--> Skip to main content

Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman

Sampurasun ... Rampes...

Blog Mang Yono. Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman. Ini merupakan pembuatan Pupuk Organik yang kedua setelah sebelumnya pembuatan pupuk Organik yang pertama berhasil, silahkan baca di artikel saya sebelumnya Memanfaatkan daun dan sisa makanan untuk pupuk organik.

Bahan utamanya kali ini dari daun – daun bunga Palem ini untuk menghemat biaya pembuangan sampah, di jakarta khan susah buang sampah, kalaupun terpaksa di buang kita harus menambah biaya untuk pembuangan sampah dari biaya bulanan. 

Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman
 Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman

Ya sudah lah, saya buat Pupuk Organik saja. Nah untuk pembuatan pupuk organik ini saya lakukan sendiri. Kalau yang pertama, saya dibantu Mmas Sukri.  Untuk membuat pupuk organik atau Pupuk organik hasil fermentasi, kita harus membuat campuran dengan Ferto –DEK dengan air, perbandingannya 1:30, 1 untuk Ferto –DEK dan 30 untuk air, lalu ditambah gula pasir , terus didiamkan selama 2 jam.
Campuran dengan Ferto –DEK dengan air
 Campuran dengan Ferto –DEK dengan air

Langkah pembuatan pupuk organiknya yaitu :

i). Daun Palem dicacah / dihaluskan dengan hati – hati dan telaten, jangan gerasak – gerusuk. Cacah daunnya nyantai aja broww.. heheh. Seperti Photo 1.
Photo 1. Penyacahan daun palem.
 Photo 1. Penyacahan daun palem.

Seperti photo dibawah ini saya sedang melakukan pencacahan daun palem, sambil mendengarkan lantunan musik, kecapi suling ... waw, serasa di desa broww hehehe.
Saya sedang melakukan pencacahan daun palem
Poto saya sedang melakukan pencacahan daun palem

ii). Selanjutnya, bahan organik tersebut disemprot dengan larutan Ferto –DEK yang sudah dicampur tadi dengan menggunakan sprayer, sambil bahan organik tersebut diaduk - aduk.. Kadar penyemprotan sekitar 40%, yaitu jangan terlalu kering atau terlalu basah. Seperti Photo 2.
Photo 2. Penyemprotan bahan organik
Photo 2. Penyemprotan bahan organik tersebut disemprot dengan larutan Ferto –DEK yang sudah dicampur

iii). Masukan kedalam ember / wadah. Tutup bahan organik tersebut, bisa dengan karung goni, pelastik  atau penutup lainnya. Usahakan jangan terkena hujan atau terkena panas matahari. Seperti Photo 3.
Masukan kedalam ember / wadah.
Photo 3. Masukan kedalam ember / wadah dan tutup.

Waktu pembuatan yang pertama pupuk organik digunakan setelah 1 bulan. Padahal dalam waktu 6 hari juga pupuk organik sudah siap dan bisa dipakai untuk pupuk tanaman atau bunga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments