Pohon serut di taman mungil saya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Pohon Serut adalah salah satu jenis tanaman liar yang biasa tumbuh di hutan-hutan atau tebing-tebing batu. Di alam serut bisa tumbuh mencapai ketinggian 6 meter dengan diameter batang mencapai kurang dari satu meter. 

Bonsai Serut yaitu tanaman hias alami yang dikerdilkan menjadi tanaman hias yang terlihat menarikn, unik dan sangat menawan hati. Jika pohon serut sudah berhasil dibuat menjadi tanaman bonsai, maka harga jualnya menjadi sangat tinggi. Harganya antara 1 - 8 juta rupiah, bahkan apabila usianya yang sudah tua harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Itu dulu di sekitar tahun 90-an, tanaman serut pernah sangat populer sebagai bahan bonsai, sebelum penghobi terkalahkan oleh wabah batu akik ... Hehehe.

FOTO : Pohon serut di taman mungil saya
 FOTO : Pohon serut di taman mungil saya

Di kampung saya pun banyak orang yang mencari pohon serut ke alam bebas, ke kebun, hutan dan lain - lain. Karena pohon Serut itu sebenarnya termasuk tanaman yang hidup di alam bebas. Cara membudidayakan pohon serut tergolong cukup mudah. Serut bisa dikembangbiakan dengan cara di cangkok, stek, maupun dari tunasnya. Kalau ingin mengembangkan serut dari tunas kita sebaiknya harus sedikit hati-hati, sebab pohon ini termasuk tanaman yang cukup peka terhadap pemotongan akar. Baca Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)
 

Kalau tanaman serut saya gak ditanam pada pot, tetapi saya tanam di taman mungil depan rumah. Kenapa coba?. Ya, karena orang rumah kadang suka lupa menyiram atau membawa / mengeluarkan bonsai untuk menyinari dengan sinar matahari pada dua hari sekali. Sebab jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, pertumbuhan bonsai serut akan jelek. Daunya bisa tumbuh besar dan cabang pohon serta ranting bisa panjang, tentunya tekstur bonsai serut nantinya akan terlihat menjadi tidak menarik. Penyiraman tanaman bonsai serut harus dilakukan setiap hari terutama dimusim kemarau untuk menjaga keseimbangan pertumbuhannya. Baca Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4

 FOTO : Pohon Serut saya di tanam di pojok taman mungil saya.
 FOTO : Pohon Serut saya di tanam di pojok taman mungil saya.


Menurut cerita orang tua daun Serut kasar sehingga sering digunakan untuk membersihkan peralatan masak dan sebagai pengganti amplas.Ini ternyata benar sekali, kalau pas pulang saya suka melihat tanaman serut saya gundul, eh ternyata daunnya buat membersihkan panci oleh Nenek saya ... hehehe. 

Baca juga : 
Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung
Cara Mengkerdilkan Bonsai Serut - Streblus Asper 
Bunga soka sebagai cover tanaman atau pembatas 
Awal menyukai dan menanam bunga Anggrek 
Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga 
Cara Pemindahan bibit palem dari persemaian ke pot / polybag 
Biji Adenium Obesum / kamboja Jepang 
Bunga tasbih / Ganyong leuweung ( Canna indica ) 
Tanaman Bunga Oleander tanaman yang mematika  
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar