--> Skip to main content

Bi Una penjual lotek keliling di Pagaden Barat, Subang

Bi Una penjual lotek keliling di Pagaden Barat, Subang

Lotek adalah salah satu makanan khas Sunda, Jawa Barat. Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar seperti kol, kacang panjang ( meskipun dipotong pendek tetap namanya kacang panjang hehehe) Gunda, kangkung, toge, daun singkong, genjer dan sebaginya. Sambalnya berupa bumbu kacang ditambahkan terasi, gula merah dan bawang putih atau bawang merah, cikur dan jeruk purut, kemangi. Baca Lotek kuliner khas Sunda

Di Kampung saya tepatnya di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia ada penjual lotek keliling dari rumah kerumah atau dari kampung kekampung, namanya Bi Una. Sebelumnya saya juga sudah pernah menulis tentang ini.. Baca di Penjual Lotek Keliling di Subang

Bi Una penjual lotek keliling di Pagaden Barat, Subang
Bi Una penjual lotek keliling di Pagaden Barat, Subang


Bi Una menawarkan lotek dengan cara keliling, soal  harganya.. Pas dikantong deh.... Murah sekitar Rp.5.000, loteknya juga enak loh, kalau mau cepet sih tinggal datangi kerumahnya saja, jarak rumah saya dengan penjual lotek cukup deket kok cuma sekitar 30 Meteran... deket kan?, atau kalau males kerumahnya cukup telepon saja hehehe... keren kan?. 

Nah, kebetulan hari ini bi Una penjual lotek sedang keliling kerumah saya, ya sudah langsung pesan dan nunggu antrian hehehe, maklum dirumah saya juga banyak tetangga yang sengaja ngerumpi, ya harus antri deh.  Saat tiba giliran lotek saya diracik, seblum meracik sebuah pertanyaan pasti dilontarkan sang penjual lotek... 

"Cengekna sabaraha, bade sabaraha ? 

( Cabe rawitnya berapa ,mau berpa?) 

Bi Una atau yang bernama lengkap Unacih ini memang bisa dibilang salah satu legenda di dunia perlotekan... Eh, kadang menjual rujak ulek juga loh.... Ia sudah merintis usahanya sejak tahun 90-an dan sampai sekarang dagangannya masih diminati para penggemar lotek. Ini tak lepas dari rasa lotek yang memang juara. Rebusan bayam, daun singkong, kol, tauge, dan bahan lainnya direbus sempurna. Bumbu kacang yang diulek halus berpadu dengan sayuran sehingga menambah nikmat lotek Bi Una. Begitu pun dengan rujaknya. Kesegaran sayuran yang dipakai untuk bahan lotek dan rujak Bi Una selalu terjaga.

Bahan rebusan untuk lotek
Bahan rebusan untuk lotek ... Ada Rebusan kecambah / touge, rebusan rebung, rebusan kacang panjang, rebusan gunda, rebusan nangka muda dll.

Nah, Bagi saya yang yang berlibur di hari minggu, lotek dan rujak Bi Una bisa jadi pilihan tepat sebagai menu makan siang Saya. Selain lotek yang nikmat. Tak jarang para pembeli juga rela ngantri nunggu giliran. 

Bi Una sedang mengulek lotek pesanan saya..
 Bi Una sedang mengulek lotek pesanan saya.... Asik nih sudah selesai.... Mareee.. Makan dulu .. Hehehe.


Saya sempet nanya ke Bi Una....

"Kenapa jualan loteknya keliling, bukan mangkal dan bikin warung aja"

Eh, dia jawab gini...

"Khan, bagusan jemput bola atuh"

#Jemput lotek meureun bi..Hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments