--> Skip to main content

Pare atau Padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Pare atau padi  merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk didalamnya admin juga mengkonsumsi makanan pokok yang satu ini ... Hehehe.

Para petani berbondong – bondong menanam padi di sawah ataupun di ladang (huma). Tanah subur Indonesia memudahkan petani untuk menanam padi atau bahan makanan lain untuk kelangsungan hidupnya. Masyarakat secara turun-temurun mempercayai bahwa padi merupakan tubuh Sang Hyang Sri Rumbyang Jati / Dewi Sri / Nyi Pohaci.

Pare atau Padi. Foto dokumen pribadi
Pare atau Padi. Foto jepretan di sawah Admin di Bakan Bandung, Dusun Gardu

Nyi Pohaci atau para Pohaci adalah balad (teman) Sunan Ambu yang diutus untuk membantu kepentingan manusia Sunda  untuk memberi kesuburan kepada padi yang ditanam petani.

Masyarakat adat memperlakukan padi layaknya seseorang yang suci. Setelah padi dipanen, kemudian diikat dan dimasukkan ke dalam leuit dengan posisi tidur atau terbaring. Hal tersebut menunjukkan kepercayaan bahwa Nyi Pohaci sedang bertapa. 

Silahkan baca Cerita Legenda Dewi Padi / Dewi Sri Di Jawa Barat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments