--> Skip to main content

Ngadabrul Motif Purba Batik Subang di Wisma Karya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – NGADABRUL MOTIF PURBA BATIK SUBANG di Wisma Karya, Subang Bersama pemuda sadar wisata diantaranya disbudparpora kab.subang, kotasubang.com, tintahijau.com, nuaheng.com, fakta jabar, sanggar ringkang nonoman (Bu Lurah Cigadung), KOMUKS, Rampeees, sobat budaya subang, bingkai fotografi subang.

Bejana Perunggu Subang ditemukan pada bulan oktober 2007, di kampung tangkil, desa Cinta Mekar, kecamatan Serangpanjang, oleh saudara Maman, penemuan bejana ini tidak disengaja, karena pada saat itu saudara Maman menemukan bejana saat membuat lubang di dekat rumahnya untuk menanam pisang

 NGADABRUL MOTIF PURBA BATIK SUBANG. Foto dari Facebook Bu Yuli Merdekawati Lurah Cigadung, Subang.

  Bu Lurah di Ngadabrul Motif Purba Batik Subang. Foto dari Facebook Bu Yuli Merdekawati Lurah Cigadung, Subang.

Bu Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan motif purba ini merupakan salah satu kekayaan Subang yang bisa dibanggakan. Berikut ini penuturannya, yang admin ambil di status Facebook Bu Lurah.

“Mencoba mengeksplore bejana perunggu sebagai benda peninggalan bersejarah nenek moyang urang Subang. Mungkinkah bisa dijadikan motif dasar : MOTIF PURBA BATIK SUBANG. Jika kemudian motif ini dipakai, ini akan menjadi jati diri khas Subang. Kita berharap Pak Kabid bisa merekomendasikan hasil diskusi ini kepada Bupati sehingga bisa dijadikan motif batik Subang,” 

NGADABRUL MOTIF PURBA BATIK SUBANG
Dari acara diskusi tersebut kemudian menguat wacana untuk menjadikan motif purba tersebut menjadi motif batik khas Kabupaten Subang. Foto dari Facebook Bu Yuli Merdekawati Lurah Cigadung, Subang.

Berikut ini penuturan dari Wa Cecep untuk menjadikan motif bejana tersebut menjadi motif batik khas Kabupaten Subang, yang saya ambil dari Facebooknya Wa Cecep.

“Minggu depan diupayakan sudah ada beberapa desain model dan warna dengan corak yang sama untuk berbagai jenis pakaian maupun asessoris lainnya”

Kalau saya sebagai admin blog ini cuma bisa mendukung saja dan bisa bilang

"SAYA BANGGA MENJADI URANG SUBANG"
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments