--> Skip to main content

Leunca (Solanum nigrum L)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Leunca memiliki nama latin Solanum nigrum L. Leunca adalah sayuran yang sangat dikenal di masyarakat. Bagi warga Jawa Barat. Karena buah leunca ini sering dijadikan lalapan wajib dalam mengonsumsi makanan.

Tanaman semusim ini berbatang tegak dan banyak bercabang dengan tinggi 35-100 cm. Buahnya bulat-bulat dan berisi banyak biji dengan penampang sekitar 1 cm. 

Leunca (Solanum Nigrum L)
 Leunca (Solanum nigrum L)

Leunca itu bisa dijadikan berbagai macam menu makanan, baik dengan cara diolah ataupun mentahan yang dijadikan lalap. Di antara menu berbahan leunca tersebut adalah oncom. Datanglah ke rumah makan khas Sunda. Salah satu menu yang disajikan pastilah kerecek leunca, yaitu oncom merah yang ditumis dengan buah leunca.

Selain oncom, adakalanya leunca juga dijadikan bahan campuran pembuatan makanan lain, baik berujud gado-gado, pecel, dan lain-lain. Namun banyak orang Sunda juga menikmati leunca dengan cara hanya disantap begitu saja dijadikan lalapan dan dicocolkan ke sambel.... Mantabb dah... Heheheh.

Baca juga :  
Karedok Leunca Khas Jawa Barat 
Menanam terong kuning, peuheur (Solanum indicum ) 
Terong bulat Gelatik ( Glatik round eggplant )  
Takokak ( Solanum torvum ).
Buah Takokak Bisa Menyembuhkan Mata Minus. 
Cara Tumpang sari padi dengan terong
Cara semai terong peuheur / terong kuning .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments