--> Skip to main content

Tanaman Bunga Oleander tanaman yang mematikan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Mungkin sobat pernah melihat tanaman hias Oleander yang bunganya berwarna merah jambu, putih atau kuning, pasti pernah khan?.

Tanaman hias Oleander bisa dijumpai di taman – taman pinggir jalan, halaman sekolah, halaman rumah sakit, taman-taman kota. Saya juga jepret Foto bunga Oleander ini di tepi Jalan Cakung Cilincing - Jakarta, tepatnya deket PT. Komatsu Indonesia ... Hehehe.

Tanaman Bunga Oleander tanaman yang mematikan
 Tanaman Bunga Oleander tanaman yang mematikan. Foto jepretan admin di Jalan Cakung Cilincing - Jakarta, tepatnya deket PT. Komatsu Indonesia

Bunga Oleander atau sering disebut bunga mentega ini memiliki nama latin Nelium Oleander Satu daunnya bisa menyebabkan kematian pada orang dewasa karena bisa memperlambat denyut jantung dan menyebabkan gagal jantung. Dan getahnya jika mengenai kulit akan menyebabkan kebas atau mati rasa. 

 Bunga Oleander di tepi jalan. Jepret admin
 Bunga Oleander di tepi jalan. Foto jepretan admin di Jalan Cakung Cilincing - Jakarta, tepatnya deket PT. Komatsu Indonesiain

Sungguh tak menyangka, ternyata tanaman yang nampaknya indah dipandang mata ini, merupakan tumbuh-tumbuhan yang amat beracun dan mematikan, mulai dari daun, bunga, biji buah, dahan dan tangkai sampai ke getah batang pohonnya pun berbahaya. Seluruh bagian dari tanaman Oleander ini beracun, bukan saja untuk manusia, tetapi juga untuk binatang. 

Bunga Oleander itu ada yang bunganya berwarna merah jambu, putih atau kuning.
Bunga Oleander itu ada yang bunganya berwarna merah jambu, putih atau kuning.  Foto jepretan admin di Jalan Cakung Cilincing - Jakarta, tepatnya deket PT. Komatsu Indonesia


Yang memprihatinkan, tanaman Oleander ini katanya dipakai sebagai alat untuk bunuh diri, khususnya di kawasan India Selatan dan Srilangka. Cara pengobatan akibat keracunan Oleander ini adalah dengan merangsang muntah

Nah, apabila di rumah kita masih punya tanaman ini, sebaiknya tanaman ini ditebang saja. Demikian pula untuk sekolah dasar, lebih bijak bilamana tidak memelihara tanaman Oleander di halaman sekolah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments