--> Skip to main content

Penggilingan Gabah Menggunakan Mesin Poles Beras

Sampurasun ... Rampes.

Penggilingan Gabah Menggunakan Mesin Poles Beras

MANGYONO.com - Penggilingan merupakan proses untuk mengubah gabah menjadi beras. Proses penggilingan gabah meliputi pengupasan sekam, pemisahan gabah, penyosohan, pengemasan dan penyimpanan. Ini merupakan pengupasan gabah menjadi beras secara lebih modern dari pengupasan gabah dengan menggunakan lesung dan alu. Baca Cara Penggilingan Gabah Menggunakan Alat Tradisional Lesung dan Alu

Penggilingan Gabah Menggunakan Mesin Poles Beras

Penggilingan Gabah ini menggunakan Motor penggerak


Di mesin Poles beras terdapat 2 buah roll karet yang berputar berlawanan dengan kecepatan putar yang berbeda. Jarak antara 2 roll karet dapat diatur tergantung jenis gabah yang akan dikupas, biasanya 2/3 besarnya gabah. Diameter kedua roll karet sama bervariasi 300 – 500 mm dan lebar 120 – 500 mm.

Tipe mesin penyosoh yang dipakai untuk rice milling unit adalah tipe jet parlour yaitu udara dialirkan melalui poros yang tipis dan lubang dari tabung. Terus dinding heksagonal yang berlubang membungkus tabung besi yang berputar. Jarak renggang dinding heksagonal dan tabung besi dapat diatur dengan sekrup.

Nah.... Proses penggilingan gabah dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1) Hidupkan mesin
2) Masukkan gabah yang akan dikupas ke dalam hoper melalui bagian atas kemudian masuk diantara kedua rol karet.
3) Atur renggang rol.

FOTO  : Proses penyosohan / penggilingan 
dari gabah menjadi beras pecah kulit


4) Hasil pengupasan berkisar 90% beras pecah kulit dan 10% gabah, tergantung perbedaaan kecepatan putaran rol. Sekam yang terkupas terpecah menjadi 2 dan utuh. Beras pecah kulit yang dihasilkan tidak banyak yang retak sehingga bila disosoh akan memperoleh persentase beras kepala yang relatif tin.


FOTO 2 : proses penyosohan dari beras pecah kulit  menjadi beras yang bersih.
FOTO  : proses penyosohan dari beras pecah kulit 
menjadi beras yang bersih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments