--> Skip to main content

Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com –  Hihid atau Kipas Bambu Adalah kipas berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu, mempunyai pegangan yang terbuat dari batang bambu yang dijepitkan dan diikat pada anyaman. Hihid / Kipas bambu dipakai untuk mendinginkan nasi panas yang baru diambil dari aseupan / Alat kukusan. selain itu bisa juga dipakai untuk mengipasi bara arang bagi tukang sate.

Hihid / Kipas bambu bisa juga untuk AC alami.. Hehe.. Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, memang peralatan tradisional sudah mulai tersisihkan. Tapi untuk menghemat listrik bisa juga alat Kipas bambu menjadi alternatif lain hehehe.

Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia
 Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia


Hihid / Kipas bambu sangat banyak di jumpai tak hanya di pedesaan, di kota pun masih sangat banyak orang yang memakainya bahkan untuk hisaan di rumah. Bukan karna kuno, tetapi karna dari segi kesehatan, kipas bambu menghasilakan udara alami dibanding Kipas angin biasa atau Air Conditioner (AC)... Katanya sih hehehe.

Hihid / Kipas bambu bisa juga untuk AC alami
 Hihid / Kipas bambu bisa juga untuk AC alami

Untuk menambah daya tarik, Hihid / Kipas bambu, maka dibuatlah beraneka ragam warna dan corak anyaman. Bahkan beraneka ragam bentuknya seperti Kipas warna, kipas sate, kipas putih, bahkan kipas jumbo.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments