--> Skip to main content

Penyemaian benih padi.

Penyemaian benih padi.

Pembenihan merupakan salah satu tahap dalam budidaya padi karena umumnya tanaman padi ditanam dengan menggunakan benih yang sudah disemaikan terlebih dahulu di tempat lain atau di tempat saya disebut "pawinian" pembenihan. 

Seperti yang dilakukan saya ini di daerah blok Tegal Sungsang yang sudah memasuki waktu tanam padi kembali. Meskipun air belum lancar tapi maksakeun ... hehehe.

Penyemaian benih padi.
 Penyemaian benih padi.


Sebelum bibit padi tersebut di tanam di sawah, bibit padi terlebih dahulu disemai dilahan penyemaian , lahan tempat penyemaian bibit padi terlebih dahulu harus diolah semaksimal mungkin tidak boleh terlalu kering dan juga tidak boleh terlalu banyak air, agar benih yang disebar bisa tumbuh secara maksimal agar pertumbuhan bibit padi lebih bagus.

 
 Ini bibit padi di pawinian / penyemaian umur 4 hari.

Bibit disemai lebih kurang selama 25 hari, selama penyemaian tersebut bibit harus selalu diperiksa dan dijaga untuk menghindari dariserangan hama tikus, keong dan belalang termasuk juga ternak bebek yang nyerobot ke pembenihan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments