--> Skip to main content

Kabupaten Subang Akan Tingkatkan Produksi Beras Ketan

Sampurasun ... Rampes.

Kabupaten Subang Akan Tingkatkan Produksi Beras Ketan

MANGYONO.com - Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia ditantang bisa meningkatkan produksi beras ketan untuk memenuhi pasar lokal dan mendukung swasembada beras ketan, sehingga nantinya tak perlu lagi impor.

FOTO : Tanaman padi Ketan Grendel admin di Bakan Bandung, Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang. Foto jpretan Minggu 14 Agustus 2016.
FOTO 1 : Tanaman padi Ketan Grendel admin di Bakan Bandung, 
Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang. 
Foto jpretan Minggu 14 Agustus 2016.

 
Tantangan itu sempat disampaikan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel saat berkunjung ke Gudang SRG Binong Kabupaten Subang, pada tahun 2015 yang lalu.

Rachmat menyampaikan itu untuk memastikan kemampuan produksi sebagai pertimbangan bila impor ketan dihentikan.

"Subang siap meningkatkan produksi beras ketan. Tapi kalau mendukung swasembada beras ketan, kami tak bisa sendirian harus sama-sama dengan kabupaten lain,".
 
Kawasan ketan di Subang saat ini luas tanamnya baru sekitar 8.000 hektar, jadi perlu kerjasama daerah lain luasan tanamnya dibagi dan sama-sama mendukung program sehingga nantinya ketan tak perlu impor lagi.

Tapi apa yang terjadi setelah para petani Subang, khususnya di Kecamatan Pagaden Barat menanam padi ketan... Sawah - sawah ditanami padi ketan... Tapi pas giliran panen... Petani kebingungan untuk menjual hasil panen padi ketan... Bahkan harganya pun hampir sama dengan harga padi biasa.

Yang terpenting bagi para petani itu adalah jaminan harga bagus supaya petani bisa termotivasi meningkatkan produksinya lagi.... Makin banyak petani yang menanam padi ketan.... Saya pribadi berharap kementrian terkait bisa memberi motivasi ini, sehingga kami siap mensukseskan kedaulatan pangan khususnya padi ketan.



FOTO 2 : Tanaman padi Ketan Grendel admin di Bakan Bandung, Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang. Foto jpretan Minggu 14 Agustus 2016.
FOTO 2 : Tanaman padi Ketan Grendel admin di Bakan Bandung, 
Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang. 
Foto jpretan Minggu 14 Agustus 2016.

 
Selama ini pemasaran beras ketan atau gabah ketan melalui bandar-bandar, sangat sulit laku.

Karena menanam padi ketan itu berbeda dengan menanam padi bias... Menanam padi ketan kendala yang dihadapi yaitu serangan Organisme Pengganggu Tananaman. Namun itu tak terlalu berpengaruh besar terhadap capaian hasil panen bila harga tinggi. Sebab pada umumnya petani sudah mampu mengatasi serangan
Organisme Pengganggu Tananaman tersebut.
 
Saat ini sentra tanam ketan itu tersebar di sejumlah daerah kecamatan Binong, seperti Desa Citrajaya. Kini penyebarannya sudah cukup luas, ada juga yang tanam di kecamatan Tambak Dahan, Pamanukan, Sukasari, Pusakajaya, Pusaka Nagarga, Ciasem, Compreng dan Pagaden Barat .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments