--> Skip to main content

TIPS MEMBUAT TEH TALUA HANGAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

TIPS MEMBUAT TEH TALUA HANGAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

Blog Mang Yono dapat kiriman lagi dari sodari Kadek Nila Utami, Singaraja, Bali. TIPS MEMBUAT TEH TALUA HANGAT UNTUK KESEHATAN TUBUH Ini merupakan kiriman yang ke-4 dari sodari Kadek Nila yang saya terbitkan di Blog Mang Yono ini. Setelah sebelumnya mengirimkan JIMBARAN, LEZATNYA IKAN BAKAR LAUT PEDAS DI MALAM HARI

Terimakasih sodari Nila yang sudah mengirimkan ke email: yonokaryono8(at)gmail( dot)com. 

TIPS MEMBUAT TEH TALUA HANGAT UNTUK KESEHATAN TUBUH
Poto Ilustrasi Teh Talua


TIPS MEMBUAT TEH TALUA HANGAT UNTUK KESEHATAN TUBUH  

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang banyak mengandung zat – zat kafein, dimana daun – daunnya terutama pucuk atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman ini berfungsi sebagai salah satu jenis minuman lezat yang menyehatkan tubuh anda. Nama lain dalam bahasa latin dari teh adalah Camellia Sinensis dimana cara penyajiannya adalah dengan diseduh bersama air panas dicampur gula atau madu dan perasan jeruk lemon. Teh olahan siap pakai ini sendiri berasal dari tanaman teh terdiri dari 4 kelompok besar yaitu : teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Silahkan baca juga Kiriman dari " Kadek Nila " yang lainnya:  


Istilah lain untuk teh digunakan untuk minuman terbuat dari kombinasi campuran buah, rempah -rempah atau tanaman obat lain yang diseduh dengan air panas, misalnya dari jenis teh rosehip, camomile, krisan, dan jiaogulan. Sedangkan untuk teh yang tidak mengandung daun teh asli disebut sebagai teh herbal. Teh merupakan sumber alami zat kafein, teofilin dan antioksidan dengan kandungan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Dan bila diminum tanpa campuran bahan pemanis lainnya seperti gula atau madu, akan terasa sedikit pahit, namun hal inilah yang menjadi kenikmatan tersendiri dari minum teh tersebut.

Salah satu pengembangan minuman berbahan dasar teh dewasa ini banyak memiliki penggemar dari segala usia adalah teh talua atau teh telur merupakan salah satu minuman populer khas dari tanah Ranah Minang Indonesia. Hidangan ini mudah di dapat dalam rumah makan, kedai makanan sampai gerobak dorong ditiap persimpangan jalan raya kota. Apalagi pagi hari merupakan saat yang tepat bagi anda untuk mencicipi teh talua sebagai pelengkap sarapan pagi. Di Padang, teh talua biasanya dikonsumsi dengan menu sarapan pagi semacam lontong gulai pakis dan gulai nangka, bubur kampium atau pisang goreng campur ketan. Sedangkan pada malam hari, teh talua dijual khusus dalam gerobak dorong bersama - sama dengan minuman tradisional lainnya. 

Disini akan diberikan satu resep sederhana membuat segelas teh talua hangat dan menyehatkan tubuh adalah sebagai berikut :

1). Bahan – bahan yang diperlukan adalah : 
- Satu butir telur ayam kampung. 
- 2 butir telur ayam beras, atau telur itik. Ambil kuningnya saja. 
- Air panas secukupnya. 
- Teh bubuk (atau kalau ada teh celup biasa dari berbagai merk), secukupnya (biasanya 3 sendok makan/3 kantong). 
- Gula pasir atau madu murni sebanyak 3 sendok makan. 
- Jeruk lemon jumbo 1 buah dibelah (fungsinya untuk menghilangkan bau amis dari telur dan menambah rasa segar teh). Optional, dapat anda tambahkan vanila, susu kental putih, atau madu secukupnya.

2). Alat – alat yang dibutuhkan :  
Pengocok telur, sendok makan biasa, atau lidi bersih yang diikat seperti sapu (ukuran pendek),  gelas, dan saringan teh.

3). Cara membuat teh talua adalah sebagai berikut : 
(i). Masukkan kuning telur ke dalam gelas. Tambahkan gula pasir. Kocok keduanya dengan alat pengocok telur, sampai kental, biasanya larutan ini akan mulai mengeras seperti membuat adonan kue tar yang dimixer hingga tercampur halus. 

(ii). Setelah kental biarkan sebentar, lalu ambil saringan teh, masukkan teh bubuk ke dalamnya, letakkan saringan di atas gelas ukuran biasa  yang berisi telur dan gula yang sudah dikocok tadi. 

(iii). Ambillah air panas, kemudian masukkan ke dalam saringan teh. Setelah air panas dimasukkan ke dalam gelas melalui penyaringan, nanti akan terbentuk buih seperti soda coke. Masukkan lagi air panas secukupnya sesuai dengan ukuran gelas tadi. Hati - hatilah dalam memperkirakan berapa banyak air yang diperlukan, karena jangan sampai buihnya meluap keluar dari gelas. 

(iv). Baru ditambah dengan air jeruk nipis/lemon, sedikit vanila dan susu kental manis putih. Aduk perlahan – lahan semua bahan tadi. Selesailah anda membuat segelas teh talua hangat/panas yang menyehatkan tubuh.

Perlu anda perhatikan beberapa tips penting agar minuman yang dihasilkan mempunyai rasa enak yang pas di lidah anda. Yaitu bagaimana kemampuan atau keahlian anda dalam memisahkan kuning telur dengan putih telurnya, sebagai indikator penting adalah bisa dilihat dari tingkat kesegaran teh apakah terasa anyir atau tidak. Keahlian juga dalam hal mengocok telur menyebabkan cita rasa unik dan khas untuk masing - masing pembuat teh talua ini.

Konsumsi teh di dalam masyarakat Indonesia itu sendiri dewasa ini hampir mencapai tingkatan sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun, jadi masih jauh di bawah rata – rata khusus negara -negara lain di dunia, meskipun Indonesia adalah salah satu negara penghasil teh terbesar nomor lima di seluruh dunia. Ini menandakan bahwa kurang minat dari masyarakat kita sendiri dalam mengonsumsi salah satu jenis minuman kesehatan tubuh ini sehingga meskipun dikenal sebagai penghasil utama tanaman teh terbanyak di Indonesia, yang seharusnya mampu mencegah beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan hanya kita rajin minum teh, justru terlewatkan begitu saja. Oleh karenanya marilah kita tingkatkan kebiasaan bagus untuk minum teh mulai dari dalam keluarga sendiri sehingga mendapatkan hasil sempurna dari manfaat kesehatan akan minum teh itu sendiri.

Penulis : Kadek Nila Utami
Marital status  : Female
Studies  :  D3 Accounting Udayana University at Denpasar Bali
Hobby   :  Write and read
Home    :  Jl. Raya Sangsit gg. Bima no.1 dinas Tegal Singaraja Bali   
Others Special Skills  : Accounting, English, Computer


Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Untuk menyemarakkan Blog Mang Yono di dunia maya, Admin Blog Mang Yono menerima kiriman artikel dari pembaca untuk dipublish di Blog Mang Yono pada KIRIMAN SAHABAT. Bila Anda ingin mengirimkan tulisan dapat mengirimkan melalui e-mail (blogmangyono@gmail.com), bisa juga tulisan dikirim melalui pesan Facebook saya atau bisa juga tulisan diantar langsung ke Rumah saya hehehe. Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono ? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments