--> Skip to main content

Cara Pengendalian Hama Ulat Daun Tanaman Pisang (Erienota thrax)

Sampurasun ... Rampes.

Cara Pengendalian Hama Ulat Daun Tanaman Pisang (Erienota thrax)

MANGYONO.com - Dalam budidaya tanaman Pisang yang berkualitas itu tidak mudah.. Perlu ada tips dan trik untuk membasmi hama, salah satunya hama ulat daun.

Selain Petani Pisang harus menjaga kesuburan tanah, memilah bibit-bibit yang unggul, serta memberikan pupuk hayati agar kesehatan Pisang terus terjaga. Disamping itu untuk perlindungan dari serangan hama dan penyakit.

Walaupun tanaman Pisang tergolong sebagai tanaman yang kuat, bukan berarti tanaman ini kebal terhadap penyakit, ataupun serangan hama. Musuh dari tanaman ini sangatlah beragam mulai dari ulat hingga kumbang.  

Berikut ini adalah cara pengendaliannya hama ulat daun pisang (Erienota thrax)
        
Ulat ini tergolong hama karena akan memakan dedaunan pada tanamanPisang. Hasilnya akan terlihat pada daun Pisang yang berlubang-lubang bahkan hanya tinggal pelepahnya saja. Tentunya hal ini mempengaruhi proses fotosintesis tanaman sehingga perkembangan akan melambat.

FOTO : Tanaman pisang yang terserang ulat daun. Foto dikebun pisang admin
 FOTO : Tanaman pisang yang terserang ulat daun. 
Foto dikebun pisang admin


Cara menanggulangi hama ini dapat dengan menggunakan pestisida (tetapi tidak disarankan), dapat pula dengan menggoyangkan tanaman hingga ulat tersebut jatuh atau dengan membuangnya ke tempat yang jauh dari lahan.

FOTO : Ulat daun pisang. Foto dikebun pisang admin
 FOTO : Ulat daun pisang. 
Foto dikebun pisang admin


Ulat daun pisang ini bisa diambil digunakan umpan pancing atau pakan burung berkicau atau bisa dimasak menjadi kuliner yang kaya protein ...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments