--> Skip to main content

Kangen Acara Kelompencapir yang disiarkan TVRI

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Mungkin sahabat – sahabit ada yang pernah ngalami waktu dulu kebanyakan yang memiliki televisi langsung menyembunyikan televisi mereka begitu tahu petugas TVRI menuju rumahnya, agar tak ditagih pajak, hehe…

Waktu itu sih saya masih kecil, dan nonton tipinya aja nebeng di tetangga, Tipi Hitam putih dengan tenaga Accu ... Kadang pas seru – serunya nonton eh Accunya habis... hehe 

Kangen Acara Kelompencapir yang disiarkan TVRI. Saya khan gini - gini juga petani yang kurang Informasi ... heheh 
Kangen Acara Kelompencapir yang disiarkan TVRI. Saya khan gini - gini juga petani yang kurang Informasi ... heheh

Dulu ada sebuah program pemerintah waktu itu yang disiarkan di TVRI, yaitu Kelompok Pendengar Pembaca dan Pemirsa, disingkat Kelompencapir. Dalam program itu pemerintah mengumpulkan para petani dan nelayan dalam sebuah forum adu otak seperti cerdas-cermat. Seingat saya, Pak Soeharto biasanya hadir di acara tersebut, memberikan sepatah-dua patah kata.

Acara Kelompencapir sangat efektif dalam memberikan pendidikan pertanian dan perikanan kepada masyarakat kita. 

Bagaimanapun juga saya kangen dengan Acara Kelompencapir, Mudah – mudahan aja ada statsiun Tipi yang menghidupkan kembali acara tersebut ....  Kelompencapir dihidupkan lagi, mengingat bahaya kurang pangan yang konon akan kita hadapi di tahun-tahun mendatang... Merinding jadinya, kalau denger kekurangan pangan. Semoga saja kepala pemerintahan bisa meningkatkan taraf hidup nelayan dan petani.

Dulu Kelompencapir kalau gak salah di ikuti 3 atau 4 Kelompok ya.... Pertanyaan nya seru – seru dan jawaban – jawabannya juga gak kalah serunya .... seperti dibawah ini ...heheh.

Padi saya ini belum siap dipanen, mungkin sekitar semingguan lagi dari mulai jepret. Foto jepretan Tanggal 2/12/2014
 Padi saya ini belum siap dipanen, mungkin sekitar semingguan lagi dari mulai jepret. Foto jepretan Tanggal 2/12/2014

Pertanyaan : Jelaskan  ciri padi yang siap dipanen? 
Kelompok A Jawab : Berisi dan merunduk, berwarna kuning kecoklatan tapi gak layu

Kelompok B Jawab : Padi siap panen 95 % butir sudah menguning (33-36 hari setelah berbunga), bagian bawah malai masih terdapat sedikit gabah hijau, kadar air gabah 21-26 %, butir hijau rendah. Panen padi bisa dihitung umurnya kemudian fisik padi di lapangan, daun bendera menguning gabah sudah berisi, bulir padi matang sampe leher dengan ciri menguning dan berisi.
Kelompok C Jawab : padi siap di panen apabila secara hamparan dilihat 90 persen menguning..panen yang baik dilakukan tidak pada cuaca hujan dan pasca panen yang baik adalah panen tanaman dengan menggunakan sabit dan lakukan penympanan dengan alas terpal
Jadi kangen lagi hehehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments