Tulangan Beton / Rigid Pavement Menggunakan Bambu

Tulangan Beton / Rigid Pavement Menggunakan Bambu

Saat ini beton bertulang masih banyak digunakan di masyarakat sebagai struktur utama bangunan, baik bangunan gedung maupun bangunan prasarana lainnya. 

Tulangan beton yang digunakan umumnya berupa tulangan baja, yang ternyata harganya pun terus melambung seiring dengan peningkatan pembuatan beton bertulang.

Tulangan Beton / Rigid Pavement Menggunakan Bambu
Tulangan Beton / Rigid Pavement Menggunakan Bambu


Kondisi demikian tentunya menuntut adanya alternatif material tulangan lain yang lebih murah dan dapat digunakan sebagai tulangan struktur beton bertulang. Salah satu material memungkinkan untuk dijadikan sebagai tulangan adalah material bambu, dimana bambu dapat diperoleh cukup banyak dimasyarakat, harganya relatif murah dan mempunyai kekuatan tarik yang cukup memadai.

Para ahli struktur telah meneliti kemungkinan penggunaan bambu sebagai tulangan. Bambu mempunyai kuat tarik cukup tinggi, yang mana setara dengan kuat tarik baja lunak.

Namun demikian, karena bambu mempunyai sifat higroskopis yang cukup besar, yaitu mempunyai kembang susut yang cukup besar. Penyusutan tersebut lebih lanjut akan mempengaruhi lekatan antar bambu dengan beton, sehingga pemakaian bambu tanpa perlakuan khusus sebagai tulangan beton sangat tidak dianjurkan. Para peneliti mengusulkan usaha untuk mengatasi kelemahan di atas dengan cara antara lain, menggunakan bambu yang sudah tua usianya sehingga daya serap dan kelembabannya kecil, melapisi batang bambu dengan cairan aspal.
Share:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Sampurasun... 

MANGYONO.com -  Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar agar rajin berbunga

Bunga Mawar memiliki warna yang cantik dan juga bentuk yang indah. Pemeliharaannya pun nggak terlalu sulit, bahkan cenderung mudah lho.

Nah, dari pada ngelantur mending baca aja ya, tanaman hias yang memiliki bunga yang indah dan mudah dalam perawatannya saya ambil salahsatu contoh Bunga Mawar.

Ngomongin soal bunga mawar ini sesuai yang saya ketahui ada berbagai banyak cara yang kita bisa lakukan untuk cara menanam dan pemeliharaannya

Jenis mawar memang akan mempengaruhi mudah tidaknya tanaman mawar itu dipelihara. Nah, untuk mawar merah, jenis mawar ini banyak dipilih karena warnanya yang indah dan bahkan beberapa pendapat mengatakan mawar ini sebagai simbol kasih sayang....

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga
 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga


Misal temen anda memberikan kepada anda sekuntum mawar merah. Nah, kita harus tau apa arti dari pemberian itu. Katanya mawar merah merupakan ungkapan dari pemberi bunga sebagai tanda cintanya yang menggelora kepada si penerima. ... Cieciecie... Hehehe.


Terus kalau diberi bunga mawar dengan warna kuning,…. Nah kita harus hati-hati, karena warna kuning merupakan simbol dari suatu kecembuaruan dari sebuah hubungan.... Dohh.


Nah, kalau Mawar Bodas... hihihi lagu dangdut sunda euy, maksudnya mawar putih tea hehehe,, seperti warnanya yang putih melambangkan kesucian, mawar putih juga memiliki arti kesucian, kerendahan hati, cinta damai



Ah udah ah, bagi sobat yang ingin membeli Mawar beraneka warna silahkan beli saja di Jual Bibit Bunga Mawar

Cara menanam bunga mawar itu gampang - gampang susah loh.... Untuk itu silahkan baca langkah - langkah penanamannya :

i. Langkah pertama mencampurkan media tanah, pupuk kompos dan tambahkan pula sedikit pasir. Penggunaan pasir disini hanya untuk campuran saja, jadi mungkin seperempat bagian dari ukuran tanah ataupun pupuk.


ii. Masukkan campuran tersebut kedalam pot kira - kira setengah dari tinggi pot  masukkan tanaman bibit Mawar yang sudah anda beli sesuai rekomendasi dari saya, usahakan peletakan tanaman mawar berada di tengah - tengah pot. 


iii. Setelah diletakan, tambahkan media yang sudah dicampur tadi setinggi 3 cm dari permukaan atas pot. 


iv. Siram dengan air. penyiraman sedikit saja, jangan terlalu banyak. Setelah itu simpan tanaman tersebut pada tempat yang teduh. Lebih bagus jika tidak terkena langsung sinar matahari. 


Cara merawat bunga Mawar agar rajin berbunga tidak hanya melakukan penyiraman setiap hari, Tetapi : 

i. Bersihkan rumput atau gulma dalam pot atau pada tanah halaman disekitar pohon mawar tumbuh yang bisa mengganggu dan menghambat pertumbuhan bunga mawar. 


ii. Pemupukan juga diperlukan untuk perangsangan tumbuhnya bunga mawar agar tanaman mawar berbunga, tumbuh kuntum bunga dan tumbuh tunas - tunas baru.


iii. Sebaiknya tanaman bunga mawar itu memakai peneduh jaring, agar mawar dapat tumbuh lebih maksimal. 


iv. Pemangkasan secara teratur pada daun-daun yang mulai kering. Selain memperindah dan merapihkan penampilan pohon mawar, ini bertujuan untuk merangsang tumbuhnya tunas - tunas baru.


v. Semprot mawar Anda dengan menggunakan obat tradisional dari bawang putih atau obat hama supaya bunga dan tanaman mawar Anda tidak mudah terjangkit penyakit. 


vi. Jika sobat ingin memetik kuntum bunga mawar di pohon, sebaiknya menggunakanlah pisau yang tajam dan cara memotong yang benar itu dengan potongan tangkai mawar secara miring, tujuannya supaya air cepat terserap masuk ke tangkai bekas potongan. 

vii. Untuk mencegah tumbuhnya gulma sebaiknya disekitar akar atau pohon diberi jerami, rerumputan atau daun - daunan yang telah dipotong-potongkecil.


Bagi sobat yang ingin mencari tanaman hias bunga berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam tanaman hias bunga. Tanaman yang ditempat lain gak ada. 


Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga




Share:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Pot Agar Rajin Berbuah.

Menurut pengalaman admin dalam menanam tanaman buah... Tanaman buah itu ada yang sulit dan ada yang mudah untuk berbuah jika kita tanam dalam sebuah pot atau pekarangan, kebun. Tapi sobat gak perlu bingung, sekarang banyak trik untuk mempercepat pertumbuhan baik di percepat tumbuh bunga maupun buahnya.... Penasaran ya?. Baca terus ya say... Hehehe.

Bagi sobat yang ingin mencari tanaman buah berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam tanaman buah  yang ditempat lain gak ada.


Nah, di bawah ini cara menanam tanaman buah naga. Silahkan dibaca ya...
i. Siapkan pot untuk penanaman buah naga ... Sobat bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong atau dibagi dua. Tetapi menurut pengalaman admin, pot dari bahan tanah liat merupakan pot yang cocok dan paling ideal, karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malam dalam proses pembungaan..... Untuk ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin bagus, tapi minimal ukuran pot berdiameter sekitar 40cm... Jangan terlalu kecil ya.

ii. Selanjutnya menyiapkan Bibit..... Saran saya bibit sebaiknya dipilih yang berukuran besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan sehat, maksudnya bebas dari hama penyakit. Untuk ukuran panjang bibit yang ditanam minimal 30 cm. 


Bibit tanaman buah naga sebaiknya dipilih yang berukuran besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan sehat
 Bibit tanaman buah naga sebaiknya dipilih yang berukuran besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan sehat

iii. Tanaman buah naga itu tidak mampu berdiri sendiri... Jadi harus ada yang menopang atau memakai tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nah, nantinya tiang penopang untuk panjatan ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat. Untuk tiang penopang pun perlu dipilih dari bahan yang kuat, tetapi juga perlu diperhatikan kekuatan pot jangan sampai pot tidak bisa menahan beban berat tiang panjatan yang akhirnya terguling dengan potnya.

Nah, saran saya tiang panjatan sebaiknya dibuat dari beton bertulang berdiameter minimal 8 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama, karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun.... Loh. 


Untuk tinggi tiang minimal 150 cm atau disesuaikan dengan besar pot. Tak ketinggalan di bagian bawah tiang diberi kaki-kaki penguat agar nantinya bisa kuat dan tidak mudah goyah. 

Untuk bagian atas tiang diberi piringan yang berbentuk seperti stir mobil yang berfungsi untuk menyangga cabang-cabang produksi yang banyak untuk mempermudah biasanya menggunakan ban motor bagian luar.... Jangan yang baru... Pake yang bekas saja... Hehehe.

iv. Selanjutnya sobat menyiapkan media tanam untuk penanaman buah naga. Bahan-bahan untuk media tanam yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2 Pasir :1 Tanah : 2 pupuk kandang :1 Kompos. Campur sampai rata... Setelah itu masukan ke pot dan dibarengi dengan pemasangan tiang panjatan isi sampai ketinggian 5 cm dari permukaan atas pot.


v. Bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan cara mengorek media tanam dengan kedalaman 10 cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Selanjutnya melakukan penimbunan setinggi 5 cm dari permukaan pot. 


Bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan cara mengorek media tanam dengan kedalaman 10 cm
Bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan cara mengorek media tanam dengan kedalaman 10 cm.

vi. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh dan ikat ke tiang penopang. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Perawatan tanaman buah naga yang ditanam di pot tidak jauh beda dengan buah naga yang ditanam dikebun atau pekarangan rumah, yaitu:


i. Melakukan pemupukan secara teratur. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah dipermentasikan.

ii. Lakukan penyiraman secara teratur agar buah naga tumbuh. Minimal penyiraman yaitu 2 hari sekali. lakukan penyiraman pada pagihari atau sore hari. Jangan melakukan penyiraman di siang hari.

iii. Setelah itu kita perlu melakukan pemangkasan. Pemangkasan cabang disini yaitu pemangkasan caba - cabang pohon buah naga yang tak beraturan.

iv. Apabila pohon buah naga sudah keluar kuntum bunga dan mekar sebaiknya sobat melakukan cara penyerbukan manual. Banyak terjadi, tanaman buah naga sudah tumbuh bunga tetapi selang beberapa hari rontok dan gagal menjadi buah. Sebenarnya bunga pada tanaman buah naga termasuk bunga sempurna dimana dalam satu bunga memiliki benangsari dan putik. Untuk penanaman di lahan terbuka seperti halaman atau kebun, penyerbukan dibantu dengan serangga atau bisa juga angin. Tapi apabila sobat ragu sebaiknya sobat melakukan penyerbukan manual. Caranya ... Ketika bunga mekar sempurna maka jari tangan / menggunakan kuas kecil lalu masukkan di dalam bunga dan diputar perlahan-lahan untuk membantu penyerbukan. 
 
Saya harap, tulisan ini di baca sampai habis ya, supaya nantinya sobat mengerti tentang apa maksud dari tulisan saya ini.... Jadi jangan baca judulnya saja yah.... Hehehe.

Jika sobat di rumah memiliki halam yang luas.... Itu gak masalah, tetapi bagi sobat yang memiliki lahan sempit, atau mungkin sobat tinggal di daerah perkotaan, sangat cocok jika untuk budidaya buah dalam pot ini atau bahasa kerennya Tabulapot. 

Selain bisa untuk mempercantik rumah dan halaman rumah sobat, tanaman buah dipot juga bisa menghasilkan buah yang bisa di konsumsi sendiri, jadi sobat menghemat untuk membeli buah. Kelebihan yang lain yaitu tanaman di pot ini bisa sobat pindah-pindah sesuai keinginan sobat .. Hari ini di pojokan ruang tamu... Besok pindah ke ruang keluarga... besoknya lagi pindah ke teras rumah.... Hehehe. 

Bagi sobat yang ingin mencari tanaman buah berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga. Menjual beraneka ragam tanaman buah  yang ditempat lain gak ada. 


Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Share:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium

Tanaman hias memiliki fungsi dan tujuan untuk menambah keindahan dan kenyamanan taman di rumah. Sesuai yang admin ketahui banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat pilih sebagai penghias di taman rumah idaman. Tanaman hias dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium
 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium

Tapi kadang juga membuat sebagian orang bingung memilih jenis tanaman hias yang akan ditanam di dalam rumah atau diluar rumah. Ditambah lagi, karena pengetahuan tentang jenis tanaman hias yang minim sehingga membuat seseorang asal-asalan... Asal nanam... asal hidup.... dalam menanam tanaman hias..... Hehehe.

Nah, untuk memudahkan  dalam memilih, menanam dan merawat jenis tanaman hias daun bagi pembaca blog ini jangan bingung, karena saya akan menulis cara menanam dan merawat tanaman hias Gelombang Cinta / Anthurium.  Silahkan baca sampai selesai. 

Gelombang Cinta (Anthurium) yaitu tanaman hias yang mempunyai keindahan pada bagian daunnya.... Meskipun memiliki bunga atau tongkol tapi gak semenarik daunnya. Daun tanaman ini berwarna hijau segar, berukuran besar memanjang, dan bergelombang - gelombang... Makin bergelombang makin bagus bentuknya. Gak usah bibit yang gede... yang kecil juga gak apa - apa... Nah bagi yang penasaran dan pengen beli bibitnya silahkan pesan ke  Jual bibit bunga tanaman hias daun. Disini sobat bisa membeli bermacam - macam tanaman hias daun.  
 
Bunga gelombang cinta masih kecil dan menggunakan pot kecil
Bunga gelombang cinta masih kecil dan menggunakan pot kecil


Anthurium bisa ditanam langsung di tanah maupun menggunakan media pot. Berikut ini cara menanam bunga Gelombang Cinta / Anthurium. 

i. Apabila bibit tanaman bunga ngelombang cinta sudah punya... Langkah pertama ... Sediakan pot dan media tanam untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium.


ii. Siapkan pecahan genteng sebagai alas media tanam dalam pot, ini berpungsi untuk menyaring media tanam agar tidak hanyut pada saat penyiraman.

iii. Pecahan genteng atau potongan gabus dimasukkan kedalam dasar pot. Lalu diisi media tanam hingga setengah dari tinggi pot.


iv. Masukan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium yang siap ditanam, lalu ditambahkan media tanam 3 - 5 cm dari permukaan bibir pot.
 

v. Selanjutnya tanaman diletakkan ditempat yang terlindungi dari sinar matahari. Lalu siram hingga basah. Media tanam yang baik bakal langsung mengalirkan air siraman yang berlebih melalui lubang drainase di dasar pot.

Itu diatas cara menanam tanaman Gelombang Cinta / Anthurium... Terus bagaimana cara merawat tanaman anthurium?. Gak perlu bingung baca terus aja Tips dan cara merawat Gelombang Cinta / Anthurium dibawah ini :
i. Meletakan
Bunga Gelombang Cinta / Anthurium di tempat yang teduh.


Tanaman gelombang cinta diletakan ditempat teduh.. Tidak terkena sinar matahari langsung.
Sebaiknya tanaman gelombang cinta diletakan ditempat teduh.. Tidak terkena sinar matahari langsung.

ii. Teriknya guyuran matahari yang panas akan membakar daun-daun anthurium dan akhirnya daun dari Bunga Gelombang Cinta / Anthurium warnanya menjadi kekuning-kuningan dan berguguran. Nah, sebaiknya tanaman ini diletakan di tempat yang teduh dan tak terkena sinar matahari seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan teras. Jika ingin menanam anthurium di pekarangan, usahakan posisinya terletak di bawah pohon yang dapat menaungi bunga Gelombang Cinta / Anthurium. Tetapi pastikan tanaman mendapat sinar Matahari Pagi minimal seminggu sekali dengan waktu 10 - 50 menit... Sinar matahari pagi sangat bagus untuk menjaga pertumbuhan daun anthurium agar tetap berwarna hijau segar dan berbentuk sempurna dan menawan.

iii. Anthurium itu menyukai media tanam yang lembab.... Namun, tidak basah dan tidak tergenangi air.

iv. Untuk anthurium yang diletakkan di teras rumah, sebaiknya memutar posisi pot. Tujuannya agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan tegak bukan miring mengikuti arah datangnya sinar matahari.

v. Pemberian pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman gelombang cinta, biasanya menggunakan pupuk NPK yang dicampur dengan air, dengan dosis 2 gram/liter air. Setelah pupuk NPK larut dalam air selanjutnya menyiramkan  ke media tanaman. Tapi ingat... Larutan dari NPK jangan sampai mengenai daun anthurium, karena bisa mengakibatkan kebusukan daun.

vi. Penyiraman
bunga Gelombang Cinta / Anthurium minimal  2 hari sekali. 

vii. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong.... Terus dibuang jauh - jauh.
 

viii. Untuk pembersihan daun agar terlihat bersih dan mengkilap,  yaitu dengan menggunakan susu cair/susu bubuk. Disamping mengkilapkan daun, tujuannya untuk memberikan nutrisi atau vitamin daun bunga Gelombang Cinta / Anthurium juga .  

Pembersihan daun dan pemberian susu agar daun terlihat mengkilap.
Pembersihan daun dan pemberian susu agar daun terlihat mengkilap. Disamping mengkilapkan daun, tujuannya untuk memberikan nutrisi atau vitamin daun bunga Gelombang Cinta / Anthurium juga .  

  
Pesan segera mumpung belum kehabisan... Pesan di Jual bibit bunga tanaman hias daun. Disini sobat bisa membeli bermacam - macam tanaman hias daun. 

Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Share:

Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor

Nah, bagi sobat yang ingin tau cara memilih, menanam dan merawat tanaman yang tahan di dalam ruangan sebaiknya baca sampai selesai ya...

Tanaman hias yang bisa ditanam di dalam ruangan itu harus tahan terhadap. temperatur atau suhu ruangan. Ya, tahan terhadap hembusan AC, tahan pada kelembapan, atau minimnya oksigen .... Meskipun gak selamanya sih... Kita sebaiknya 1 minggu sekali memindahkan tanaman tersebut keluar agar terkena sinar matahari.

Nah, banyak jenis tanaman hias yang bisa ditanam didalam ruangan yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari pada yang sering dijadikan tanaman hias untuk diluar ruangan atau dipekarangan rumah. Tanaman bunga yang bisa ditanam di dalam ruangan itu gak musti tanaman yang berbunga akan tetapi tanaman yang memiliki keindahan daun pun  bisa mempercantik ruangan sobat. Seperti bunga gelombang cinta...  

Bagi sobat yang ingin mencari tanaman hias berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga, Tanaman Hias.


Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor alahsatunya Bunga Gelombang Cinta.
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor alahsatunya Bunga Gelombang Cinta.

Tanaman yang benar-benar sesuai dengan ruangan sobat. Misalnya tanaman seperti anggrek, anseivera, begonia dan aglonema. Beberapa tanaman bunga dan daun yang disebutkan diatas bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman dalam ruangan sobat... Bingung cari tanaman yang disebutkan saya diatas ?. Gak usah bingung kontak aja ke penyedian Bibit Bunga, Tanaman Hisa.

Setelah sobat dapat bibit tanaman hias yang admin sarankan diatas... Selanjutnya sobat melakukan perawatan pada tanaman hias tersebut, seperti yang saya tulis dibawah ini..

1. Keluarkan tanaman yang berada dalam ruangan seminggu sekali untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar diluar ruangan. Apalagi Tanaman yang ditempatkan di ruangan ber-AC daunnya sering tampak mengering dan warnanya berubah dari hijau menjadi kecokelatan. Untuk mencegahnya, tanaman yang sedang merana tersebut di tempatkan di pekarangan rumah yang teduh selama 2 minggu. Setelah kondisinya sehat lagi, tanaman dapat tersebut dapat dipindahkan lagi ke ruangan ber-AC selama seminggu. jadinya di dalam 1 minggu, diluar 2 minggu... Ini khusus tanaman yang diletakan di ruang ber-AC loh.

2. Melakukan pemupukan secara rutin karena tanaman hanya mendapatkan makanan dari pot yang terbatas dan seuprit... Hehehe.

3. Menyiram tanaman sesuai kebutuhannya. Penyiraman sebaiknya di lakukan maksimal seminggu dua kali untuk menjaga batangnya agar tetap lembab. Namun, perhatikan intensitasnya, jangan sampai air yang digunakan terlalu banyak hingga meluber dan menimbulkan kebusukan pada tanaman.

Nah, jika tanaman hias diletakkan di dalam ruangan yang menggunakan pemanas ataupun pendingin ruangan, mungkin tanaman hias tersebut perlu disiram lebih sering. Sebab, kedua alat tersebut bisa menyerap kelembaban dan kadar air pada tanaman, menjadikan tanaman cepat kering. Jadi... Untuk memastikan apakah tanaman tersebut sudah membutuhkan penyiraman atau belum, kita bisa mengetesnya dengan memasukkan jari kita untuk melakukan pengorekan ke dalam tanah sedalam satu CM. Bila tanah terasa kering, maka dipastikan tanaman hias tersebut membutuhkan penyiraman.... Paham ?..... Heheheh.

Untuk menyiram tanaman hias didalam ruangan, mulailah dari titik – titik yang kering. Meski tidak memerlukan banyak air, namun pastikan juga jangan sampai intensitas airnya berkurang. Bila tak ingin airnya meluber dari pot, sebaiknya disiasati dengan memperpanjang jeda penyiraman beberapa saat agar air terserap oleh tanah, baru kemudian kita tambahkan lagi air secukupnya.... Alon - alon asal kelakon... Hehehe. Tapi daun pun perlu disiram dengan menggunakan alat semprot Spayer.


Penyiraman daun dengan menggunakan alat semprot Spayer.
Penyiraman daun dengan menggunakan alat semprot Spayer.


 

4. Sebaiknya mengganti pot secara teratur seiring bertumbuhnya tanaman agar ukuran pot tetap sesuai dan seimbang dengan ukuran tanaman... Jangan sampai potnya kecil, tanamannya besar... Hehehe. Penggantian pot dilakukan jika ukuran tanaman sudah tidak sesuai lagi dengan ukuran pot yang dipakai. Pot baru yang dipakai sebagai pengganti pot lama sebaiknya berselisih garis tengah sekitar 10 cm sehingga disekeliling akar tanaman tersisa ruangan kosong sekitar 5 cm.

5. Pemilihan media tanam juga penting.... Sebaiknya memakai sekam bakar, cacahan pakis, cocopeat atau kombinasi sesuai dengan type tanaman hias yang bakal ditanam. Karena media tanam ini memiliki sedikit untuk menyimpan air.

6. Melakukan pemangkasan pada daun yang layu atau terlihat tua, apalagi warnanya sudah menguning. Tujuan pemangkasan dilakukan yaitu agar tanaman dapat hidup dan berkembang dengan sehat dan tidak terserang suatu hama dan penyakit. Pemangkasan dapat dilakukan hanya 3-4 bulan sekali.
Bagi sobat yang ingin mencari tanaman hias berkualitas dan bagus silahkan beli di Bibit Bunga, Tanaman Hias. 



Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 


Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga
Share:

Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah.

Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah

Saya dirumah memiliki beberapa tanaman obat yang ditanam di belakang rumah dan samping rumah, tetangga dan keluarga saya biasanya menyebut dengan Apotek hidup yaitu memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Bagi sobat yang ingin membeli tanaman obat silahkan kunjungi di Jual bibit bunga tanaman obat. 

Dibawah ini ada beberapa tanaman obat yang ditanam di belakang rumah admin dan taman depan rumah.  

i. Sirih Merah
Dikenal karena memiliki kandungan antiseptik yang baik. Sirih merah ini manfaatn dan khasiatnya sangat banyak sekali, seperti Air rebusan yang mengandung antiseptik yang berpungsi untuk menjaga kesehatan rongga mulut, selain itu juga digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dan aroma tidak enak pada organ kewanitaan... Biar sepet juga sih... Hahaha. 

Tanaman Sirih Merah
Tanaman Sirih Merah. Foto jepretan admin di taman

Sirih Merah juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes, kanker, peradangan, hipertensi, hepatitis, serangan jantung dan stroke, wasir dan semua penyakit dalam. Jika diekstrak menjadi teh herbal dapat menyembuhkan asam urat, darah tinggi, diabetes, maag, atau kelelahan.

ii. Lidah buaya ( aloe vera )

 Lidah buaya ( aloe vera ). Foto jepretan admin di taman
 Lidah buaya ( aloe vera ). Foto jepretan admin di taman

Tamanan ini dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Untuk memanfaatkan lidah buaya menjadi perawatan rambut cukup mudah, ambil saja daun lidah buaya, belah daun tersebut dan gosokkan ke rambut. Selain sebagai perawatan rambut dan kulit, aloe vera juga dapat dijadikan minuman berkhasiat menurunkan panas dalam

iii. Lengkuas
Lengkuas itu termasuk bumbu dapur. Nah, selain sebagai bumbu dapur manfaat dan khasiat lengkuas itu banyak, seperti membangkitkan gairah seks, rematik, sakit kuning, beri-beri, campak, dll. Jika Anda ingin mengenal ramuan-ramuan tersebut silahkan cari di Google heheh...


Lengkuas atau laja dalam bahasa sunda. Foto jepretan admin di kebun belakang
 Lengkuas atau laja dalam bahasa sunda. Foto jepretan admin di kebun belakang
 
Tapi saya punya pengalaman tentang penyakit kulit yang bisa di hilangkan dengan Lengkuas yaitu menyembuhkan jamur kulit, waktu saya kecil terkena penyakit kulit hapur, cara saya waktu itu :

Menggunakan parutan dari satu bonggol lengkuas yang dicampur dengan sedikit cuka / garam. Gosokkan ke bagian tubuh yang terkena Hapur. Rasanya memang pedih tapi Hapur akan hilang.
 
iv. Mengkudu / cangkudu (pace)
Buah yang bermanfaat banyak untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buahnya dapat meredakan osteoporosis.

Selain buahnya ternyata daun mengkudu/pace atau di daerah saya daerah sunda disebut cangkudu, selain enak dibuat lalapan ternyata banyak khasiatnya loh ..

 Buah mengkudu dapet metik di kebun belakang rumah admin
 Buah mengkudu dapet metik di kebun belakang rumah admin

Daun mengkudu mempunyai banyak khasiat atau manfaat.. saya pernah mempunyai masalah di perut, perut saya sering perih kalau habis makan dan terasa mual juga, kadang juga terasa sakit..

Saya dah mencoba dengan minum berbagai macam obat sakit maag. Akan tetapi..tidak juga sembuh, kebetulan dibelakang rumah ada pohon mengkudu, awal mulanya saya hanya ingin buat lalap saja, karena rebusan daun mengkudu ini enak dan nikmat sekali..buat lalapan. Beberapa hari saya makan bersama lalap daun mengkudu dan ajaib sekali masalah di perut saya hilang.

v. Ginseng Jawa / som Jawa 
Tanaman ini sangat berbeda dengan pohon ginseng yang terkenal itu, tanaman yang satu ini memiliki banyak cabang tingginya sekitar 40 cm bahkan bisa lebih tinggi dikit... hehehe. Tanaman ini mudah tumbuh dan sangat mudah menanamnya.

 Ginseng Jawa / som Jawa. Foto jepretan admin di taman depan rumah
 Ginseng Jawa / som Jawa. Foto jepretan admin di taman depan rumah

Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa ( som Jawa ), seluruh dari bagian tanaman ini bisa diolah menjadi bahan makanan, untuk daun dan batang muda saya sering menggunakannya sebagai sayuran lodeh, untuk campuran Mie goreng atau Mie rebus, spagetthi atau sayur bening. Rasanya enak berselaput terasa kenyal.

Akarnya yang menebal  membentuk  umbi. Warna keabu-abuan, katanya bisa menambah stamina kaum lelaki seperti kebanyakan pohon ginseng lainnya, sedangkan daunnya bisa dipergunakan sebagai suplemen penambah air susu ibu (ASI). Tanaman ini mengandung vitamin A. Katanya sob... katannya

Ginseng Jawa atau Som Jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang dikelompokkan kedalam kelompok ginseng yang diyakini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh
   
vi. Melati
Bunga indah yang keharumannya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum, ternyata termasuk tanaman obat. Khasiat daunnya dapat menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Bunganya dapat digunakan untuk mengatasi radang mata.


Melati. Foto jepretan admin di taman depan rumah
 Melati. Foto jepretan admin di taman depan rumah

Bunga melati memiliki banyak manfaat dan sudah digunakan untuk berbagai keperluan sejak zaman dahulu. Baunya yang wangi menjadikan melati sebagai bunga yang wajib untuk hajatan dan ritual-ritual tertentu. Dari yang berbau adat, agamis, hingga mistis.


Di negeri kita ini banyak tanaman yang bisa di jadikan obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dengan aman, alami dan efek samping yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan obat-obat buatan pabrik. 

Nah, supaya bisa membuat apotek hidup yang indah dan bermanfaat sekaligus membuat taman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, sobat perlu untuk menyerasikannya dengan tanaman dan elemen lainnya dalam taman, sehingga tidak merusak penataan taman dan keindahan taman. Disamping itu sobat harus mengetahui tanaman obat yang ditanam itu manfaatnya untuk mengobati apa saja.

Yuk, membuat Apotek Hidup dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah.... Bayangkan saja bila tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga kita sedang sakit. Tentunya hal ini sangat menyenangkan. Anda tinggal mengambilnya kapan saja tanpa harus menunggu warung buka ... Hehhehe, bahkan malam hari sekalipun bisa langsung metik. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanaman.
 
Tanaman obat juga tidak kalah cantik dan menariknya dengan tanaman hias bunga atau tanaman hias daun. Perlu diketahui... Tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman, karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasi dan mengusir hama penyakit.


Bagi sobat yang ingin membeli tanaman obat silahkan kunjungi di Jual bibit bunga tanaman obat. Disini sobat bisa membeli bermacam - macam tanaman yang bisa dijadikan obat. 


Bibit Bunga
Alamat kantor pusat:
Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makasar. Kode pos 90135 
Sulawesi Selatan 

Baca juga : 
Cara menyemai benih / biji agar cepat tumbuh tunas 
Memilih tanaman obat yang cocok ditanam di taman rumah. 
Tanaman hias yang cocok didalam ruangan / indoor dan cara merawatnya 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta / Anthurium 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Buah Naga di Pot Agar Rajin Berbuah 
Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Share: