--> Skip to main content

Cara membuat benih kangkung sendiri

Sampurasun...

Cara membuat benih kangkung sendiri

MANGYONO.com - Selama fase pertumbuhanya tanaman kangkung dapat berbunga, berbuah, dan berbiji terutama jenis kangkung darat. 

Bentuk bunga kangkung umumnya berbentuk “terompet” dan daun mahkota bunga berwarna putih atau merah lembayung. Bagian -bagian bunga beberapa jenis kangkung adalah sebagai berikut 

 Bentuk bunga kangkung umumnya berbentuk terompet
 Bentuk bunga kangkung umumnya berbentuk terompet. Foto jepretan dikebun belakang rumah admin

Buah kangkung berbentuk bulat telur yang didalamnya berisi tiga butir biji. Bentuk buah kangkung seperti melekat dengan bijinya. Warna buah hitam jika sudah tua dan hijau ketika muda. Buah kangkung berukuran kecil sekitar 10 mm. 

Buah kangkung berbentuk bulat telur. Buah kotak atau kapsul, bentuk bulat telur, terdapat sisa kelopak, warna putih-hijau,permukaan licin, saat tua pecah menjadi 2-3 bila ditekan. Foto jepretan dikebun belakang rumah admin


Terlihat di foto diatas pohon kangkung darat sengaja saya rambatkan ke tiang, tujuannya agar buah kangkung tidak menyentuh tanah dan tidak kotor disamping menghindari gangguan dari ayam atau binatang lainnya. 
 

Nah, bentuk biji kangkung bersegi-segi, atau pipih pendek bersegi. . Bila sudah tua dan sudah kering berwarna cokelat atau kehitam-hitaman, dan termasuk biji berkeping dua. Pada jenis kangkung darat biji kangkung berfungsi sebagai alat perbanyakan tanaman secara generative. Lihat foto dibawah ini.

Biji kangkung bersegi-segi. Bila sudah tua dan sudah kering berwarna cokelat atau kehitam-hitaman, gundul atau berambut halus,keras jika telah tua, segmen sangat tipis, endosperm ada sedikit. 


Jadi cara membuat benih kangkung sendiri, yaitu:
i. Pertama buah kangkung dipetik bersama tangkainya, pilih buah yang sudah tua.
ii. Buang tangkainya dan termpatkan diwadah yang tidak menampung air atau menggunakan anyaman bambu / ayakan, agar air menguap dan turun kebawah

 Buah kangkung. Foto jepretan admin
 Buah kangkung untuk dibuang tangkainya dan dijemur. Foto jepretan admin


iii. Jemur dibawah sinar matahari, sampai kering
iv. Kupas kulit biji kangkung atau dengan cara menekan buah kangkungnya

 
Nah, biji kangkung sudah siap ditanam atau apabila ingin menyimpanya gunakan almunium poil untuk pembungkus biji kangkung, setelah dibungkus masukan ke toples dan tutup rapat letakan ditempat kering, tidak lembab.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments