logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang

 Sampurasun .... Rampes...

Hari Minggu tanggal 24 Nopember 2013 kemarin di kampung Gardu 2 RT 11 mengadakan Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang. Ruwatan bumi adalah salah satu upacara adat masyarakat agraris yang sampai saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat  Kabupaten Subang, tepatnya di kampung Gardu 2 , desa Bendungan , kecamatan Pagaden Barat. Ruwatan berasal dari kata rawat atau merawa artinya mengumpulkan atau merawat yaitu mengumpulkan seluruh masyarakat kampung serta mengumpulkan semua hasil bumi, baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah.

Upacara Ruwatan Bumi ini dilaksanakan sebagai ungkapan syukur terhadap sang pencipta atas keberhasilan hasil panen pertanian. Mengenai ruwatan bumi sebelumnya Blog Mang Yono pernah menulis tentang Upacara Ruwatan Bumi

Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang
Wayang Golek


Cuma sedikit mamang sayangkan, kenapa acara Upacara Ruwatan Bumi ini tidak digabungkan dengan RT yang lainnya, padahal RT yang lainnya termasuk RT mamang mau mengadakan acara Ruwatan Bumi pada hari Minggu depan, tapi tidak apa lah itu urusan masing – masing.  Daripada puyeng mikirinnya ...Hehehe.

Untuk melakukan acara ini tiap keluarga memberi iuran untuk biaya ruwatan Rp 80.000,- per kepala keluarga ... wah gede juga yah, mungkin karena yang mengadakan acaranya cuma satu RT.  Kalau untuk acara hari minggu depan di 2 RW, mamang kebagian iuran Rp. 40.000 tapi tergantung kemampuannya ding. Beda banget kan hampir separuhnya, tapi gak apa lah ... hehehe
Arak - arakan / keliling kampung
     Arak - arakan / keliling kampung
Acara yang diselenggarakan oleh panitia yaitu menyewa hiburan berupa wayang golek  semalam suntuk dengan dalang H. Ita Sumitra dan sisingaan untuk arak – arakan keliling kampung dan untuk memeriahkan acara ruwatan. Berhubung saya tidak mengikuti acaranya, karena ada saudara saya yang melakukan Acara Nurun keun / turun bumi  untuk kelahiran anaknya, mamang tutup aja tulisannya Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang dan bersambung ke acara Ruwatan di Kampung Mamang yang acaranya pada hari Minggu depan. ..Acara yang diselenggarakan oleh panitia yaitu menyewa hiburan berupa wayang golek  semalam suntuk dengan dalang H. Ita Sumitra dan sisingaan untuk arak – arakan keliling kampung dan untuk memeriahkan acara ruwatan. Berhubung saya tidak mengikuti acaranya, karena ada saudara saya yang melakukan Acara Nurun keun / turun bumi  untuk kelahiran anaknya, mamang tutup aja tulisannya Upacara Ruwatan Bumi di Kampung Gardu 2, Pagaden Barat, Subang dan bersambung ke acara Ruwatan di Kampung Mamang yang acaranya pada hari Minggu depan. ..
Arak - arakan memakai sisingaan
Arak - arakan memakai sisingaan

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

32 komentar

ini merupakan tradisi unik petani Subang yg harus dilestarikan ya Mang, hehehe :)
makasih utk infonya yg sangat menarik ^^

Balas

kebudayaan yang seharusnya tetap dilestarikan, terlepas dari hal yang lainnya, kebudayaan ini adalah penghormatan kita kepada bumi, ngga salah kan kalau kita berterimakasihkepada bumi....setuju mang?

Balas

wah rame bener yah mang acara ruwatan buminya, saya belum pernah liat acara seperti ini mang...

Balas

Ruwatan bumi adalah salah satu upacara adat masyarakat agraris, jadi memang untuk tradisi para petani yah, keren mang :)

Balas

Mantep Mang ternyata di Gardumasih ada yah Mang adat
Budaya Leluhur, Ruatan Bumi di Subang Palih Kaler mah sudah
Gak ada tuh Mang kecuali Ruatan Laut atau Nadran. ijin simak
dengan seksama, nyuhunkeun gantungan, buh buahan na Mang? hhh :)

Balas

Wah rupanya Mas Anthonie salain fakar Kesehatan fakar juga
Yah tentang Budaya dan Agraris dan sumber daya kehidupan
Apakah ada kaitanya Mas itu dengan Kesehatan hhh

Balas

Betul sekali Mbak Indri , Mas Anthonie, mudah - mudahan masih terjaga kelestariannya...

Kang karris.. ada dong kaitannya, tentunya biar masyarakat di jaga kesehatan antar sesama, jadi tradisi gotong royongnya tetap sehat, hasilbumi yang sehat.... Subang Gotong Royong thea kang hehehe

Balas

betul kang, ini ucapan terimakasih pada hasil bumi disamping memelihara kebersamaan / kegotongroyongan antar masyarakat, ini cuma terimakasih loh bukan menduakan sang pencipta... Top deh.

Balas

Iya mas, meriah sekali meskipun yang ngadain acara Upacara Ruwatan Bumi ini cuma satu RT, kalau minggu depan 2 RW.

Balas

Iya kang masih ada, padahal Subang bagian utara sawahnya luas - luas ya kang, tapi luasan lautnya ding, kalau di tempat sayah gak ada upacara Ruatan Laut atau Nadran, maklum Subang bagian tengah gak punya laut, sayah belum pernah tuh lihat upacara Ruatan Laut atau Nadran, nanti kapan - kapan main ah ke kang Saud...

Balas

semacam tasyakuran gitu ya mang? asik ya kalo bisa nonton secara langsung tradisi2 seperti ini :)

Balas

Iya mbak Tasyakuran Ruwat Bumi, bersyukur kepada Alloh karena telah memberi hasil bumi yang bagus, dan mudah - mudahan hasil bumi yang akan datang lebih bagus lagi.... tiap warga di persilahkan datang dan membawa hasil bumi atau tumpeng untuk di kumpulkan kalau yang gak punya apa - apa cukup datang saja dan berkumpul serta melakukan do'a bersama yang di pandu oleh sesepuh mama ajengan / ustadz, setelah itu hasil bumi yang terkumpul dibagikan kembali.

Balas

Acara ini apa sama dengan sedekah bumi mang???
kalau ditempat saya wayang kulit

Balas

Sedekah Bumi dilaksanakan setelah panen raya gitu ya Mang. Sama dengan tempat saya dulu sehabis panen raya ada tasyakuran semacam itu cuma namanya saja yang beda. Tapi kini ga ada lagi panen raya di temat saya, dulu tanam padi serempak sehinga panen bersama sama kini tanam padi waktunya suka suka jadi ga ada panen raya kayak dulu.

Balas

nah itu sama, mungkin lain nama aja kalau di tempat saya wayang golek, tapi tetap pada upacaranya pakai wayang kulit .

Balas

iya mas setelah Panen Raya, di tempatsaya juga dilakukan setelah panen raya kemarau, sekalian untuk sedekahan atau tasyakuran untuk memulai tanam musim penghujan...

Balas

top.
Tuaaa. Ompoooong, tapi Perlente.

Balas

kapan KPK diruwat Mang?

Balas

mang yono mau rawatan apa ruwetan sih mang ?

Balas

pak tuwaaaaaaaa..sudahlah.......hari sudah menjelang malam oyaaaaa..pak tuwaaaaaaa...sudahlah.

Balas

kita urunan 80 ribu dulu, dimulai dari erte nya mang yono, saya erte tidak terdaftar, erte gelap gituh...

Balas

ruwatan itu beda dengan sedekah bumi ya mang, kalau ditempat saya itu beda mang. ruwatan juga bisa untuk anak atau seseorang diruwat agar muncul aura didalam tubuhnya...
mang yono mau sunat lagi ya ?

Balas

mungkin tergantung panitia dan sesepuh KPK mas....

hahah erte gelap , listriknya diputus Pe'elen ya mas karena 2 bulan gak udunan ehhehe

Balas

ya begitu mas ada yang nganggap sama ada yang bilang beda juga, betul ruwatan bisa buat anak yang semata wayang, mata wayang kan satu, berarti untuk orang yang mempunyai anak satu, kalau sayah kan sudah dua, jadi gak usah deh ngadain upacara ruwatan ... hehehe

Balas

Mau nanya nih upacara ruwetan itu apa yah? kalah di lihat dari gambar itu seperti wayang golek :( sayang paling takut kalau lihat wayang-wayang. Katanya kalau acara belum selesai dan pulang akan di ikutin :(

Balas

Upacara Ruwatan bumi adalah salah satu upacara adat masyarakat agraris, kRuwatan bumi ini adalah penghormatan kita kepada bumi bukan menduakan sang pencipta.

Pagelaran wayang yang sakral biasanya dilakukan 2 atau 3 jam setelah djuhur oleh dalang khusus ruwatan, selain dari itu merupakan hiburan dan cerita pewayangan.

Heheh iya sih dalam cerita wayang dalam upacara ruwatan menyeramkan, tapi kita ambil hikmahnya dari cerita itu,.

Balas

tambahin 10rebu bisa bt unlimited sebulan...

Balas

acara adat pake persaingan antar rt juga yah..?
kebiasaan indoensia raya kali, ga mau bareng-bareng biar irit
padahal kalo keluar bareng kan asik ya mang..

Balas

Wah acaranya rame baget master. Pasti seneng banget bisa merayakan acara ruwatan bersama-sama masyarakat ya master ^^

Balas

Iya mas bisa internetan sepuasnya... tanpa batas heeheh

Balas

iya mas mungkin kalau dibarengin takut hamil duluan heheeh...

bukak sikit joos .. gitu ya mas heheeh

Balas

iya rame dan meriah master... acara ini biasanya setahun sekali... jadi ngangenin eheheh

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger