--> Skip to main content

Cara memelihara tanaman kumis Kucing di dalam pot.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Kemarin saya menulis tentang Cara menanam Pohon Kumis Kucing di postingan saya yang berjudul Cara menanam pohon kumis kucing

Nah, kalau sekarang saya akan mencoba menulis tentang cara memelihara tanaman kumis Kucing di dalam pot. Selain bermanfaat untuk kesehatan, kumis kucing juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias di halaman rumah kita.

Kalau kita serius ingin membudidayakan tanaman ini maka salah satu hal yang perlu kita cermati yaitu cara pemeliharaannya atau merawatnya agar tanaman kumis kucing yang kita tanam tumbuh subur. 

Cara memelihara tanaman kumis Kucing di dalam pot.
 Cara memelihara tanaman kumis Kucing di dalam pot.

Nah, di bawah ini adalah sekilas informasi dari admin yang sesuai admin praktekan tentang  pemeliharaan tanaman kumis kucing.

a. Penyiangan tanaman kumis kucing. 
Saat tanaman masih muda harus sering disiangi dari gulma – gulma yang tumbuh disekitar tanaman kumis kucing.

b. Pemupukan tanaman kumis kucing.
-Untuk pupuk organik, diberikan dengan jumlah 1-2 kg pupuk per tanaman 2-3 minggu sekali.
-Untuk pupuk Kimia, sebaiknya menggunakan pupuk urea 75 gram per tanaman, tiap 6-9 minggu sekali, disebar dalam lubang yang dangkal diantara tanaman lalu segera ditutup tanah kembali.

c. Penyiraman tanaman kumis kucing. 
Untuk tanaman awal pertumbuhan sebaiknya melakukan penyiraman 1-2 kali sehari. Saat kumis kucing sudah nampak kuat dan rimbun penyiraman dikurangi.. Yang terpenting kita sebaiknya menjaga jangan sampai tanah menjadi kering.

d. Penyemprotan pestisida. Hal ini dilakukan jika tanaman mempunyai gejala diserang hama penyakit. Jadi Anda tidak perlu sering-sering menyemprotkan pestisida. Kalau saya biasanya melakukan penyemprotan dengan bahan alami yang diperoleh dari ramuan bawang putih. Nah, untuk cara meramu bawang putih untukj penyemprotan tanaman kumis kucing bisa sobat lihat pada tulisan saya tentang

e. Penggantian media tanah dan pot, sebaiknya media tanah diganti setelah 3 bulan atau jika media tanah tersebut sudah padat, dalam umur 3 bulan biasanya tanaman kumis kucing sudah besar, jadi sebaiknya potnya diganti juga hehehe.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments