--> Skip to main content

Cara menghitung urukan tanah / tanah uruk

Sampurasun ... Rampes. 

MANGYONO.com - Cara menghitung urukan tanah / tanah uruk.

Pengurukan tanah sering dilakukan pada pelaksanaan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, perataan taman, pembangunan rumah tinggal. 

Sebelum melaksanakan pengurugan perlu dilakukan perhitungan volume kebutuhan urugan tanah agar didapatkan jumlah m3 yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Data hasil perhitungan volume m3 urugan tanah juga diperlukan untuk menghitung rencana anggaran biaya ( RAB ) yaitu dengan mengalikan volume dengan harga satuan pekerjaan tanah urug per meter kubik. Jadi khan bisa ketahuan berapa besar uang yang diperlukan.

Cara menghitung urukan tanah / tanah uruk
Cara menghitung urukan tanah / tanah uruk


Perhitungan volume urugan tanah
Sebuah pekarangan rumah ukuran 9m x 9m akan dilakukan pekerjaan pengurugan setinggi 2 m dari elevasi tanah semula, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir agar lantai rumah tidak ikut terendam. apabila tanah harus dibeli dari tempat lain maka berapa jumlah m3 kebutuhanya, berapa truck tanah yang harus di beli? mari kita hitung bersama

Rumus volume urugan tanah = luas penampang potongan x panjang urugan.
 
Volume = lebar x tinggi x panjang.
V = 9 m x 2 m x 9 m = 162 m3.
Nah, jika 1 truck mampu mengangkut tanah sebanyak 4m3 maka jumlah total kebutuhanya adalah 162 m3 : 4 m3 = 40,5 truck.

Jadi total tanah yang dibutuhkan untuk mengurug pekarangan adalah sebesar 162 m3 atau 40,5 truck.... Tuh khan bisa ketahuan  banyak dan jumalah uang yang harus disediakan...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments