--> Skip to main content

Lalapan Daun Jengkol Muda Dan Udang Dicocol Sambel

Lalapan Daun Jengkol Muda Dan Udang Dicocol Sambel.

MANGYONO.com -  Lalap menyerupai salad, yang banyak dijumpai di makanan barat, walau begitu khas bagi lalap adalah bahwa sayur-sayur lalap tidak dimakan bersama saus (dressing) atau bumbu-bumbu. Lalap biasa dimakan bersama nasi dan lauk-pauk lainnya (ikan asin, ikan udang pepes/goreng, sambal, dan sebagainya).

Kehidupan sehari-hari orang Sunda memang nyaris tak terpisahkan dari lalab (lalap). Akibatnya, ada istilah, tak sulit memberi makan orang Sunda, lepas saja mereka di hutan atau di ladang, cukup dibekali sebungkus nasi timbel dan sambal..... Ya, alasannya untuk lauknya telah tersedia daun-daunan yang dapat dijadikan teman nasi.

Lalapan Daun Jengkol Mudan Dan Udang Dicocol Sambel
Lalapan Daun Jengkol Muda Dan Udang Dicocol Sambel


Hamparan Kabupaten Subang memang kaya raya oleh aneka jenis tanaman lalap. Mulai dari puncak gunug ke pedataran ladang dan bentangan pesawahan, ratusan atau mungkin ribuan macam tumbuhan yang daun, buah, atau bijinya dapat dijadikan lalap.

Mereka yang bukan orang Sunda asli tak segan-segan memperhatikan cara memilih dibagian mana dan jenis tumbuhan apa yang mempunyai rasa paling enak. Semua orang kenal bagian paling enak untuk lalapan, terletak pada pucuk, merupakan daun yang paling muda. Para penggemar daun muda ini  faham betul ( stt.. jangan ngeres pikirannya ya... Hehehe) jenis tumbuhan apa yang enak dimakan, seperti Daun Jengkol Muda yang dibuat lalapan sama seperti daun Jambu Mete dan daun Mangga, yaitu daun yang masih muda, nah untuk daun mangga dan daun jengkol lebih mantab lagi bila makannya disatukan dengan pepes/goreng udang kali atau rawa, langsung dicocol ke sambal ... Waw... mantab dah...

Caranya cukup sederhana....  Berikut ini caranya :

i. Ambil/petik daun jengkol muda , cuci dengan air bersih... tiriskan....

Daun jengkol muda sudah dicuci.
Daun jengkol muda sudah dicuci.


ii. Setelah itu, siapkan nasi hangat, ikan udang sungai yang telah digoreng... lalu udang goreng tersebut dibungkus dengan daun jengkol muda dengan cara di "pintel" digulung.... Seperti foto dibawah ini...

Udang goreng digulung dengan daun jengkol muda
Udang goreng digulung dengan daun jengkol muda


iii. Nah, setelah itu lalu cocolkan ke sambel mentah..... Waw... mantab dah...

Cocol ke sambel mentah... waw, mantab deh...
 Cocol ke sambel mentah... waw, mantab deh...

Lalapan ini terasa nikmat walau dimakan saat berbuka puasa seperti yang dilakukan admin bersama keluarga.... 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments