logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam atau memperbanyak Bunga lidah mertua

Cara menanam atau memperbanyak Bunga lidah mertua

Sampurasun.... Rampess... Cara menanam atau memperbanyak Bunga lidah mertua, setelah sebelumnya Blog Mang Yono menulis tentang Mangga Mertua, kali ini masih tentang mertua juga, cuma sekarang Lidah mertua... Yuk lanjutkan bacanya sampai selesai, biar tidak salah paham, nanti malah lidah mertua beneran yang ditanam... heheeh.

Katanya tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang mampu menyerap racun  berbahaya di udara yang berterbangan, tanaman ini mampu bertindak sebagai pembersih udara dengan menyerap dan menetralisir polutan dari udara....

Cara menanam atau memperbanyak Bunga lidah mertua


Katanya, tapi sudah sayah coba ding... hehehe.... Dan hasilnya sungguh ruar biasa....


Tanaman ini mudah dikenali, meskipun tadinya tidak sempat kenalan dulu... hehehe.

Istilah kerennya mempunyai nama Sansevieria dan mempunyai aneka ragam jenis, tapi yang sayah tanam di rumah atau didalam rumah, jenis seperti di poto ini.

Lidah Mertua punya banyak kelebihan, mampu menyerap racun di ruangan yang penuh asap rokok bila disimpan di ruangan. Satu tanaman Lidah Mertua berdaun 5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi  dan mempunyai kemampuan menyerap hingga 107 jenis unsur berbahaya (racun atau polutan) itu kata  penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)..... Keren kan?.


Bunga lidah mertua
Bunga Lidah Mertua
Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi dan juga handphone. Sebaiknya tanaman ini ditempatkan di samping komputer atau televisi.... sambil ngeblog kan asik ... heheh.

Yuuuk kita mulai go green dari hal yang terkecil , dari rumah kita sendiri, dan mulai menanam Bunga lidah mertua.

Yang belum tau cara menanam /memperbanyak / mengembangbiakkan bunga lidah mertua ada dua cara. 

Yang pertama cara generatif, yang kedua cara vegetatif. Ada yang menunggu anakannya, dari biji. 

Ada juga yang dengan cara stek daun. Lho kok, memangnya bisa? Bagaimana kumaha atuh caranya mang? .

Pengen tau carannya? Simak baik – baik nih cara mamang, memperbanyak  lidah mertua.... Ups, bunga lidah merta maksudnya... hehehe.

(!). Pertama, siapkan gula kopi, terus tuh gula kopi diseduh dengan air mendidih tentunya pakai gelas dong, ini untuk menemani penanaman biar tidak mengantuk... hehehe.

(!!). Lepas atau potes atau iris / potong satu daun, terus ditanam saja daun bagian bawah ke tanah ( awas jangan terbalik... hehehe). ... Mudah khan? Cara ini mirip menanam bunga cocor bebek / ceker bebek.

Bisa juga tanaman lidah mertua diperbanyak dengan anakan, namun proses menunggu anakan agak lama, sebenarnya bisa dipercepat juga biar bunga lidah mertua cepat keluar anakan atau tunas, yaitu dengan dibuat mati pucuk dengan cara memotong pucuk atau penggal saja daun pucuknya, kan bisa tuh daun bagian atas yang dipotong di tanam dengan terpisah dan bagian bawah atau pangkal tidak berapa lama akan keluar tunas anakannya.
Selamat mencoba Cara menanam atau memperbanyak Bunga lidah Mertua, semoga berhasil

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

kalau memperbanyak bunga bank gimana mang caranya ?? apa bisa dengan mengiris buku tabungan ?? *lagi konslet

Balas

trimakasih, mang. cuma yg saya masih heran knp ini tumbuhan dinamakan lidah mertua ya? apa krna lancip2?

#kabur

Balas

Mertua saya juga nanem Mang... jadi lidahnya banyak sekarang ... Ha..ha..

Balas

Maafkan suamimu isteriku ..

Balas

panjang banget lidah mertua? emang mertua itu panjang lidahnya ?bunga ini sebagai tanaman pagar depan rumah lho mang , atau pagar di pinggir kali, soalnya nanamnya mudah sih.

Balas

setau saya yang namanya bunga itu cantik lho Mang, lha ini kok berkumis...nah loh ketauan kan...bunga apaan yang tumbuh di lidah mertua itu?

di kampung saya banyak yang nanam Mang...(bukan ditanam ding, mulanya hanya sedikit tapi lama kelamaan jadi banyak sendiri, bahkan sampe di pekarangan dan kebonan juga ada. padahal di kampung udara mah bersih...belum butuh banget lidah mertua...harusnya orang kotalah yang lebih rajin nanam...# ngeles...padahal memang nggak punya tanaman bunga---ups...bukan warga kota juga ding...

Balas

kirain cuman becanda ini lidah mertua, ternyata ada yah nama tanaman lidah mertua? :o

Balas

bunga ini memnag gampang cara tanamnya dan mudah tumbuh, konon bunga ini bisa untuk mengusir nyamuk...

Balas

gampang kang rajin menabung sajah... Rajin pangkal kaya... meles pangkal miskin hehehe

Balas

karena banyak gunanya dan menguntungkan mas, contohnya tuh mertua dah kasih anaknya heheheh

Balas

hahhaah awas tuh mas dibelakang ada mertuanya hehehe

Balas

iya mas, panjang kan... betul, bunga ini gampang tumbuh dan mudah perawatannya

kalau sayah bunga ini saya simpan di ruang tamu, biar tamu gak ada yang macam - macam, kan ada lidah mertua yang belain heheeh

Balas

kan mertuanya yang berkumis, hehehe...

betul mbak KK, tapi sayah meskipun di kampung tetap nanam bunga lidah mertua ini, bagus tuh buat memperkuat sinyal Hp atau modem internet....

Balas

beneran ini mah kang, sayah juga lagi serius... dikit... hehehe.

ada 70 jenis tanaman lidah mertua ini... banyak kan?

Balas

wueee tanaman itu namanya lidah mertuwa yaaaaa.. Ternyata keren juga namanya. Di tempat saya yang bisa daunnya hijau totol totol bukan yang pinggirnya ada kuningnya gitu, bnyak tumbuh liar di kebun. Pantes aja kalau dikebun seger bener.. Ternyata semua polutan disedot abis sama Mertuwa, eh bunga lidah mertuwa ini ya..

Balas

iya mbak tanaman ini gampang sekali tumbuh...

mengusir nyamuk dengan cara di kibas - kibaskan ya..

mungkin bunga lidah mertua ini juga bisa untuk mengusir menantu ya ehheeheh

Balas

jenis variegata ini namanya lidah mertua to? hahaha... dasar Mamang. nakal

Balas

boleh jga kapan" nanam,,,,
mnta poteskan 1 buat benih mang

Balas

Kalau menanamnya sepenuh hati pasti hasilnya memuaskan mang

Balas

Saya sering liat daun ini mang, tapi baru tahu namanya..
Kok namanya lidah mertua ya mang, apa karena tajam, setajam lidah mertua yah hehe...

Balas

Ooh, tetangga saya punya tanaman ini, buat pajangan di halaman rumahnya. Saya baru tahu kalau namanya ternyata lidah mertua. Unik ya, hehe....

Balas

lidah mertua saya tak taro di belakang laptop saya mang...emang jadi nol radiasai gituh masa....

Balas

Iya mas, bunga ini banyak jenisnya, dan bunga ini udah di akui sama penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)..... Keren kan?.... hahahha

Balas

Iya mas bagus tuh buat di tanam di pekarangan / halaman rumah atau pun di tanam di pot dan disimpan di dalam rumah

Balas

silahkan, kapan?.... oke deh.

Balas

betul mas, apa - apa juga kalau sepenuh hati dan telaten hasilnya pasti memuaskan mas,,, hehehe

Balas

terus tadinya mas Muroi nyebut bunga ini apa namanya coba?... hehehe

mungkin banyak memberi kesegaran dan baik banget, seperti mertua kita - kita ini yang sudah ngasih anaknya ... hehehe

Balas

bagus kang, katanya sih begitu, coba aja di lihat pakai kaca pembesar.... mungkin gak sampai nol persen kang, ada juga yang ngumpet, barang satu, dua.... hehehe

Balas

kalau begitu minta ketetangganya aja sob, bagus tuh ditanam di depan rumah, samping kamar tidur atau di dalam rumah... unik dan keren .... hehehe

Balas

yang benr aja namanya lidah mertua..?
eh yang suka nyedot racun bukannya lidah anak mertua..?

Balas

Lidah mertua ini kalau ditanam di dalam rumah bahaya gak ya ?

Balas

Kalau lidah mertua bahaya, tapi lebih bahaya lagi kalau lidah buaya. Bisa digigit ya master hehe ^^

Balas

Nah itu baru bener mas, menguntungkan khan hehe

Balas

Nggak tuh sob, tapi kalau malam di keluarkan dari rumah, kan menyedot oksigen... Katanya.

Balas

Nah itu yang bahaya lidah buaya, kalau lidah mertua bisa menguntungkan hehehe

Balas

tepatnya "tanaman/daun lidah mertua" sanes "bunga lidah mertua" panginteun mang.
hehe kalo bunga sanse warnanya putih dan sepanjang hidupnya berbunga cuma sekali

Balas

kang, pake media tanamnya yang bagus apa ya ?
saya beli dijalan lidah mertuanya media tanamnya sekam padi , kira2 kalo dicampur tanah dibawahnya bakal mati ga lidah mertuanya ?

Balas

aku juga punya lidah mertua jenis ini,,tapi belum beranak mang,, :)

Balas

Konon katanya lidah meertu dapat mengikat racun yg ada dalam ruangan n dapat menghasilkan oksigen meskipun dimalam hari. Jadi dapt di taruh didalam ruangan/kamar

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger