"Mamajak" Rujakan mangga dan jambu air di saung sawah

Sampurasun... Rampes..

#Cerita pengalaman Mang Yono, siang kemarin cuaca di tempat saya panas banget, padahal katanya setiap hari mendung terus, mungkin kasihan ke sayah yang mau panenan padi heheheh... Nah disaat  panas-panas itu orang yang derep disawah saya pada minta dibawakan mangga muda dan Jambu air plus bumbu rujak colek, kalau bumbunya ngulek di sawah ding. Memang sih panas – panas begini paling enak kalau “mamajak” atau istilah orang Banten "metis" yang mempunyai arti "rujak" mangga muda ditambah jambu air favorit saya, jadi paskan "Mamajak" Rujakan mangga dan jambu air di saung sawah. Lokasi sawah Mang Yono memang tidak begitu jauh dari rumah saya, sekitar 200 Meter.

Nah, untuk “mamajak” rujak mangga muda yang satu ini, yang pas dengan sambelnya adalah mangga yang bener-bener masih muda, seger banget apalagi mangganya langsung metik di pohonnya, kalau jambu air ya jangan yang muda, nanti keset hehehe.... *ngeces*


"Mamajak" rujakan mangga dan jambu air di saung sawah
Rujak mangga muda plus jambu air pasti *ngeces*



Kebetulan pas hari minggu waktu panenan padi cuaca panas sekali, sambil istirahat di saung sawah, ya saya bawakan mangga muda dan jambu air untuk rujakan.


Untuk membuat sambal rujaknya gampng sekali itu menurut yang biasa bikin bumbu rujak kalau yang tidak bisa dan gak tahu sama sekali ya ini paling sulit heheh, bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambel rujak, ini untuk sambel rujak yang dicolek ya, bukan yang di campur gitu. Dicolek kalena sambalnya di colek dengan menggunakan irisan mangga muda atau jambu air. 

Ini untuk yang belum tahu saja, kalau yang sudah tahu, ya abaikan saja :

Lagi colak colek sambal Rujak tapi goloknya gak ikut di makan
Lagi colak colek sambal Rujak tapi goloknya gak ikut di makan


(!). cabe rawit sesuai selera, kalau saya sih kadang 7 kadang 10 ya standar lah hehehe.


(!!). Gula merah 1 secukupnya, kalau pengen manis ya dibanyakin, kalau pengen pedas ya sedikit saja.



(!!!). Terasi, boleh pake boleh juga tidak, tergantung selera.


(!V). Garam secukupnya.


Nah ulek deh semua bumbu yang di perlukan.
Rujak mangga muda jambu air

Untuk mangganya tinggal dikupas dan di iris deh...

Selamat mencoba ya.... 


Gelayutan di pohon mangga atau pohon jambu air  dulu... ehhehe








Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar