambal, ada beberapa jenis sambal yang diperlukan sebagai temannya ikan bakar yaitu sambal mentah Bali dan sambal tomat pedas. Cara penyajian yang lengkap seperti yang dilakukan oleh restaurant seafood ala Jimbaran asli adalah sepiring ikan bakar dengan sayur – sayuran mentah seperti irisan mentimun, tomat, lembaran sayur kol, kacang panjang mentah dan daun kemangi, dua mangkok sambal pilihan, dan tentu saja sepiring nasi putih pulen yang masih panas.

Seafood adalah tema yang tepat bagi mereka yang bosan dengan makanan darat yang selalu dikonsumsi setiap hari. Disamping itu, seafood memang berasa lebih enak untuk dinikmati ketika Anda selesai atau tengah beraktifitas seperti berlibur ini. Karena pada umumnya makanan laut mampu dan lebih efektif di dalam memulihkan tenaga jika Anda bandingkan dengan masakan lainnya yang menggunakan daging atau bahan utama dari darat. Ikan bakar Jimbaran merupakan salah satu resep ikan bakar yang sudah cukup terkenal berasal dari propinsi tujuan yang paling banyak diminati oleh turis asing yaitu propinsi Bali apalagi jika Anda menikmatinya dalam suasana yang tepat yaitu malam hari.

Selamat menyusun jadwal liburan Anda ke Jimbaran Bali !


Penulis : Nila

Baca juga Misteri Bangku Sekolah Yang Kosong

Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Untuk menyemarakkan Blog Mang Yono di dunia maya, Admin Blog Mang Yono menerima kiriman artikel dari pembaca untuk dipublish di Blog Mang Yono pada KIRIMAN SAHABAT. Bila Anda ingin mengirimkan tulisan dapat mengirimkan melalui e-mail (blogmangyono@gmail.com), bisa juga tulisan dikirim melalui pesan Facebook saya atau bisa juga tulisan diantar langsung ke Rumah saya hehehe. Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono ? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments